Arief Budiman

Narasumber: Arief Budiman
Waktu Wawancara:
16 Januari 2023
Lokasi: MES 56, Yogyakarta
Tautan Karya Terkait:

Hoppla

Nih kami dari Hoppla. Wawancara tentang riset…ya ini riset yang ngomongin tentang seniman, praktisi, kurator, atau pengkaji yang ngomongin tentang seni berbasis internet atau seni berbasis teknologi. Output-nya adalah teks, kita transkrip. Dan sejauh ini kita di Jogja udah wawancara cukup banyak sebenernya. Dari kemarin, bulan lalu kita di Bandung ketemu sama beberapa praktisi juga yang udah ngomongin tentang bagaimana sih menggunakan internet ga hanya sebagai pindah wilayah doang gitu, tapi bener-bener menggali potensi. Dan kita ngeliat sebenernya Video Battle menarik karena itu kan jadi semacam kayak mengumpulkan narasi-narasi yang banyak gitu terus dijadikan satu dalam tematik, dalam macem-macem. Bisa diceritain dulu ga gimana sih pembuatan atau berdirinya atau gagasan Video Battle itu sendiri dan siapa aja sih sebenernya yang bertanggung jawab atas berdirinya Video Battle?

Arief Budiman

Sebenernya Video Battle itu berdiri kurang lebih 2004 ya. Waktu itu ada dua anggota MES 56 yang tergabung di situ, karena memang dua orang ini waktu itu sangat suka ngulik film, video populer, kayak gitu lah. Itu ada Wimo sama Wowok. Terus mereka mulai itu dari 2004 sampai 2007. Sempat vakum. Terus aku lanjutin dengan Bayu itu tahun 2017 kemarin sampai 2018. Jadi ada sekitar 18 kompilasi. Jadi memang di situ Video Battle, si mas Wok sama mas Wimo ini semangatnya memang semangatnya pengen gimana sih caranya karya-karya video ini—karena mungkin waktu itu medium video atau perangkat camcorder itu harganya murah dan cukup bisa diakses lah oleh orang banyak, jadi mungkin medium si video lagi kenceng-kencengnya. Jadi si Wimo (Wimo Ambala Bayang) sama Wowok (FX Woto Wibowo/Wok The Rock) ini jadi gimana sih karya-karya video tuh bisa diakses oleh orang banyak dan bisa jadi satu barang koleksi yang bisa dikoleksi di rumah. Ga cuma di galeri. Gitu awalnya.

Hoppla

2004 ya?

Arief Budiman

2004.

Hoppla

Nah itu awalnya tuh kalau sekarang kan yang tau kita kan Video Battle tuh kan di social media ada. Nah 2004 itu kan belum ada social media. Nah itu gimana, kepikirannya waktu itu distribusi atau penyebarannya itu gimana?

Arief Budiman

Ya memang dari 2004 ke 2007 itu kan ketika Wowok dan Wimo yang gerakin itu kan belum sepopuler 2017 ya, waktu aku dan Bayu masuk di Video Battle. Kayak, penggunaan internet kan ga sekenceng itu. Terus munculnya media sosial yang juga semakin banyak orang gunain gitu, makin banyak video diproduksi, di-publish di internet, itu tuh jadi kayak ada satu kesadaran sendiri di aku dan Bayu, kayak, mungkin waktu itu semangatnya si Wowok Wimo gini nih, terus aku dan Bayu di era yang kayak gini tuh harus kayak gimana ya? Maksudnya kayak nyari relevansinya gitu loh si Video Battle kenapa kemudian ada lagi di tahun 2017. Salah satunya menggunakan internet. Jadi kayak kerja-kerja di Video Battle tuh bukan kerja produksi kayak mungkin seorang seniman video ya, tapi lebih ke kerja-kerja kurasi, yang kemudian turunannya bikin program apa, program apa.

