R.E. Hartanto

Narasumber: R.E. Hartanto
Waktu Wawancara:
11 Desember 2022
Lokasi: Ruang Dini, Bandung
Tautan Karya Terkait:

R.E. Hartanto

Jadi pada saat itu ada empat orang seniman dari Bandung. Ini yang saya inget namanya ya. Ada mas Kristiawan, mas Dianto, dua lagi siapa ya?

Hoppla

Krisna Murti?

R.E. Hartanto

Krisna Murti kok kayak bukan ya… Duh gila, lupa ya. Kalo pak Asmujo pasti bisa confirm ya. Kayaknya nanti dia mau dateng sih. Kalo kebetulan dateng, kita langsung todong aja ya?

Hoppla

Oh iya siap.

R.E. Hartanto

Soalnya kemaren mau dateng tapi gak bisa. Jadi katanya mau hari ini. Mudah-mudahan nanti dia dateng, waktunya pas lah. Pokoknya yang saya inget dua itu, dan saya itu memfasilitasi mas Kristiawan. Ternyata pusing ya. Memfasilitasi seniman itu pusing loh. Seniman itu kerjanya ganti-ganti ide mulu. Bajingan. Udah dibikin susah-susah, berubah lagi, berubah lagi. Aku sampe pusing. Nah, jadi waktu itu yang saya ingat, paling gampang itu animasi GIF. Jadi itu basisnya fotografi aja gitu. Jadi, dia kan performance ya, ada foto-foto dia, abis itu disusun jadi GIF, abis itu dia akan muter gitu. Dan kami juga main hyperlink yah. Waktu itu– kalau misalnya diklik link sini, akan keluar yang mana. Kalau diklik mana yang keluar mana. Jadi betul-betul masih purban ya. Itu HTML 2 yah. Masih HTML 2.

Hoppla

Itu Kristiawan bikin performance kan bang?

R.E. Hartanto

Performance. Dia dan Dianto. Dan akhirnya mereka ke Perth untuk projek yang sama waktu itu. Jadi sesudah kerjain–kayaknya minimal satu bulan, mungkin satu atau dua bulan, akhirnya live. Jadi bisa diakses di internet. Terus ada pameran fisiknya di Galeri Soemardja, ITB. Nah, terus ada juga pamerannya di sana, di Perth, gitu. Nah, terus mas Kristiawan dan mas Dianto berangkat ke Perth untuk gabung sama event–di sana mereka bikin apa aku malah kurang tau. Nah, jadi yang aku inget tuh itu. Yang ada di Bafv-NAFaku kok malah lupa ya waktu itu bikin apa. Kalo gak salah mungkin animasi Flash deh.

Hoppla

Kemaren kata Gustaff tuh bikin Multiplicity ya?

R.E. Hartanto

Multiplicity ya? Multiplicity itu…

Hoppla

Terus ada empat seniman, termasuk lo, Gustaff, terus…

R.E. Hartanto

Bikin karyanya apa ya? Multiplicity aku musti lihat CV, soalnya kadang-kadang kalau liat CV aku jadi inget.

Hoppla

Gue kemarin sempet ngelacak ke archive.org, ada karya Self-Portrait, pake Flash mungkin ya?

R.E. Hartanto

Iya, iya. Self-Portrait in Vector. Iya betul. Itu dibikin di Belanda tahun 2002. Terus…

Hoppla

Itu waktu lo residensi di Rijksakademie?

R.E. Hartanto

Di Rijk,iya Rijksakademie.Tahun kedua aku bikin itu. Terus sesudah itu di Bandung aku juga sempet bikin… Seni dan Internet itu tahun berapa ya? Tahun berapa sih Ki? Bafv-NAFitu tahun berapa?

Hoppla

2002.

R.E. Hartanto

2002? Oke 2002 ya. Nah, 2002 itu projeknya adalah Bessengue City, Rhizome Project, oh oke.

Hoppla

Tapi kayaknya mungkin lo bikin 2001. Mungkin ya. Yang projek empat seniman itu.

R.E. Hartanto

Multiplicity tuh karyanya apa ya? Si Gustaff cerita gak? Dia apa ya karyanya waktu itu Multiplicity? Bikin apa dia?

Hoppla

Itu… Direktori porno.

R.E. Hartanto

Oh iya bener. Oh itu… iya iya.

Hoppla

Iya dia bikin direktori porno karena dia bilang dia gak bisa apa-apa.

R.E. Hartanto

Kalo dibuka, keluar lagi keluar lagi ampe banyak gitu kan.

