1. tivitivian, Tur Coli Day, GIF Loops Festival
Hoppla
Sekarang Atras lagi sibuk apa?
Atras Alwafi
Sekarang gue kerja lebih ke user interface tapi dulunya DKV. Untuk kuliah, dulu gue kuliah di IKJ 2011 lulus tahun 2016, 5 tahun. Tahun 2014 membuat tivitivian, coba mendokumentasikan karya yang temen-temen seniman muda buat di Jakarta 2014–2016.
Hoppla
Bagaimana awal proyek tivitivian?
Atras Alwafi
Waktu awal gue jalan yang tivitivian itu sebenarnya kebentuk dari project bareng Andi RHARHARHA. Gue masih kuliah, dia ngambil S2; ketemu di kampus, cerita ngobrol bikin ini. Platform tivitivian masih sosial media, Instagram dan Youtube. Kedepannya, pengen rilis di website karena dari dulu banget tuh pengen bikin website tapi belum ketemu yang bantuin dalam hal domain dll. Setelah gue jadi UI/UX, gue baru tahu flow UI/UX, rilis, live jadi semoga bisa kekejar website tivitivian tahun depan.
Hoppla
Kenapa TV?
Atras Alwafi
Gue lagi jalan dari Senen ke daerah Poncol, terus lihat banyak TV second banyak, wah keren-keren padahal rusak, gue foto-fotoin bareng temen. Kayaknya keren nih namanya tivitivian aja. Dari situ lah, awalnya gara-gara belanja ke Senen pulang lewat belakang Poncol muter nyeri perabotan, akhirnya beli TV rusak 3. TV tabung yang udah rusak cuman buat mainan “yeay rilis nih gambarnya”. TV buat konsumsi sendiri, kayak live dari muka gue, terus gue masukin konten pakai yang bisa buat looping di TV Tabung, tapi gue lupa namanya beli di Toped. Beli RCA nyambung kamera dibantuin ama Hanif yang seangkatan ama gue. Ngobrol ama Hanif, akhirnya muncul tivitivian bareng. Tapi awalnya dari Pasar Senen itu. Lalu, yang gue bikin itu jadi karya bareng temen-temen, dipamerin di GIF Festival. GIF Festival waktu itu baru rilis di Singapura dan Jakarta.
Hoppla
Bisa ceritakan tentang GIF Festival?
Atras Alwafi
Ada dua section nih karya gue, karya yang TV ama GIF Festival. Kalau GIF Festival based-nya project, dari awal gimana caranya karya digital bisa rilis secara konvensional tapi tidak untuk dimiliki. Jadinya konsep looping dan di situ ada live performance, showcase musik-musik. Gue menggabungkan musik digital dan performance waktu itu.
Konsepnya dari 2017, waktu itu gue keliling muter ke lima kota, Jogja Semarang Solo Surabaya Bekasi, ngumpulin seni digital. Nama turnya Coli Day. Presentasi akhir Coli Day di Forum Sinema, Gudang Sarinah.
Di situ gua bikin two state gitu ya sekalian presentasi juga tapi ada performance yang main juga Jadi kan kayak GIF dan musik ini gue battle gitu, jadi transisi ini main ini off gitu. Audiens kita masih bisa duduk bisa berdiri pas lagi transisi. Tur Coli Day pada 2017 ini yang jadi proses rencana dan wacana ke GIF Festival. Di Coli Day, gue buka submission, antusiasme temen-temen yang ngirim GIF sama temen-temen seni digital tuh di tahun 2017 sangat besar di luar ekspektasi. Sampai temen-temen yang bahkan kenal karya kayak “eh lo yang kirim karya kayak gini ya”, dari situ jadi saling kenal di situ.
Kebetulan waktu Coli Day di Jogja, temen-temen lagi rilis video battle, di Solo lagi ada performance jadi kita bikin acara barengan. Kita okupasi space tapi melibatkan karya temen-temen dalam bentuk karya musik, GIF, dan sharing talent temen-temen seniman digital. Tahun itu kayaknya belum ada tur visual bouncing 5 kota dalam dua minggu.
Gue pengen nantinya GIF ini akan menjadi sebuah festival di Jakarta nantinya pada waktu itu dan 2019 itu baru-baru kejadian. Awalnya, Exhibiton Megapolitan GIF Loops di Network Plus, Sabang, ada 32 seniman yang ngirim dan langsung gue masukin ke dalam festival. Jadi, setelah pameran di Sabang itu kita bikin GIF Festival di Rubanah. Karya dipilih melalui open submission, ada terms and condition. Saat itu, karya yang masuk ke email ada sekitar 300 tapi yang kesaring cuma 150-an.
