Agan Harahap

Narasumber: Agan Harahap
Waktu Wawancara:
16 Januari 2023
Lokasi: Perguruan Kungfu Papua, Yogyakarta
Tautan Karya Terkait:

Hoppla

Kalau misalnya mau dibilang banyak yang di-upload di social media itu kan cukup banyak memberikan diskursus, memberikan dampak pembicaraan, baik orang yang sebenernya ga concern di seni maupun orang yang concern di seni. Jadi itu kan macem-macem obrolannya. Mungkin pertanyaan pertama sih aku mau nanya: kenapa sih fokusnya ke digital photo manipulation? Sebenernya latar belakangnya kenapa di situ?

Agan Harahap

Latar belakangnya sebetulnya karena dulu gue gabisa fotografi. Gue cuma taunya Photoshop tapi gabisa fotografi. Jadi gue sempet bekerja di sebuah majalah, majalah Trax, majalah musik zaman dulu. Gue gabisa motret, gue taunya ngedit doang. Buat daftar, begitu ada lamaran, gue pinjem portofolio temen-temen gue yang bisa fotografi beneran, gue presentasiin terus gue keterima. Baru gue bingung. Dari situ gue baru belajar motret. Sebelumnya jadi selama setahun, hasil fotonya editan semua tuh. 2006-2007 tuh jadi gue kayak kalau habis motret, gue pasti langsung edit. Nah di situ awalnya. Kenapa larinya ke social media, itu sebetulnya gara-gara ruru. Waktu pameran Top Collection (2012). Pameran itu menyoal fenomena handphone berkamera klo ga salah ya.

Hoppla

Sama yang itu restoran. Bangga dengan foto artis.

Agan Harahap

Itu gue. Tapi kan sebetulnya pameran itu menyoal fenomena handphone berkamera dan tiba-tiba bisa upload. Terus ya gua melihat fenomena itu ya ternyata banyak orang yang suka foto, selfie sama seleb gitu. Terus gimana caranya gue, pura-puranya gue yang berfoto selfie sama si seleb-seleb itu. Nah itu viral. Abis itu gue bikin sama Metallica. Viral lagi. Dari situ gue “ooh gini toh rasanya nipu di internet” oke terus sampe sekarang.

Hoppla

Tahun berapa tuh yang lo upload? Karena kan social media juga banyak perubahan kan dari friendster ke…

Agan Harahap

Dulu-dulu gue bahkan cuma upload di blogspot doang. Metallica tuh blogspot. Terus pameran ruru itu mulai di Twitter. Awalnya blogspot sama Twitter. Bahkan beberapa masih jaman Flickr gue upload. Justru yang impact-nya sekarang gue rasain itu yang berkat….cie bukan berkat juga sih. Ya karena gue upload di Flickr, jadi orang percaya bahwa ini tuh kayak semacam legit. Dari Flickr, terus orang taruh di Pinterest, terus orang segala macem, tiba-tiba ya kesebar sampe sekarang. Sampe masuk dijadiin buku, masuk pake foto-foto gue. Nah itu sumbernya itu begitu gue cek, beli bukunya, gue baca, sumbernya: Pinterest. Haha~ Oke~ Selamat~

Hoppla

Nah karya lo kan juga dipamerin di galeri ya. Maksudnya, kalau dari cerita tadi kan, berarti awalnya karena di social media responsnya langsung. Ga ada filter. Klo di galeri kan medannya kan beda antara social media dan galeri. Gimana bandinginnya?

Agan Harahap

Biasanya ga laku hahaha! Klo yang udah heboh-heboh di socmed gitu biasanya ga laku. Yaaa tapi ya tergantung konteks juga, tergantung tema pameran juga, dan tergantung momentum juga. Jadi aku dulu kadang-kadang juga, apa yang gue bikin di socmed itu sama di galeri tuh sesuatu yang berbeda. Yang gini-gini, foto-foto jadul, ini gue ga sebarin di socmed. Jadi gue lebih yang…gue bedakan lah itu mana konten socmed, mana buat galeri. Klo misalnya bisa sinkron dua-duanya, itu good berarti. Kayak waktu itu gue bikin Jokowi gue ganti jadi punk, gitu. Ya di socmednya kenceng, bikin kaos kenceng, series-nya juga habis. Ya terima kasih.

Hoppla

Dan aspek viralitas itu lo kejar ga sih sebenernya? Apa itu bonusnya aja?

Agan Harahap

Itu bonus, tapi kan itu udah konsekuensi. Karena lagi-lagi sama juga fotografi. Ini apalagi lo publish di socmed, itu ada momentumnya juga. Gue ga mungkin bikin Ahok sama Habib salaman, terus gue posting sekarang. Buat apa, momentumnya udah lewat. Ketika momentumnya pas, itu pasti boom. Orang akan diskusi ke mana-mana.

Hoppla

Jadi lo cari timing-nya juga?