Hoppla

Kasih link gitu.

R.E. Hartanto

Itu kayak virus itu bentuknya. Hahaha. Kayak virus ya Allah. Jadi dulu mah ya, bayangin, karena masih purba yah. Hyperlink aja jadi seni gitu loh. Kok bisa ya hyperlink jadi seni? Buat kami itu tuh udah ajaib gitu.

Hoppla

Tapi lu emang dari sebelum Rijkudah punya ketertarikan dengan internet?

R.E. Hartanto

Jadi gini, Ki. Kan aku kuliah di studio seni lukis. Berkarya secara konvensional aja. Bahkan sampai Tugas Karya Akhir juga masih konvensional lah. Agak tidak konvensional sedikit pake mesin, pake lampu, apa segala macem. Sedikit lah gitu ya. Tapi intinya sebetulnya kebanyakan masih dua dimensi. Nah terus, waktu itu kan tahun 1998 ya saya tugas akhir dan lulus itu. Jadi, lagi Reformasi itu saya lulus. Nah, pada saat itu tuh, lagi nge-boom seni kontemporer. Jadi semua anak di ITB tuh pengen kontemporer gitu.

Jadi waktu saya masuk tahun 1992, kan dulu ada Abstrak Bandung ya. Abstrak Bandung itu pas lagi sekarat mau mati itu tahun-tahun ’90-an awal. Gitu. Jadi dulu itu yah pada puncaknya, kayak tahun ’80-an, ’70-an, ITB itu it’s all about abstract. Kalau misalnya tugas akhir, semua mau bikin abstrak. Nah, kan tapi sejak Gerakan Seni Rupa Baru, terus waktu itu ada Biennale Jakarta yang ke berapa sih yang ada Arahmaiani pake baju Bali itu?

Hoppla

1993.

R.E. Hartanto

Ya pokoknyaPak Jim (Supangkat) gitu. Itu kan besar gitu ya bagi kami. Terus, semua orang kayaknya pengen bikin karya kontemporer gitu. Jadi gak ada yang mau bikin karya konvensional. Jadi objek, instalasi, itu adalah projek-projek yang sering digarap. Nah, makanya begitu aku lulus, tahun 1998, aku tuh bikin karya instalasi banyak tuh waktu itu. Tapi butuh waktu dua tahun yah bagi saya, sampai tahun 2000, untuk menyadari bahwa instalasi itu ribet loh. Jadi dia itu, pertama, instalasi kan memang bisa dibikin murah yah pake bahan bekas juga bisa kan.

Tapi transportasinya jadi mahal karena biasanya dia berat. Terus, kalo misalnya karya udah sampe di galeri atau di ruang pamer, biasanya kita harus ada di sana karena kita harus nyusun gitu. Terus abis itu kalo misalnya kembali lagi ke kita karyanya, itu kita butuh space untuk naro gitu. Gudang. Terus karyanya gak bisa dijual. Jadi sesudah dua tahun, duit saya abis, Ki. Saya bilang “Gila ya instalasi mah kayaknya mainannya seniman kaya deh”. Akhirnya udah aku kapok gak mau instalasi lagi.

Nah, pada saat itu lah saya melihat kayaknya sebenernya New Media Art kayaknya lebih ramah deh buat seniman-seniman miskin seperti saya gitu waktu itu ya. Cuma modal komputer sama koneksi internet, kita udah bisa bikin seni gitu waktu itu. Nah, makanya waktu terus saya ke Rijksakademieitu, terutama di tahun kedua, saya jadi cukup intensinya bikin karya yang web-based. Tapi sebetulnya kalau diliat-liat lagi, karyanya itu sendiri sebenernya selalu dua dimensi, dan mungkin karena saya pada dasarnya painter ya, itu dia jadi kayak painting.

Walaupun itu ilustrasi, walaupun itu video, walaupun itu web-art, ya itu kayak painting sih sebetulnya. Jadi cara saya melihat itu sebenernya seperti melihat painting. Nah, akhirnya sesudah berapa lama ya? Saya coba ini, coba itu, kan segala macem. Tahun 2015 deh kalo gak salah. Saya masih inget saya ngobrol sama temen saya Jennong. Saya bilang “Gung, aku kayaknya udah mau fokus aja deh di painting soalnya menurut saya di painting sendiri masih banyak persoalan”. Aku bilang gitu.