Hoppla

Nah itu kan program kurasi. Nah itu berbasis apa kurasinya? Karena nih kan banyak banget kan kalau kita ngomongin tentang video, apalagi di Indonesia. Sebenernya waktu itu fleksibel sih. Bahkan di setiap kompilasinya ya, kayak lagi pengen video yang isinya video musik. Terus ini, kompilasi ini isinya video-video gini. Sebenernya fleksibel banget sih waktu itu. Ga ada yang jadi catatan khusus. Lebih car sih, bahkan dari dulu setauku si Wimo Wowok ini dari awal emang cair banget. Bahkan, karya-karya teman sendiri yang dimasukin. Nah mulai ada open submission, menjangkau orang luar–selain seniman ya—itu tuh di tahun 2017 itu.

Hoppla

Kalau di social media sendiri kalian pakainya medium apa?

Arief Budiman

Waktu itu kan 2017 belum ada TikTok. Satu-satunya media sosial yang kenceng secara visual kan Instagram yak. Yaudah akhirnya make Instagram. Mungkin kalau ada TikTok, ya TikTok.

Hoppla

Nah, waktu itu kenapa Instagram?

Arief Budiman

Itu aja, sesederhana itu. Twitter kan lebih banyak teks. Ya udah instagram yang banyak videonya. Itu kan kerja kurasi yang sebenernya, ya kalau misalnya open submission kita kan bisa semacam memilih kan ya. Tapi kan di sisi lain kan sekarang semua orang bisa bikin video, dan bisa diunggah, dan bisa dilihat juga tematiknya, ada kecenderungan ngomongin apa. Kalau di Video Battle sendiri sebenernya ngeliat video yang bisa diproduksi oleh warga tuh kayak gimana sih? Yang diproduksi sama orang-orang luas gitu dari awal 2004 sampai sekarang yang udah masif?

Arief Budiman

Contoh kasusnya yang di media sosial aja ya, yang di Instagram. Waktu itu tuh emang kunci utamanya mungkin ga cuma sekadar lucu ya, karena banyak banget ya video lucu-lucu gitu. Tapi kemudian, ada sisi keunikan dan punya daya kritis di setiap videonya. Makanya kemudian, kalau dibandingin, mungkin banyak akun kayak @bikinilfil atau akun-akun lain di instagram, @dagelan gitu-gitu yang sama-sama nge-repost-in video, itu tuh bedanya Video Battle sama yang lain salah satunya kayak gitu. Terus kemudian memang aku dan Bayu seiring berjalannya waktu tuh ga menemukan urgensi yang bener-bener “ini loh Video Battle tuh kenapa kemudian masih terus harus berjalan karena ini loh”. Salah satunya ya karena itu, makanya sekarang nggak lanjut lagi Video Battle. Jadi belum ada nemu satu urgensi yang—atau catatan kuratorial yang khusus gitu loh yang “video-video yang kayak gini loh yang harusnya keluar” belum nemu aku dan Bayu.

Hoppla

Tahun berapa tuh memutuskan untuk…

Arief Budiman

Kalau kompilasi terakhir 2018, terus non aktifnya 2019. Karena Bayu juga ada kesibukan, dia kerja, terus kalau sendirian aku juga nggak mungkin. Yaudah.

Hoppla

Tapi sebenernya di tahun 2022 kan sempet ada…2021 atau 2020 di Instagram sempet masih aktif ga sih?

Arief Budiman

Instagram pernah. Pernah sekali sih. 2021 apa ya.

Hoppla

He eh, aku sempet liat ada posting dan kalau misanya dilihat, timecode nya kan rada lompat tuh. Itu apa tuh yang “ah gue harus posting nih”?

Arief Budiman

Itu lagi iseng aja. Cek akun Video Battle, terus waktu itu lagi ada masalah apa ya? Pokoknya ada kaitannya sama si police police itu lah. Terus ada video yang lucu, tuh yang anak kecil yang latian itu tuh. Menarik nih. Post. Udah itu doang.

Hoppla

Yang anak kecil lawan polisi itu kan?

Arief Budiman

Iya, yang sampe naik-naik ke atas.

Hoppla

Misalnya dibilang hiatus—karena kesibukan ya?