Agan Harahap

Bukan, gue ga nyari timing. Tapi lebih ke…misalnya nih, lagi heboh Sambo. Ya gue kan emang ke-trigger gitu. Si Lindung tadi dateng gue lagi dengerin sidang sambil gue ngerjain yang lain. Nih apa sih yang lagi heboh hari ini apa sih? Gue ngerespons itu aja. Jadi gue ga ada target apa-apa, gue bikin ya sebagai orang yang dibilang iseng ya gue ngerespons aja. Ntah apa yang terjadi gitu.

Hoppla

Tapi kalau di galeri tuh biasanya komentarnya apa sih? Kalau misalnya itu lo pamerin di galeri, komentarnya apa? Karena foto itu bisa jadi beda antara di social media dan di galeri.

Agan Harahap

Nah kalau di galeri ya tentu kita udah ngomongin teknik cetaknya, frame-nya gimana, dan itu orang apresiasi tuh ya sebagai…

Hoppla

Udah jadi karya seni.

Agan Harahap

Jadi karya seni. Bukan lagi meme. Bukan lagi sekadar meme. Itu aja sih. Tapi rata-rata ya emang gue bedain sih. Kalau ini kan….ada lagi gue kerjain juga serial portrait gue. Itu ga gue publish di socmed. Dikit banget yang gue publish di socmed kayak gitu-gitu. Tapi ya tabungan gue lah buat gue ketawa-ketawa. I don’t know 5—10 tahun lagi ke depan ternyata kepake.

Hoppla

Yang gue inget kan yang sebenernya cukup konyol itu yang foto lo dipake buat cover buku Tanete Pong Masak yang “Sinema Masa Soekarno”. Nah itu ada ga sih sebenernya selain itu yang dianggap sebagai real gitu?

Agan Harahap

Ada waktu itu apa ya di seri yang sama di buku sinema itu, itu kan sebetulnya gara-gara Jakarta Biennale yang di IKJ, di TIM itu, Siasat itu tahun berapa tuh? 2013. Gara-gara itu gue bikin itu terus gue kelewat niat, gue bikin narasinya sampe jadi buku, kesebar, dan itu banyak orang percaya. Nah itu yang…lo cari aja, browsing, Soekarno Marylin Monroe, Soekarno Aidit, nanti yang keluar foto gue tuh, udah dipake sama orang-orang. Di berbagai artikel, di blog, maupun di web-web media news gitu pakai itu juga. Eh pertanyaannya apa tadi gue lupa?

Hoppla

Tapi itu ada ga sih peristiwa di mana karya lo dianggap sebagai Real? Diproduksi sebagai seakan-akan kayak misalnya itu kan buat cover. Wajahnya buku gitu.

Agan Harahap

Oh enggak, itu di artikel kok. Bukan di cover-nya.

Hoppla

Di cover-nya

Agan Harahap

Ini kan bukunya pak Seno kan, dia ngebahas itu juga yang dipake. Gua pikir daleman doang, ternyata jadi cover toh. Hahaha oke thank you! Bangga.

Hoppla

Ada ga sih selain itu?

Agan Harahap

Ada

Hoppla

Itu kan dampak sosial.

Agan Harahap

Dampak sosialnya ya itu Jokowi Punk. Jokowi gue bikin…lagi-lagi momentum, itu kan masa menjelang pilpres.

Hoppla

Kalau menjelang pilpres sekarang?

Agan Harahap

Ya belum tahu. Ini pasti beda lagi ntar. Udah ada AI, segala macem. Lima tahun lalu sampe tahun depan ini ke lima tahun lalu ya udah kerasa purba banget gitu. Percepatan teknologi udah sampe segitunya. Jadi gue ga mikir apa-apa. Masih belum kepikiran lah. Kalau gue biasanya emang langsung respons sih. Ada apa, gue bikin. Beberapa yang kayak tadi gue tanya selain cover buku itu ya Jokowi gue bikin jadi anak punk itu karena waktu itu orang bilang identitasnya kayak gimana tentang jokowi yang ga jelas gitu, ya gue bikin punk aja.

Karena dia ga jelas ya tiba-tiba diamini, sampe Jokowi nya juga komen gitu kan. Langsung ngerespons gitu kalau itu bukan anak saya, tahun segitu tuh blabla. Terus Ahok sama Habib Muhammad Rizieq Shihab salaman gitu, ya gila. Waktu itu FPI masih ada Instagram lagi. Mampus gue. Gue seminggu libur dulu dari socmed. Hii komennya serem-serem. Haha. DM nya juga serem-serem. Tapi yaudah gitu doang.

Hoppla

Bagaimana karya lo yang Superhero

Agan Harahap

Itu tahun berapa, 2009, 2010. Gue bikin Superhero di tengah-tengah Perang Dunia II gitu kan. Terus ada salah satu tentara…jadi salah satu adegannya tuh Captain America meninjau semacam camp dari Nazi gitu. Terus ada salah satu orang Amerika yang komen tuh cucunya dia. Dia bilang: sebetulnya real hero itu bukan Captain America, real hero is my grandpa. My grandfather. 