Terus si Agung bilang “Bagus. Seorang pelukis itu harus ngeliat di painting banyak persoalan”. Jadi akhirnya terus sesudah 2015 saya fokus ngerjain lukisan aja. Jadi cat minyak di atas kanvas. Jadi gak ngerjain yang lain lagi. Sampai sekarang masih kayak gitu. Dan ngajarnya juga itu. Jadi pada momen tersebut yah, di masa-masa web-art sama Curtin University, terus Bafv-NAF, terus segala macem, itu adalah periode di mana saya masih cari-cari medium yang cocok.

Dan sejujurnya saya ngeliat waktu itu New Media Art itu potensinya besar. Beberapa temen saya kan sampai sekarang masih sangat intense ngerjain video art yah, dan tambah bagus tuh. Kayak Muhammad Akbar itu. Kalo aku lihat sih kok makin kesini makin cakep yah karyanya jadi canggih yah. Kalo dulu mah burik gitu karyanya. Sekarang tuh kok jadi mahal gitu keliatannya. Keren gitu.

Beberapa tuh sangat intens bikin video art, dan saya masih inget waktu di Rijksakademieitu yah. Kan ada studio kan, macem-macem itu studionya. Studio seni grafis tuh gak laku dong, Ki. Padahal gila kalau kamu lihat kesana fasilitasnya, kamu mau bikin sablon segede apa gitu yah, litografi, pokoknya fasilitasnya keren. Gak ada yang pake. Soalnya yang penuh itu adalah laboratorium untuk editing video, sama foto, sama sound, sama lab-kom, lab komputer. Itu penuh, karena memang kayak lagi hits gitu waktu itu. Jadi termasuk saya.

Saya bilang “ah, saya mah gak mau ah rebutan jadwal mau pake komputer. Nggak. Aku mau beli PC sendiri.” Jadi studio saya pakai sendiri. Jadi video artist banyak sekali waktu itu. Rijksakademie. Ketika pulang ke Bandung, ya nggak se-hits di Belanda, tapi tetep ada beberapa orang yang kayaknya tuh kepincut aja gitu sama media tersebut dan sampe sekarang mereka masih intens ngerjain karya seperti itu. Kayak Tintin kalo gak salah juga pake video deh waktu itu, zaman-zaman itu. Anak-anak Ruru dulu kan sempet bikin projek ya waktu itu. Ruru sempet bikin OK.Video, itu juga kayaknya salah satu yang bikin video art tuh jadi kokoh gitu. Kukunya tuh nancepnya kokoh di medan sosial seni rupa, dalam praktik penciptaan para perupa itu kokoh.

Hoppla

Lo yang di Rijksakademieitu sempet bikin yang web-art?

R.E. Hartanto

Waktu itu animasi aja sih sebetulnya. Jadi bukan web-art. Jadi lebih ke animasi di web.

Hoppla

Animasi di web?

R.E. Hartanto

Animasi yang ditaro di web. Website saya sendiri. Jadi orang bisa nonton. Jadi sebenernya kayak nonton film Ghibli aja tapi dalam versi yang sangat primitif ya gitu.

Hoppla

Itu masih bisa diakses gak itu?

R.E. Hartanto

Ada di sini. Ada di portofolio saya. Saya bisa kasih linknya ya.

Hoppla

Ini website lo?

R.E. Hartanto

Di website saya, iya.

Hoppla

Oh ya sudah. Gue langsung ke website lo aja.

R.E. Hartanto

Nih, Self-Portrait in Vector versi 1.5. Ini sebenernya ada di YouTube yah. Cuman ginian doang kok ngerjainnya waktu itu kayaknya lama banget ya. Lama gitu. Bikin animasi tuh lama. Tapi mungkin kalo semua dikerjain sendiri jadinya lama yah. Harusnya ada timnya kali.

Hoppla

Lo pake apa gambarnya ini?

R.E. Hartanto

Pake Corel Draw. Kan dia jadi vector kan. Abis itu di-import ke Flash, abis itu dianimasi di situ. Kalo sekarang kayaknya bikin ini–kalo saya harus bikin project yang serupa, itu berarti bikin vectornya di Illustrator, abis itu dikerjainnya di Premiere, atau kalau butuh yang macem-macem bisa di After Effect. Jadi sebetulnya ini sangat simple.

Hoppla

Ini bukan GIF ya bang? Disebutnya bukan GIF?

R.E. Hartanto

Bukan. Bukan GIF. Soalnya kalau GIF itu bit-map yah. Kalau ini kan vector. Jadi sebetulnya ini kehitungnya scalable vector graphic yah. Jadinya kayak gituh. Ehm… gimana caranya kita– speed itu gimana sih ngaturnya di YouTube? Dia ada lagunya gitu.