Arief Budiman

Karena kesibukan dan ya itu karena mungkin sendiri ya, terus kalau ngajak ngobrol orang luar juga kayaknya kalau tanpa ada satu lagi tandem yang bener-bener in charge di Video Battle tuh gimana tuh. Akhirnya ya udah jadi kayak nggak nemu ke depannya harus gimana Video Battle itu. Sebenernya waktu itu 2018, baru-baru Video Battle balik tuh ada sempet kepikiran tiga program, cuma nggak sempat kerealisasi aja. Waktu itu respons live Instagram, terus yang kedua Video Battle kampung, jadi pengennya tuh bikin workshop di satu kampung, terus screening di kampun itu, terus screening di kampung lain. Kayak misalnya contohnya masalah pertanian. Terus si masalah pertanian ini tuh diomongin lewat medium video, di-screening di kampung ini, terus mereka punya masalah apa dibuat di video yang lain lagi, di-screening lagi di [kampung] lain, jadi kayak berbagi pengetahuan kayak gitu loh. Terus yang ketiga, maunya bikin festival. Tadinya. Pengennya di ruang-ruang yang egaliter atau yang umum gitu lah. Yang tempat tamsis, ada jual TV banyak banget. Mungkin di tempat-tempat kayak gitu muter videonya. Atau di videotron, orang nunggu lampu merah sambil nonton video. Kayak gitu-gitu sih.

Hoppla

Berarti sebenernya tujuan ke depannya itu distribusi pengetahuan? Distribusi wacana?

Arief Budiman

Karena emang dari awal ikut gabung di Video Battle udah punya kesadaran itu sih, ini bukan kerja kayak misalkan gue sebagai seniman, produksi video, ini kerja yang lain, yang bisa gue pelajari lebih lanjut. Makanya kemudian tertarik.

Hoppla

Kemarin kan waktu ngobrol sama Wowok yang hari jumat itu, kan ngomongin project-nya dia yang Vertical Horizon. Itu menarik karena ngomongin tentang evolusi cara kita menonton di layar. Dan Video Battle itu sendiri udah lama dari tahun 2004 kan.

Arief Budiman

Tapi sempet vakum 2007. Jadi mereka cuma jalan tiga tahun, terus gua-Bayu tuh cuma jalan tiga tahun juga. Dua tahun malah.

Hoppla

Nah tapi kan di tahun 2004 sampe tahun 2007 gitu itu kan ada, kalian sempat melakukan itu gitu. Dan sempet vakum dan 2018 sempet ada juga yang tadi dibilang submission. Nah itu kan sebenernya kita juga bisa melihat evolusi cara menonton dan penggunaan layar gitu. Itu diomongin juga sama Wowok di Vertical Horizon Itu sempet jadi wacana ga di Video Battle? Cara-cara bagaimana warga yang kemudian merekam itu berbeda aspek rasio dan ininya yang ditentukan oleh teknologi juga.

Arief Budiman

Kalau di Video Battle waktu itu belum sampai sejauh itu sih sebenernya perbincangannya. Tapi kalau di luar itu tuh ada. Bayu dengan teman-temannya, atau gua secara pribadi sebagai seniman, tuh ada perbincangan soal itu. Tapi kalau di Video Battle sendiri itu nggak sampai kayak gitu. Waktu itu. Karena mungkin udah terlanjur jarang ketemu ya. Akhirnya ngobrol-ngobrol kayak gitu tuh nggak ada.

Hoppla

Kalau di pas yang awal itu kebanyakan video yang ada itu aspek rasionya tuh vertikal apa horizontal?

Arief Budiman

Macem-macem.

Hoppla

Justru udah macem-macem ya?

Arief Budiman

Itu udah macem-macem. Tapi kalau kesadaran buat merespons fenomena itu mungkin bukan soal vertikal atau horizontalnya, tapi gimana ngegunain live di instagram itu tuh yang waktu itu pengen diulik sebenernya. Cuma memang nggak keturutan. Waktu itu cuma bikin–selain di Instagram ada YouTube Battle. Itu tuh biasanya kalau kita diundang jadi kayak semacam VJ di acara musik-musikan tuh kita gunain itu. Jadi ngundang dua atau satu VJ buat muterin kompilasi video-video YouTube pilihannya dia. Terus sama satu lagi, Intersequence Arena di Kedai Kebun Forum (KKF) tuh tahun 2018. Sebenernya kata kuncinya di acara itu adalah Video Party. Jadi muter video-video yang udah kita pilih ini dari internet, yaudah ditayangin secara offline, diisi dengan musik. Waktu itu diputer barengan banyak banget channel TV gitu, proyektor, sama ada beberapa pemain musik.