Hoppla

Foto itu kan dari lama tuh, dari 2000an. Dan resolusi foto digital tahun 2000an dengan sekarang kan mungkin gede banget kan gap-nya. Dan otomatis proses manipulasi juga pasti kan beda, ntah dari software-nya, atau dari cara ketelitian atau gimana gitu, karena pixel makin gede kan. Nah itu lo bisa cerita ga, atau misalnya lo bisa ini ga apa kilas balik gitu, antara mungkin proses manipulasi yang zaman dulu dengan yang sekarang?

Agan Harahap

Zaman dulu ya ga begitu banyak file gede, karena untuk menghasilkan yang bener bagus, berarti bahan bakunya juga harus bagus dulu. Supaya bisa dapat, bisa kita gabung 7 foto jadi 1 frame itu. Itu kualitasnya harus bagus semua. Karena kalau dulu tuh yang kalau mau bagus, [foto berresolusi tinggi kalau] direndahin bisa, [foto berresolusi] rendah ditinggiin ga bisa. Sekarang rendah ditinggiin juga bisa. Ada apps-nya. Jadi segampang itu sekarang. Jadi gue ga butuh…misalnya gue dulu harus nyari foto yang file-nya di atas dua atau 4 mega. Sekarang gue pake…pake yang…berapa ya? Di bawah 1 mb atau size nya cuma kayak 900 x 600 sekarang juga udah bisa. Udah ada apps-nya sekarang untuk merapatkan pixel itu. Jadi ya gampang.

Hoppla

Tadi lo sempet ngomong juga sih tentang antara AI, deepfakes, dan ya kerja-kerja yang lo lakukan itu kan sebenernya bisa lo lakukan dengan instruksi kan. Dari AI gitu.

Agan Harahap

Nah celakanya gue agak telat ngikutin AI itu. Baru belakangan. Dan gua agak pelit untuk membayar itu. Haha. Mahal. Mending pake buat uang sekolah anak gua.

Hoppla

Tapi lo merasa terancam? Atau lo melihat ada potensi?

Agan Harahap

Potensi justru. Ya akhirnya, selain makin banyak, tapi kan minat orang ke mana-mana kan ya. Kalau gue sih beberapa yang gue kerjain itu ya AI gue gabung lagi sama Photoshop. Jadi nuansanya beda lagi. Gue gabung lagi. Terserah mau instruksinya apa sih namanya prompt nya itu mau kayak gimana, itu udah dapet ya gue gabung lagi ama Photoshop. Jadi beda gitu.

Hoppla

Berarti tetep ada sentuhan author, seniman gitu.

Agan Harahap

Oh gue rasa, elu sebagai pengguna AI, lo tinggal nulis prompt nya sedetil apa. Ya itu otak kerja lo, itu bagian dari artwork lo. Cuma nanti ya gatau ya pertimbangan estetikanya segimana nanti gue ga tau.

Hoppla

Bagaimana lo memperlakukan perkembangan Photoshop?

Agan Harahap

Gue masih memperlakukan itu semua tuh sama aja. Gitu. Jadi tergantung komputer sih. Gue tuh sampe awal tahun kemarin komputer gue masih 2012. Photoshop gue masih jadul. Sama sama aja. Karena tools yang gue pake itu-itu doang.

Hoppla

Kalau di handphone itu ada kemungkinan melakukan itu ga?

Agan Harahap

Jelas. Ya apps yang untuk merapatkan pixel gue dari handphone. Jadi kadang-kadang kayak…gue browsing, transfer ke handphone, handphone udah diolah, balikin lagi ke sini, baru gue kerjain. Kayak gitu-gitu.

Hoppla

Nah ini nyambung ke masalah viralitas yang tadi, itu kan beberapa foto lo kan sebenernya kayak bola liar ya jatohnya ya. Maksudnya itu kayak sesuatu yang ga bisa dikontrol lagi sama seniman karena udah jadi opini publik dan bahkan udah jadi kebenaran publik. Karena udah dianggap peristiwa yang terjadi. Nah lo melihat sebenernya dimensi antara yang real sama yang ga real tuh gimana?

2268 1689 Anggraeni Widhiasih
Ketik di sini ...

Preferensi Privasi

Ketika Anda mengunjungi situs web kami, informasi mungkin disimpan melalui peramban Anda dari layanan tertentu, biasanya dalam bentuk cookie. Di sini Anda dapat mengubah preferensi Privasi Anda. Perlu dicatat bahwa memblokir beberapa jenis cookie dapat mempengaruhi pengalaman Anda di situs web kami dan layanan yang dapat kami tawarkan.

Untuk alasan kinerja dan keamanan, kami menggunakan Cloudflare
required

Situs web kami menggunakan cookie, terutama dari layanan pihak ketiga. Tentukan Preferensi Privasi Anda dan/atau setujui penggunaan cookie oleh kami.