Hoppla

Ini lo ubah kapan nih? Atau ini memang yang lama?

R.E. Hartanto

Yang lama, cuma saya jadiin video gitu. Soalnya kalo yang aslinya diputer pake Macromedia Flash. Sekarang masih ada gak sih ekstensi Flash? Udah ngga ada ya?

Hoppla

Udah mati.

R.E. Hartanto

Iya udah mati. Hahaha. Jadi kalo kamu liat ini, ini tuh sebenernya painting tapi bergerak aja. Jadi cara saya ngeliat itu, mungkin ya saya dari sananya pelukis gitu.

Hoppla

Waktu di web itu lo pake sound?

R.E. Hartanto

Pake sound dong. Itu penting. Makanya si Gustaff tuh kalo denger lagu ini langsung “Self-Portrait in Vector”, bukannya karya Chopin gitu dia denger. Dia ingetnya tuh itu. Ginian doang, Ki, bikinnya lama.

Hoppla

Selain kalian ada lagi nggak sih bang waktu itu? Lo melihat anak-anak muda. Karena waktu itu memang lagi takjub juga ya sama internet kali ya.

R.E. Hartanto

Yang internet, web-art, pokoknya yang berkaitan dengan jaringan, itu sebetulnya sedikit. Yang banyak itu video art sebetulnya pada waktu itu. Ini kalau kita mau ngomongin New Media Art secara luas ya. Jadi kalo yang ngerjain video art itu sangat sedikit. Ada salah satu temen saya anak keramik tapi dia aktif di Teknik-Informatika di ITB, mungkin dia yang bikin berbasis jaringan. Tapi kalo yang lain tuh sebenernya–

Hoppla

Siapa bang?

R.E. Hartanto

Namanya Widianto Nugroho. Nanti aku bisa kasih kontaknya. Tapi dia tuh bikin sesuatu gak yah waktu itu yah? Coba lah nanti kita tanyain. Terus ada temen yang anak desain produk, udah tinggal tugas akhir tapi gak dia kerjain jadi akhirnya DO. Nah, dia itu geek lah ya. Terus sampe sekarang dia kerja di internet service provider di Bandung. Dia itu yang waktu itu ngebantuin banyak seniman yang lain. jadi dia sendiri sih bukan seniman. Gak mencipta. Tapi bagaimana menerjemahkan gagasan seniman jadi karya yang web-based. Itu dia bantuin tuh. Namanya Ivan Syafari. Gitu.

Jadi kalo menurut saya sih sedikit ya. Jadi kami di Common– waktu dulu bukan Common Room, masih Bandung Center for New Media Arts yah. Kami di sana. Yang lain siapa yang bikin ya? Yang internet based yah. Gak banyak loh. Video art mah iya banyak. Tapi kalo yang berbasis jaringan tuh kayaknya dikit ya.

Hoppla

Apa gak tahu teknis? Atau…

R.E. Hartanto

Gak tahu teknis. Padahal teknisnya juga sangat purba dong. Dulu mah HTML juga masih sangat purba. Trus FlashFlash tuh juga sebenernya gak terlalu susah-susah amat sih.

Hoppla

Lo kenalan sama internet kapan sih bang?

R.E. Hartanto

1994. saya tuh waktu itu saking pengennya online yah, aku sampe lelang dong lukisan aku. Supaya bisa beli modem. Dulu modem masih 14.400 dong kecepatannya. Modem dial up. Jadi masih yang (membuat suara modem). Jadi, waktu itu pertama kali saya online tahun 1994–1995 itu akses ke internet ada. Jadi masih pake Netscape. Yahoo tuh masih yang purba banget, yang abu-abu biru gitu warnanya. Dan ada BBS yah, Bulletin Board System. Nah itu anak ITB, anak ITENAS gitu pada online. Dan yang masuk tuh cuma bisa dua orang ke dalem BBS itu. Jadi ada nomernya tuh, servernya temen saya yang buka di Jalan Sederhana, itu anak ITB. Masuk, terus bisa lihat direktori, kita kirim file, nanti kita keluar lagi, nanti orang masuk bisa kirim pesan. Gila ya, purba banget. Zaman dulu kayak gitu.