Hoppla

Berarti udah berapa kali pameran yang diselenggarakan Video Battle?

Arief Budiman

Kalau sifatnya sebagai sebuah pameran sih mungkin itu doang ya yang Intersequence ya.

Hoppla

Respons nya apa sih? Misalnya itu kan sebenernya memasukkan hal yang dari luar galeri, yang sebenernya bebas gitu, terus habis itu dimasukkan ke dalam galeri kan konteksnya jadi beda. Nah itu responsnya gimana dari penonton waktu itu?

Arief Budiman

Kalau dari mereka nggak ada respons yang spesifik, kayak mengkritik atau “gini nih” enggak. Cuma mereka seneng aja. Bahkan kayak Wowok tuh bilang ada semacam perasaan kangen dengan peristiwa kayak ginian nih, karena dulu mungkin ada yang buat ya, nggak tau siapa. Tapi nggak ada lagi, terus tiba-tiba Video Battle bikin lagi.

Hoppla

Tapi menurut lo masih perlu ga sih dipamerin video-video yang itu, apa jangan-jangan jalur hidupnya di internet aja?

Arief Budiman

Karena kemudian salah satu pilihannya kenapa kemudian ditampilin itu tuh nggak yang lo bikin video, gue tampilin. Enggak. Tapi kemudian kayak misalkan, ada orang main ping pong yak, terus di sini gue nemu lagi nih orang apa. Jadi tuh kayak kesinambungan satu layar dengan yang lain. Nah gue tuh sengaja bikin kayak gitu, makanya kemudian kalau di online tuh kayak gini nih. Makanya ada strategi display di situ yang gue–strategi presentasi yang kemudian gua ulik juga sama Bayu. Gitu.

Hoppla

Konsep keruangannya ya yang ga ada di virtual.

Hoppla

Pas lo proses ngekompilasiin video-videonya itu kan sebenernya satu unit video gitu, terus kemudian lo jadiin kompilasi kan jadi satu kesatuan yang lain kan. Nah cara lo nentuin urutannya tuh gimana? Atau kayak misalkan lu ngerespons apa gitu ketika lu mengurut gitu?

Arief Budiman

Kalau soal urutan itu sebenernya secair itu sih. Bisa apa aja. Yang penting kayak ada sebab akibat gitu lah. Waktu itu sampe ada videonya Warhol, atasnya, bawahnya, kakinya apa. Terus di-display di meja kayak dia lagi makan gitu.

Hoppla

Maksudnya, kayak framework ketika lo bikin kompilasinya gitu, apakah di kepala lo ada naratif atau lo bikinnya kayak lagi ngedit film apa gimana?

Arief Budiman

Kalau waktu itu di konteks Video Battle: Intersequence ga ada sih kayaknya. Yaudah sebatas video party.

Hoppla

Lo sempet liat ini ga sih, karena praktiknya kan udah cukup lama ya. Dan sebenernya bisa juga dibaca kecenderungan-kecenderungan atau pattern orang Indonesia—atau mungkin dari daerah-daerah lain, membaca daerah tertentu dari produksi videonya gitu. Sempet nggak sih, membaca wacana ke sana?

Arief Budiman

Nggak.

Hoppla

Atau dalam kurasi atau dalam obrolan, mungkin?

Arief Budiman

Sebenernya ada keinginan ke sana, cuma memang salah satunya soal video yang di-submit atau di-mention lewat instagram, itu tuh belum ada yang—masih geosentris lah, orang-orangnya itu itu lagi kemudian. Akhirnya dari situ ya mau menjangkau wacana yang kayak gitu juga nggak terlalu ini ya. Sebenernya salah satu yang utama jadi kenapa Video Battle vakum tuh ya, kita ga punya tawaran wacana yang lebih mendalam lagi. Yaudah.