Hoppla
Ada masalah yang muncul baik saat proses pemilihan karya atau persiapan pameran?
Atras Alwafi
Beberapa permasalahan, ada file yang dikirim kapasitasnya gede, gak bisa didonlod; jadi, GIF Festival yang kemarin gue buat banyak area yang harus diperbaiki terms and condition. Kita juga terdiri dari tim kecil, sekitar 8 orang dan dari tim kecil itu gue punya power untuk bisa rilis di Jakarta.
Masalah terbesar lebih ke teknis pameran, gimana caranya nampilin GIF di layar-layar karena waktu itu atap galeri gak boleh dibor, sementara layar dari kain-kain itu harus digantung. Akhirnya gue akalin pakai lakban kertas dan 3M, sampai seminggu lebih bisa bertahan tuh dan dibantuin juga ama temen-temen luar kampus. Pas udah rilis, temen-temen dari Malaysia bahkan Meksiko pada DM nanya tuh kapan ada lagi. Sejak 2017, sebelum NFT naik, gue ama temen-temen selalu mikir gimana caranya bikin karya tapi bisa dinikmati di hari itu tanpa harus mengoleksi. Jadi, experience-nya lo dateng ya lo inget terus.
Hoppla
Bagaimana dengan keterlibatan publik?
Atras Alwafi
Kita bisa takar dari social media, followers kita menyentuh di angka 5,000 dalam 2 hari.
Di Network Plus, pengunjung sekitar 300 ada lah dalam waktu pameran 1-2 hari. Di Rubanah sampai overload lah, over capacity, pengunjung bisa sampai 600-800 kalau dilihat dari buku tamu.
Hoppla
Ada tulisan pameran atau dokumentasi?
Atras Alwafi
Ada tulisannya Oomleo, tulisan dia gue ambil dan masukin ke paragraf GIF. Dia ngetik dua paragraf tentang komputer grafik. Gue juga punya mentahan dokumentasi pameran, kotak-kota gitu, beda-beda karena kita pake wide screen juga waktu itu.
Hoppla
Ada festival yang serupa dengan GIF Loops Festival?
Atras Alwafi
Singapura. Meski teknologinya melek kayak gitu tapi di Singapura mentok di screen, mereka beli screen biasa. Kalau gue ama temen-temen kan masih DIY, ngakalin gimana screen jadi beragam layer. GIF Singapura emang dia kondisinya proper dan disponsori sama brand proyektor. GIF emang cocoknya sama proyektor dan TV plasma.
Hoppla
Berarti konsepnya masih offline ya? Mengingat konsep GIF awalnya dikenal dari browser.
Atras Alwafi
Dari gambar yang kecil-kecil itu kenapa enggak dibikin festival di mana semua orang tuh bisa submit dengan medium yang dia punya entah dari Instagram atau cuma looping doang, terus dari Photoshop export GIF. Orang tahu dulu kan GIF populer dari Adobe Flash Player, sekarang Flash aja udah gak ada. Gue pernah belajar Flash, makanya gue ngerasain.
Hoppla
Tapi kenapa harus offline?
Atras Alwafi
Balik lagi, offline cara koneksi paling cepet satu sama lain kita datang ke satu tempat kenalan di momen kenalan itu yang jadi koneksi terus-terusan. Kalau sekarang udah di media sosial jadi lebih gampang. Kalau gue waktu itu ngerasain dari yang konvensional sama digital ya percepatannya lebih kencang di digital, tetapi momen konvensional kayak say hello, minum bareng. Rencana 2017 itu pas tur emang gue niatnya bikin offline entah dimana kapan. Nah akhirnya kejadiannya itu. Kemudian, ada transisi online dibantu sama Andang, Visual Jalanan. Untuk edisi mendatang, gue akan kejar versi online dan offline. Hibrid lah. Momen ketemu orang sih yang barang mahal meski di social media bisa follow atau ngikutin perjalanan dia.