Nah, jadi sesudah lelang karya terus bisa beli modem 14.400, akhirnya bisa online. Dan waktu itu berarti masih pake pulsa telepon yah. Jadi dulu suka dimarahin sama mama kalo pulsa teleponnya membengkak. Jadi, aduh masih lambat sekali. Nah, itu saya pikir membentuk pekerti tertentu yah waktu dulu, karena di satu titik saya akhirnya, “wah kalo kita bisa ngerjain desain web bisa dapet duit”. Dan memang betul dapet duit. Tapi, dulu koneksi internet masih lambat, jadi apa pun harus kecil gitu.

Gambar itu harus sejelas mungkin, tapi seringan mungkin. Jadi waktu itu kami berusaha optimalisasi gambar JPG, gambar GIF, gitu. Semua itu harus sekecil dan seringan mungkin, tapi sejelas mungkin. Jadi kami dulu attitudenya itu sama sekali gak ada hubungannya sama yang high-resolution, gak ada. Justru harus low-resolution. Nah itu tuh, sebetulnya saya sangat menyesalkan karena pekerti itu terbawa dalam dokumentasi karya-karya saya. Karya-karya saya tuh banyak yang low-res dokumentasinya kalo dulu. Ini tuh saya agak sedih juga sih soalnya karyanya ancur, dokumentasinya low-res. Payah gitu.

Nah, jadi dulu 1997 bikin-bikin web design itu bayarnya dollar loh. Aku dapet duit banyak dulu. Bikin website 2000 dollar. Terus dua tahun tuh dapet maintenance fee yah. Padahal gak ngapa-ngapain. Paling juga nih ada update, upload, dapet maintenance fee dua juta gitu. Untuk ukuran saat itu, mahasiswa kere seperti saya, wah itu rezeki besar loh itu. Jadi dulu besar sekali gitu. Nah gitu tuh, perkenalan saya dengan internet tahun 1994–1995. Kayaknya cukup awal yah itu. Di Indonesia memang tahun-tahun segitu ya barangkali. Atau lebih awal lagi? Saya juga gak tau.

Hoppla

Kayaknya tahun segitu.

R.E. Hartanto

Tahun segitu ya? Iya bener. Jadi Centrin baru buka. Kalau di Bandung ada Melsa. Melsa baru buka. Telkom masih belum ngapa-ngapain. Bertahun-tahun kemudian orang yang bikin koneksi VoIP (Voice over Internet Protocol)itu pada ditangkepin tuh sama Telkom.

Hoppla

Lo milih vector itu kenapa bang? Kenapa gak GIF waktu itu?

R.E. Hartanto

Vector itu kecil.

Hoppla

Kecil? Tapi kualitasnya bagus.

R.E. Hartanto

Iya, nah karena dia scalable vector graphic, mau digedein, mau dikecilin nggak ada perubahan kualitas gitu. Nggak kayak bitmap gitu. Jadi kalo waktu itu sih menurut saya– jadi waktu itu saya takjub sekali kok ada animasi yang bisa cukup fantastis tapi kecil gitu ukurannya. Jadi mudah diakes bagi kami yang punya koneksi internet sangat lambat. Nah jadi makanya pake vector. Oh ini pake Flash nih bikinnya. Jadi, ya itu yang paling oke menurut saya. Kalo koneksi kami lebih cepat sih mungkin pake bit-map.

Tapi wah.. kacau lah. Lambat sekali. Sangat lambat. Kayaknya baru beberapa tahun terakhir ini aja saya merasa: oh dulu tuh zaman kami internet lambat, seperti ini kali ya di Amerika mereka tuh cepet. Ya sekarang kan kita lihat Youtube 1080 mah gak nge-lag lah gitu yah. Kalo dulu kan kerjanya buffering terus gitu. Zaman tahun 2000-an awal tuh minta ampun deh lambatnya. Jadi ya ekspresi seni rupa yang dikeluarkan dengan basis jaringan harus super ringan. Kalo engga mah percuma. Orang nunggu-nunggu akhirnya gak jadi liat karena gak keluar-keluar gitu karyanya.

Hoppla

Berarti ini video ini emang dari file yang nature lo awal itu?

R.E. Hartanto

Iya tapi udah diubah jadi video biasa. Jadi MPG atau MOV yah? Yang Quicktime tuh MOV ya? Iya bukan. Ini yang MPG. Jadi terus akhirnya–karena yang aslinya udah gak tau kemana. Gila, dari periode waktu itu, satu-satunya artefak yang masih tersisa itu cuma Self-Portrait in Vector ini loh.