Hoppla

Tapi kan sebenernya wacana video yang non-seni lah dalam tanda kutip lah gitu, itu kan makin menggila sekarang. Karena tiktok, karena…

Arief Budiman

Nah itu juga, makanya di Instagram juga udah males. Karena akun kayak gitu udah banyak banget. Mereka udah ngelakuin itu. Kalau Video Battle bukan lagi seniman yang direpost, mereka juga sama. Terus apa lagi? Kayak gitu.

Hoppla

Lo sendiri ngeliat fenomena TikTok sendiri gimana? Karena itu kan mengakselerasi orang memproduksi video tapi tidak sebagai dokumentasi gitu. Kalau misalnya kita tau kan sejauh ini kan orang memproduksi kan sebagai dokumentasi perekaman. Cuma di TikTok kan rada beda tuh. Itu ngeliatnya gimana? Sebenernya kalau TikTok yang gua liat pertama aspek performativitasnya. Di awal muncul. Kemudian yaudah ke sini lebih banyak eksplorasi di sana dibanding Instagram atau yang lainnya. Kayak kemungkinan video itu diulik lebih jauh bahkan non-seniman atau di luar orang seni senian lah orang yang eksplor kayak gitu tuh lebih banyak di tiktok. Terus kemaren juga di Papua juga sempet merhatiin beberapa isu-isu yang terkait aktivisme juga itu tuh malah distribusinya di tiktok gitu. Kayak gitu-gitu dibanding di media sosial lain.

Hoppla

Jadi bisa lebih subversif ya. Dalam tanda kutip. Di platform.

Arief Budiman

Yang itu gue ga ngeliat di Instagram ya.

Hoppla

Tapi mereka kan juga punya instrumen sensor sendiri. Ya kayak misalnya beberapa hal yang nggak bisa dibicarakan di Instagram atau di TikTok gitu. Paling mudah ya pornografi. Atau misalnya di TikTok cina ga boleh ngomongin isu Uighur gitu misalnya. Itu kan jadi, apa ya, isu juga sebenernya kalau mau diulik lebih jauh.

Arief Budiman

Ya sebenernya banyak sih—tapi memang belum sejauh itu sih ngulik.

Hoppla

Kalau praktik seni video kontemporer menurut lo gimana sih di Indonesia? Nggak harus dalam sudut pandang Video Battle sih. Praktiknya kalau sekarang ini karena semua orang memproduksi video gitu dan bisa sangat canggih daripada seniman.

Arief Budiman

Ya itu ya mungkin karena konteksnya siapa yang menciptakan jadi kadang beberapa produk video tuh kayak “ini karya seni” “ini bukan”. Padahal sebenernya secara nilai artistik atau daya kritis, si video-video yang diproduksi sama orang-orang di luar kesenian tuh sebenernya oke. Kayak misalkan beberapa YouTuber atau apa gitu. Cuma sayangnya emang sampe sekarang belum ada deh pameran yang mamerin karya-karya YouTuber gitu. Terus kalau karya video yang–mungkin juga karena banyaknya video yang udah diproduksi ya, jadi kayak ada [inaudible] dengan jutaan arsip nih, video atau foto, kecenderungan karya-karya video sekarang ya banyak gunain footage, diisi dengan narasi, kayak mendekati video-video esai gitu tuh banyak banget sekarang kalau gue perhatiin.

Hoppla

Jadi sebenarnya membentuk estetikanya sendiri ya secara ga langsung gitu? Tapi jadi seragam kan jatuhnya?

Arief Budiman

Ya mungkin karena belum ada aja ya pantikan yang kemudian orang “ih kok gini terus sih”. Tapi persoalan kemudian kayak tadi gua bilang kecenderungan bentuk videonya kayak gini tuh jadi kayak jadi satu konsekuensi logis aja sih. Karena ada kejadian ini nih, orang banyak produksi video, ya, akhirnya timbulnya videonya kayak gini nih sekarang. Tapi jangan sampe monoton lah. Harusnya ada pantikan.