Sampai sekarang GIF kan relate ama internet, tapi yang pengen gue expose adalah proses berjejaring, gimana mengumpulkan temen-temen seni digital nya itu, bukan bagaimana merilis di sebuah internet. Jadi mengumpulkan temen-temen dan mewadahi temen-temen seni digital untuk pameran dan bikin festival bareng. Pameran seni digital di Asia Tenggara terutama Indonesia itu masih jarang banget bahkan hampir gak ada. Terus lagi perkembangan internet, ketika GIF rilis di website gitu kan udah langsung bisa dinikmati orang banyak, tapi belum tentu pas di digital itu internet bisa ngasih fasilitas face-to-face, ngobrol sama temen-temen yang lain, kopdar.
Hoppla
Apa ada batasan-batasan ketika karya ditampilkan offline? Misal, GIF ketika ditembak ke layar proyektor ada kemungkinan dia bisa disebut entah video atau digital sculpture sesuai medium presentasinya. Jika demikian, apa itu GIF?
Atras Alwafi
Bisa saja itu diasumsikan video, sah-sah saja sesuai apa yang bisa ditangkap sama temen-temen audiensi. Kalau lo tanya GIF itu apa, buat gue GIF tetep basic animation, sebelum dia HD, 4K dia lewatin dulu basic animate… ya GIF itu. GIF ya pengulangan atau looping basic animate, 1-2-3, lewat proses itu dulu dan pas kita review di handphone “oh GIF itu”.
Hoppla
Kalau kita ngomongin GIF itu kan di internet, makanya pas 2020, karena lo ngomongin logika GIF dan itu jalur distribusinya lewat internet. Jadi, kita ngomongin juga logika distribusi perkembangannya.
Atras Alwafi
Itu gue juga lihat pas tivitivian udah jalan, orang gak tahu apa itu GIF, tahunya nge-looping video berapa second. Akhirnya, gue nengok nengok belakang gimana caranya bisa bawa basic animate ini biar bisa berdampingan dengan loop. Bahkan banyak orang yang ngirimnya ya MP4 waktu submission. Gue juga sadar pendistribusian untuk GIF-nya itu nggak ada. Nah, itu problem gue sama GIF Festival. Di sisi lain, gue harus bawa dia berdampingan GIF sama Loop ini sampai kapan pun.
Hoppla
Ada batasan GIF dan Loop gak?
Atras Alwafi
Gak ada, tapi untuk selanjutnya mungkin gue akan ngebatasin GIF only sama loop only, tapi kalau temen-temen seniman sekarang dipastikan convert ke MP4. Pertama, GIF di feed Instagram gak bisa upload, tapi Twitter bisa. Akhirnya gue convert ke MP4 padahal formatnya GIF. Karena keterbatasan untuk post di sosial media, makanya gue lari ke MP4. GIF ini hampir minim banget digunain orang banyak kecuali developer web, untuk sekarang masih sedikit.
Hoppla
Ketika membuka open submission, apakah mereka sadar dengan format GIF?
Atras Alwafi
Nah, segmentasi seniman yang submit bukan yang berasal dari era GIF, masuknya lebih ke MP4 karena lebih gampang dibuat, apalagi convert data ke GIF jatuhnya gede filenya. Untuk menyiasati, GIF dan MP4 itu, namanya jadi GIF Loops Festival karena berasal dari ke ketidaksengajaan dari temen-temen yang sekarang ini dengan medium video looping itu.
Hoppla
Semakin banyak warna semakin gede kapasitas file nya dan tampaknya pengalaman GIF memang tidak rata. Tapi, ketika lo bikin GIF Loops Festival ini, ada internet atau pameran online gak di kepala lo?
Atras Alwafi
Gue tetep mikirin momen offline karena itu gak bisa digantikan. Meski kita bersinggungan dengan internet, kita kan tetep butuh modem lagi dan belum tentu di art space ada sinyal, misal di Rubanah waktu itu gak ada sinyal sama sekali. Jadi, lebih ke keterbatasan-keterbatasan itu.
Gue juga ketemu komunitas NFT ketika akhir tahun 2021 dan mereka malah nyari tempat, gue kaget “loh kenapa nggak mau internet aja?” Rilis internet tuh cuma template aja buat mereka,
tapi kalau kita ketemu ngobrol, ada tukar informasi yang ke depannya bisa dikerjain. Mereka masih pengen cross discpline dan mengerjakan yang sifatnya konvensional, bukan ke arah seni digital.
Hoppla
Sebagai seniman sekaligus produser atau penyelenggara, apa yang lo nikmatin saat mengkurasi GIF Loops Festival?