Hoppla

Iya gue coba gitu kan, ngeliat alamat email lo di katalog, terus di tulisannya pak Krisna juga. Terus gue coba cari–

R.E. Hartanto

Nah, bener. Krisna Murti salah satunya. Salah satu dari empat seniman itu. Satu lagi kalo gak salah Rikrikdeh. Sekarang Rikrik (Andryanto Rikrik Kusmara)jadi dekan. Bukan Rirkrit (Tiravanija) yah, ini Rikrik hahaha, beda. Ini sih akademisi.

Hoppla

Terus lo kalo– kemaren tuh kan gue ngobrol sama Gustaff, Common Room tuh sampe sekarang akhirnya tetep fokus sama pemberdayaan internet.

R.E. Hartanto

Iya. Sampe ke desa-desa mereka bikin itu.

Hoppla

Itu emang waktu kalian awal di Bandung Center itu sudah memilih itu atau gimana?

R.E. Hartanto

Iya kami mendirikan Bandung Center for New Media Art karena kami percaya bahwa ini bisa jadi wadah baru, terutama bagi generasi baru, perupa baru pada saat itu untuk berekspresi. Karena ya jangan yang mapan-mapan aja lah. Jangan yang painting, yang sculpture doang dong. Tapi… seni media baru ini juga diharapkan juga bisa turut hadir gitu dalam pentas seni rupa nasional lah gitu. Dan menurut saya sih, kayaknya cukup hadir ya. Walaupun gak bisa besar.

Nah, permasalahannya kalo di Indonesia mah, kan mungkin kalo di dunia internasional yah. Kalo dia gak bisa dijual mahal, tuh jadi gak tumbuh. Itu tuh sebenernya saya cukup sesalkan sih. Walaupun kita tau ada seniman-seniman new media art yang besar-besar. Tapi tetep aja gak sebesar Gerhard Richter gitu, mahal sekali gitu karyanya. Gak bisa sebesar itu. Itu sebenarnya saya sesalkan.

Jadi, si komodifikasi karya seni itu sebenernya agak seperti pedang bermata dua yah. Di satu sisi, dia itu membesarkan, tapi ketika karya itu sudah besar, dia membunuh juga. Jangan macem-macem lo, gayanya udah begini aja lo, jangan macem-macem. Kalo gayanya berubah, gak laku lo. Kayak gitu. Jadi pasar itu jeleknya gitu. Bagus dan jeleknya seperti itu. Jadi, di satu sisi seni media baru nggak terlalu tersentuh sama pasar itu sebenernya sebuah berkat. Dia jadi nggak diracunin sama duit. Tapi di satu sisi dia jadi gak bisa terlalu gede juga. Tapi gak apa-apa lah, minimal dia tetep hidup gitu. Sampe sekarang kan kayaknya masih banyak seniman-seniman yang militan yah bikin karya new media art gitu. Saya sih sudah engga. Saya ikut jalur yang bisa jualan aja. Hahaha. Gitu menurut aku.

Jadi kami dulu waktu bikin Bandung Center for New Media Art itu tujuannya itu pengen seni media baru hadir gitu di pentas seni rupa nasional. Maksudnya saya rasa ya kami berkontribusi lah walaupun sangat sedikit lah ya. Minimal di Bandung. Kalo ada seniman yang waktu dulu aktif di periode tahun-tahun segitu, pergantian tahun 90-an ke 2000-an, saya pasti kenal dan pernah bikin acara lah bareng sama kami dulu gitu. Itu dia tujuan kami.

Hoppla

Karya paintingpernah dipresentasiin di online?

R.E. Hartanto

Pernah secara tidak sengaja gara-gara pandemi kemaren. Kan pandemi tuh waktu awal pameran batal semua, atau mundur satu tahun, atau tetap diadakan tapi online. Nah jadi akhirnya dihadirkan secara online. Menurut aku nggak ini sih. Kurang… kata orang Jawa nggak nggreng. Nggak marem gitu. Nggak puas ngeliatnya. Tapi ya mau apa lagi? Waktu itu seperti itu.

Hoppla

Itu tunggal, Bang?

R.E. Hartanto

Oh nggak. Grup waktu itu. Art Jakarta 2020 tuh full online. 2021 kayaknya masih online. 2022 yang udah offline, jadi saya ikut kemaren sama Ruang Dini. Jadi dihadirkan online. Kalo menurut aku painting bisa atau tidak dihadirkan secara online? Bisa dan itu membantu yah. Kayak kalo misalnya aku mau melihat karya Ai Weiwei. Ai Weiwei bikin painting misalnya. Gak bisa ke tempatnya, ya udah online aja. Terima aja gitu. Memang idealnya diliat langsung tapi kalau gak bisa ya uwes, online. Kalo dulu kan waktu zaman belom ada internet dari buku. Akhirnya gak ada tuh seniman kontemporer. Adanya zaman Baroque tahun 1600 yang kita lihat yah, kayak gituan. Tapi kalo sekarang kayaknya dari Instagram aja kita bisa lihat seniman mana pun juga lagi ngerjain apa saat ini kita bisa langsung tau. Syukur-syukur bisa liat langsung.