Hoppla

Nah itu video base tuh. Eh Video Battle tuh. Eeeee… apa, yang kalau misalnya sebelum platform social media kan kita video tuh kan bisa didistribusikan secara fisik ya. Maksudnya ya bisa sih Nokia, antara Bluetooth ke Bluetooth gitu. Tapi kan nggak dalam konsep antarinternet. Kalau sekarang antarinternet ya kayak di TikTok aja kan semua nggak yang harus difollow bisa—video kan bisa datang ke kita. Dan itu kan dikontrol oleh apa yang kita suka liat juga. Nah yang pengen gua tanyain, menurut lu kerja-kerja itu kan sebenernya kan algoritmik ya. Dikendalikan oleh satu sistem yang udah otomatis sebenernya. Nah kalau misalnya proses seleksi itu udah dilakukan oleh algoritma, sebenernya peran kurator dalam internet itu gimana sih? Itu bisa nggak sih kurator kemudian menjawab itu gitu?

Arief Budiman

Gimana yak? Hahaha kayaknya gua ga bisa menjawab pertanyaan itu. Terlalu rumit buat gue.

Hoppla

Ya maksudnya masih penting nggak sih kurator?

Arief Budiman

Masih penting ya. Karena se-simple kayak contoh gua bikin Intersequence Arena aja, itu kan bukan hal yang dilakukan oleh algoritma. Maksudnya itu gua tarik ke sini dengan konteks yang berbeda. Selama itu membuahkan satu konteks atau pembacaan yang berbeda, di situ masih berfungsi kurator.

Hoppla

Atau untuk memberi penekanan intelektual?

Arief Budiman

Mungkin ya. Karena di dalam pekerjaan algoritma kan ga ada yang kayak gitu. Mungkin ya.

Hoppla

Tapi di sisi lain sebenernya produksi video kan juga orang bisa mendapatkan uang kan di situ. Maksudnya itu jadi konten yang besar, dan algoritma kan bekerja di, ya kadang ads ga muncul sebagai ads gitu. Ya kan? Tapi dia dikendalikan oleh satu sistem yang ads tapi masuk aja. Ya mungkin, jangan-jangan kerja kurator justru malah bisa memberi ini mana yang ads mana yang enggak.

Arief Budiman

Ya mungkin ya. Haha. Mungkin juga bisa kayak gitu ya.

Hoppla

Gua cuma nanya ini aja sih rip. Ada kecenderungan perbedaan ga antara video yang diupload repost sama regram?

Arief Budiman

Enggak. Yang di instagram kan maksudnya?

Hoppla

He eh di Instagram.

Arief Budiman

Itu sama. Itu cuma masalah nulis sama persoalan aplikasi aja tuh kayaknya.

Hoppla

Dan ini gue sebenernya beberapa gue nonton ulang ya, terus gue tertarik sebenernya ada kecenderungan karena kalian base nya seni gitu, mau nggak mau pasti, emang kacamatanya pasti dari seni. Jadi kalau gua liat ada performance, ada manipulasi digital, mempertanyakan realitas dalam video segala macem. Itu ada diskusi atau enggak? Atau emang saat itu aja? Ketika lu melihat nih cenderung performance nih, ini lebih cenderung ke image aja gitu. Terus kita repost aja.

Arief Budiman

Itu nggak ada diskusi khusus sih. Cuma memang kemudian, karena itu dua orang ya. Gua dan Bayu yang megang akunnya. Nah masing-masing tuh punya kecenderungan dan ketertarikan yang berbeda dengan video. Jadi kayak, Bayu lagi seneng ini nih. Ya udah akhirnya video yang di-repost oleh dia adalah kayak gitu. Gua kayak gini nih, akhirnya gitu. Jadi kalau dilihat Video Battle fokus di sini nggak juga, masing-masing gua dan Bayu punya ketertarikan yang beda. Kayak gitu.

Hoppla

Sebelum repost tapi ada diskusi?

Arief Budiman

Enggak

Hoppla

Lucu aja nih.

Arief Budiman

He eh. Paling kalau emang kalau misalkan ada karya siapa gitu, terus diskusinya kayak ngomongin si senimannya. Oh kayak gini.

Hoppla

Terus Video Battle kapan aktif lagi?

Arief Budiman

Belum tau kalau itu. Kalau nanti tiba-tiba nemu urgensinya mungkin bisa balik lagi.