Atras Alwafi
Kenikmatan artistik buat gue ketika orang lain juga bisa nikmati, gak guma gue doang. Misal orang-orang nobar di GIF di layar gede, terus graphic nya gerak “wih gerak”, momen itu yang gak bisa gue lupain. Tapi, gue pengen bikin looping sih, lebih gampang bikinnya ketimbang GIF.
Hoppla
Mungkin logikanya masih animasi atau video, bukan GIF. Ada tendensi mereka gak peduli juga apakah distribusinya melalui internet atau apa.
Atras Alwafi
Dan seniman sekarang sudah bukan era GIF, membuat looping adalah keharusan.
2. Produksi GIF dan Perkembangan Internet
Hoppla
Awal kenal dengan GIF?
Atras Alwafi
Gue dibeliin komputer tabung pentium 3, gue kenal lah ama Pinball, dari lampu atau warna yang kedap-kedip, dari situ gue gak sengaja tertarik ama GIF dan gue juga baru sadar kalau selama ini yang gue lihat itu GIF. Kemudian ketika sekolah, gue ketemu Microsoft Office, ada tuh yang buat looping-looping, gue lupa namanya. Lalu, pertama kali bikin GIF waktu SMK, gue SMK grafis, dan bikin GIF pake 4 warna. Wah, gue seneng banget. Itu moment pertama kali gue explore GIF, gonta-ganti warna. Gue juga bikin GIF pake Flash, interface nya masih jadul banget, sekarang flash udah dimatiin oleh Adobe.
Hoppla
Awal kenal dan menggunakan internet?
Atras Alwafi
Pertama, dari temen gue yang kaya raya. Itu tahun 2003, dan dia udah berhasil main The Sims dan itu udah wow banget. Kedua, baru 2005—2008 gue sering ke warnet, nonton bokep pas itu. Ketiga, gue dibeliin komputer ama nyokap.
Hoppla
Aplikasi yang dipakai atau pelajari untuk membuat GIF?
Atras Alwafi
Adobe After Effect, temen-temen sekarang lebih banyak ke situ, padahal Adobe After Effect bukan untuk GIF, tapi di-convert ke GIF. Ya mungkin kalau di Photoshop cuma beberapa doang, selebihnya yang gue temuin mereka pasti buatnya di After Effect. Tahun 2017 mayoritas memang masih pakai Photoshop, setelah berapa tahun ke depan, pengen grafik yang lebih modern tapi berformat GIF, makanya lari ke After Effect. Sekarang, boomerang Instagram sudah mefasilitasi GIF, terutama GIF untuk foto.
Hoppla
Demografi seniman GIF Loops Festival?
Atras Alwafi
Kebanyakan di Jawa sama di Bali, ada juga waktu ngobrol temen rekomendasiin seniman dari Kalimantan. Sumatera dan Sulawesi ada, Papua belum ada.
Hoppla
Ada perubahan pada GIF?
Atras Alwafi
Ada, metode. Adobe lebih tepatnya, yang dulunya nggak ada export GIF sekarang ada. Adobe makin ke sini makin berani bikin extension GIF. Sama aplikasi sih, sekarang bertebaran aplikasi GIF, misal boomerang Instagram, WhatsApp foto cropping jadi GIF. Apalagi untuk distribusinya, nantinya ada web3.
Hoppla
Dulu kan GIF di komputer, di internet terus sekarang dipamerkan lewat proyektor, TV tabung, kan itu melawan sifat natural GIF. Bagaimana melihat kecenderungan fenomena ini?
Atras Alwafi
Sebenernya, percepatan medium. Dulu tahunya rilis di komputer tabung, terus di proyektor, TV 4K, sekarang udah ada LED apa gitu. Segitu cepetnya.
Hoppla
Sama kayak GIF yang dulu sangat tergantung dari Flash, Flash mati seharusnya dia mati tapi buktinya GIF masih hidup. Malahan, sekarang banyak yang memakai MP4
Atras Alwafi
Kita terus mengalami transisi dari konvensional ke digital, dan itu berkembang terus.
Hoppla
Apa yang bedain GIF-Loops pada GIF Loops Festival?
Atras Alwafi
GIF basic animate, loop udah dinamis. Tapi keduanya gak bisa lepas. GIF dulunya dipakai kayak cuman pelengkap, terus digantiin MP4. Gimana caranya GIF ini dibawa ke era zaman now yang mungkin yang Generasi Z ini nggak tahu.