Hoppla

Tapi ada yang hilang kan jadinya.

R.E. Hartanto

Pasti. Pasti ada yang hilang. Kayak kita ngobrol lewat telepon kan pasti ada yang hilang kan. Gak bisa lihat ekspresi bicara. Apalagi chatting, suka salah paham.

Hoppla

Gak mungkin tuh bang? Gak mungkin internet di kemudian hari bisa mengakomodir itu?

R.E. Hartanto

Aku… mungkin sih mungkin yah. Mungkin kalo nanti teknologinya itu lebih canggih lagi. Dimana pengalaman ruang itu bisa jadi lebih immersive, mungkin bisa. Kenapa engga? Soalnya sejauh ini sejarah sudah menunjukkan teknologi tuh bisa bikin kita kaget yah. Loh, kok bisa gini ya? Kok bisa gitu ya? Jadi saya tidak meragukan kemampuan teknologi untuk membuat representasi karya seni jadi lebih canggih lagi. Sejauh ini memang kurang, memang belom. Tapi suatu saat kenapa tidak? Orang main game VR aja sudah cukup… ya kita bisa freak out yah main game yah. Kenapa liat karya seni engga? Menurut aku mungkin bisa.

Hoppla

Lo gak mau beralih? Ke NFT? Gak nyobain?

R.E. Hartanto

Itu tuh… bayangin saya sebagai orang yang mendirikan organisasi macam ini masa sih engga tergelitik gitu yah untuk bikin–saya sangat-sangat tergelitik gitu yah untuk bikin karya NFT. Dan saya tuh udah coba maju mundur maju mundur nyoba meluangkan waktu di antara kesibukan saya ngerjain proyek ginian. Tapi pada akhirnya yah aku memutuskan engga. Aku ngga akan bikin karya NFT. Di dalam jiwaku hanya ada painting. Dan gak ada waktu juga, Ki. Kayak ini nanti yah begitu masuk Januari sampe September tuh saya pameran ada lima, terus harus bikin karya 12. Itu aja tuh aku udah keteteran gitu. Soalnya kalo kita bikin karya NFT yah, masalahnya bukan bikin karyanya doang. Tapi kita kudu hadir gitu di komunitas itu. Itu mah bagusnya dikerjakan oleh orang-orang seperti si Akim tuh. Akim itu seniman NFT itu. Dia mah edan banget. Salah satu yang tersukses se-Indonesia sekarang. Coba mungkin dia ditanya aja. Murid aku. Pengen, pengen banget. Tapi engga lah.

Hoppla

Gimana temen-temen?

R.E. Hartanto

Aduh, sorry yah. Aku tuh kok banyak yang lupa yah periode itu. Jadi bener-bener seadanya aja gitu. Mudah-mudahan si Gustaff, atau mas Asmudjo bisa kasih insight yang lebih bernas lagi gitu.

Hoppla

Iya, kami butuh yang Self-Portrait. Memang karena kepengennya awal-awal. Tapi ada–gue baru ngeh kalo lo vector. Gua salah banget. Karena gua awalnya mikirnya GIF.

R.E. Hartanto

GIF tuh berat loh. Berat.

Hoppla

Ternyata vector ya.

R.E. Hartanto

Jadi itu yah, kasus kami yang nyata pada saat itu adalah connectivity. Connectivitynya lambat, Ki. Lambat banget. GIF itu berat. Sampe sekarang GIF itu berat. NFT itu kan kalo udah gede, mereka akhirnya pada pake video aja kan. Soalnya GIF terlalu berat akhirnya. Jadi sampe sekarang sebetulnya–

Hoppla

Masih?

R.E. Hartanto

Masih. Masih jadi problem. Maksudnya kalau mau bikin yang udah kompleks, udah bikin video aja. Dirender aja jadi video. GIF mah terlalu–berat di awal sih. Kalo udah di-load semua jadi gak ada masalah ya.

Hoppla

Oke, Bang Hartanto. Terima kasih banyak.

R.E. Hartanto

Thank you banget yah. Sorry seadanya nih infonya.