Hoppla

Gua nyambungin tadi Rian sih. Karena tetap menariknya ketika udah AI gitu, udah sugesti dan lain-lain udah dikerjakan oleh si komputer, terus tiba-tiba ada kelompok yang memang masih manual gitu tanda kutip gitu masih mempertimbangkan human gitu, ketika kalian menyeleksi gitu. Terus kalian upload di Instagram. Bagaimana pun Video Battle udah punya logo lah. Karena udah dari 2004. Terus kemudian 2017 kalian memulai untuk repost itu. Statement cukup penting. Ya tetep sih, kita tuh masih coba mencari apa ya kesadaran apakah kalian mencoba untuk itu ke depannya atau enggak. Atau memang udah let’s go on. Hajar aja.

Arief Budiman

Ya mungkin juga karena secara personal bukan gua dan Bayu yang memulai itu terus itu muncul lagi di era yang berbeda dengan Wowok, Wimo. Yaudah lah kayaknya. Mungkin ada satu sisi yang gua merasa kayak gitu. Yaudah lah.

Hoppla

Soalnya…ya kalian ngasih cap. Video Battle.

Arief Budiman

Tapi emang waktu itu juga seneng sama ini bang, soal ya arsip, footage-footage sama, gimana sih bikin karya video yang tanpa perekam gitu. Waktu itu sempet bikin workshop, bukan workshop sih, video tutorial. Di acara Jogja Noise Bombing. Gua, Bayu, sama beberapa temen bikin karya video: gimana cara memproduksi video tanpa merekam. Gitu. Terus ya udah dipamerin di KKF. Nah mungkin yang sama gua dengan Bayu itu ya. Kesenangan produksi video tanpa memproduksi gambar lagi.

Hoppla

Jangan-jangan justru malah aspek viralitasnya malah bisa dibaca juga. Karena jangan-jangan ada formula untuk menjadi viral.

Arief Budiman

Waktu itu tuh ada satu. Gua juga nggak tau kenapa. Ada anak punk joget, terus keliling dunia dia gini gini terus. Itu tuh viral banget. Satu-satunya Video Battle yang viral. Gua juga nggak tau kenapa. Karena di akun sebelumnya itu tuh ga viral. Tapi direpost Video Battle itu viral. Gua ga tau juga sih sebenernya.

Hoppla

Itu kalau misalnya bisa dibaca, mungkin bikin kayak semacam spekulasi cara pattern viralitas video. Lucu juga tuh. Buat ke depan, mungkin aja.

Hoppla

Tapi udah sempet dipamerin offline? Terutama yang video-video repost-repost itu?

Arief Budiman

Yang repost belum. Cuma kalau setiap kali ada kesempatan bikin YouTube Battle, itu tuh kadang gua selipin bang dari instagram gitu.

Hoppla

YouTube Battle tuh offline ya?

Arief Budiman

YouTube Battle selalu offline. Dia selalu di event musik.

Hoppla

Berapa kali tuh udah?

Arief Budiman

Kalau dihitung udah banyak bang. Kayaknya sepuluh mah lebih. Pertama kali tuh bikin di Gudang Sarinah (Jakarta). Waktu itu sempet launching di Gudang Sarinah.

Hoppla

2017 itu ya?

Arief Budiman

2018.

Hoppla

Berapa partisipan tuh biasanya yang lu undang?

Arief Budiman

Kalau YouTube Battle, paling dua sampe empat orang. Cuma kalau satu kompilasi biasanya ada delapan orang.

Hoppla

Skemanya gimana sih? Maksud gua, apakah misalnya kayak gua, gua ngasih video apa, terus kemudian nanti dia ngerespons video gua, kayak…linknya dia, atau gimana sih sistemnya YouTube Battle itu?

Arief Budiman

Enggak. Bukan ngasih link. Tapi ngerespons kayak “gua punya video joget ini nih” atau “gua punya video yang temanya ini nih.” “gua juga punya loh kayak gini nih”. Kayak gitu. Langsung diputar di tempat bang. Jadi gua udah nyiapin. Kayak VJ lah. Gua udah nyiapin alatnya, tinggal muter nih.

Hoppla

Beneran battle ya.

Hoppla

Ya tapi ga pake link ya? Nggak pake YouTube nya itu enggak?

Arief Budiman

Enggak. Oh tampilannya tampilan YouTube. Dia browsing langsung.

Hoppla

Oke!

Arief Budiman

Kalau soal link, waktu itu pernah. Pas Indonesia Net Audio Festival. Kan YouTube Battle sempet dihadirin di sana. Jadi kayak nyuruh “siapa yang punya link sini gua puter nanti” gitu. Pernah sih.

Hoppla

Itu event offline pasti?

Arief Budiman

He eh. Dan yang paling sering diajakin itu tuh YouTube Battle. Karena waktu itu kan lagi kenceng banget tuh acara musik-musikan. Yaudah paling sering mereka ngundang YouTube Battle.

Hoppla

Adu playlist.

Arief Budiman

Bahkan waktu itu sempet tuh ada kejadian tahun baru 2018 apa 2019 gitu. Gua kalau ga salah dah yang muterin ada waktu itu sholat yang aneh banget gini bang. Itu lagi di kafe, terus ada Yaya-Prontaxan. Dia joget gini sambil [inaudible]. Divideoin, viral. Langsung kena masalah tuh. Tapi untungnya bukan gua yak. Yaya nya yang kena. Hahaha. Kacau.

Hoppla

Mau ga mau harus ada self-censorship juga jadinya. Selama ini ada yang complain ga? Atau ada yang ngasih masukan ga dari orang yang lo repost? Si pembuat kontennya.

Arief Budiman

Sejauh ini nggak ada. Bentuk yang paling ekstrem ya itu tadi. Cuma emang ga secara langsung ke Video Battle tapi ke orang lain. Cuma sebenernya, ya gua punya kesadaran itu juga, kayaknya harusnya ga gitu juga deh gua.

Hoppla

Kalau masalah atribusi sendiri gimana?

Arief Budiman

Kalau untuk kompilasinya, itu tuh sebenernya bisa dibeli ya. Gua bilang ke senimannya: ini lu cuma dapet ini ya, kayak cuma beberapa copy video. Terus sampul, lu bisa gandain dan jual terserah lu deh. Cuma kalau yang ini, gue bisa jual tapi ga resolusi yang oke ya, cuma 720(p) ya. Kalau misalkan resolusi paling tinggi terus teserah lu deh, jadi hak cipta lu untuk lu jual entah kolektor, atau siapa. Tapi gue pake yang resolusi kecilnya aja. Gitu biasanya. Jadi biar sama-sama enak juga. Mungkin ya lu mau–itu karya lu mau lu jual di mana–karena beberapa di kompilasi video tuh ada karyanya Eko Nugroho, terus Ugo Untoro. Itu tuh karya-karya yang dipamerin di galeri sebelumnya. Gitu. Kan takutnya jadi masalah juga yak. Didistribusiin di Video BAttle tapi lu juga dijual, kayaknya… Ya gitu sih.

Hoppla

Formatnya tetep DVD?

Arief Budiman

Nah itu juga. Harusnya udah ga DVD. USB harusnya sekarang. Udah ga ada sekarang slot DVD kan di Macbook.

Hoppla

QR Code mungkin malah?

Arief Budiman

Ya mungkin juga bisa.

Hoppla

Yang langsung cloud.

Arief Budiman

Tapi kalau kompilasi sih sejauh ini semua udah diupload kayaknya di YouTube. Jadi si DVD-nya udah cuma jadi barang koleksi aja.

1506 1184 Anggraeni Widhiasih
Ketik di sini ...

Preferensi Privasi

Ketika Anda mengunjungi situs web kami, informasi mungkin disimpan melalui peramban Anda dari layanan tertentu, biasanya dalam bentuk cookie. Di sini Anda dapat mengubah preferensi Privasi Anda. Perlu dicatat bahwa memblokir beberapa jenis cookie dapat mempengaruhi pengalaman Anda di situs web kami dan layanan yang dapat kami tawarkan.

Untuk alasan kinerja dan keamanan, kami menggunakan Cloudflare
required

Situs web kami menggunakan cookie, terutama dari layanan pihak ketiga. Tentukan Preferensi Privasi Anda dan/atau setujui penggunaan cookie oleh kami.