Hoppla

Terima kasih banyak waktunya.

R.E. Hartanto

Ah, aku baru nyadar aku udah tua banget. Mengalami dial-up dan BBS. Tapi saya seneng internet sekarang sudah–

Hoppla

20 tahun loh.

R.E. Hartanto

Iya, 20 tahun lebih. 30 tahun malah. Aduh dulu ngebetnya. Gak bisa tidurnya karena gimana caranya dapet modem. Aku masih inget dulu harganya 450 ribu. Mereknya apa ya? Aku lupa. Jadi dulu itu modem yang 56.600 itu mahal. Terlalu mahal aku gak bisa beli. 450 ribu tahun 1995. Untuk ukuran mahasiswa kere seperti aku itu gede loh. Jadi aku cukup mati-matian lah cari duit buat beli modem. Dan dia chip yah, dipasang di PC Jangkrik. Pod, dipasang di pod.

Hoppla

Ada yang bikin di warnet gak bang? Temen-temen gitu.

R.E. Hartanto

Warnet itu baru belakangan ya, tahun 1995 masih belum terlalu ini. Tapi kayak waktu saya di Belanda, kan aku dah nikah. Terus istri aku itu di Bandung, karena dia masih mahasiswi seni rupa, dia koneksinya selalu di warnet. Tahun 2000-an itu udah banyak warnet tapi waktu 1994-1995 aku rasa sih masih belum. Masih dikit gitu yang menggunakan internet. Dan kalo dipikir-pikir masih dikit yang menggunakan internet. HTML 2 itu berarti aku masih inget. Kita udah HTML berapa sekarang? lima ya? Sekarang itu ya jaringan aku pake buat website aja karena semua informasi saya tulis di situ.

Saya kan nge-blog yah, jadi bikin tulisan tentang seni rupa. Terus aku kan juga ngajar. Jadi ada Instagram untuk pengumuman kayak mau ada kursus anu, kapan, silahkan baca informasi lebih lanjutnya di blog. Terus nanti untuk komunikasi saat kursus berlangsung itu via Whatsapp. Aku tuh ngajar punya murid 15 sekarang belajar realisme lewat Whatsapp. Chatting gitu. Hari Jumat sampe hari Selasa, Rabu–Kamis libur. Jam 7–9 malam aku buka konsultasi tugas. Jadi aku kasih tugas, mereka kerjain terus mereka foto, mereka kirim ke aku, terus aku komentarin. Tapi saya cari nafkahnya dari ngajar. Ngajar realisme.

Hoppla

Efektif itu bang?

R.E. Hartanto

Efektif dong. (Sejak) 2016, udah pameran di Sarinah segala macem. Diajakin si Wawah waktu itu. Wah, gara-gara diajakin si Wawah murid aku jadi banyak. Dulu mah cuma empat, lima gitu. Gara-gara pameran di Sarinah tiga bulan dapet iklan gratis yah aku. Jadi seminggu saya luangkan 10 jam buat ngajar. Jadi, kalo waktu produktif itu 40 jam seminggu, 30 jamnya bisa buat ngelukis gitu. 25 persen dari waktu produktif saya ngajar. Bisa hidup lah dari situ. Kalo lukisan ada yang laku, bonus itu. Jadi aku ngga usah–kalo lukisan gak laku gak apa-apa. Saya tuh udah kenyang yah dari zaman dulu, ngga punya duit terus ngelukis, berharap lukisannya laku tapi nggak laku juga. Itu aku udah kenyang yah. Jadi sekarang diubah sistemnya karena ngajar. Sejak 2016.

Hoppla

Lo nggak ngajar web?

R.E. Hartanto

Walah, sekarang saya mah pengetahuannya sangat kuno di dunia internet. Yang lain udah canggih-canggih. Website mah sekarang juga nggak usah coding-coding. Template-nya juga udah bagus-bagus. Saya merasa sangat tertinggal yah kalo di dunia web. Jadi user aja.

Hoppla

Tapi ada yang ngilang ngga sih bang? Kalo otomatis-otomatis gitu? Ada yang hilang nggak sih craftmanship-nya atau gimana kalau dibandingkan sekarang.

R.E. Hartanto

Itu sebuah craftmanship yang berbeda yah. Sebuah–ya beda lah sama painting. Craftmanship yang berbeda. Sama-sama mengasyikkan loh kalo kita kerjain. Bisa lupa waktu gitu yah. Menurut saya itu sama bobotnya dengan ngerjain painting yang konvensional seperti ini bikin karya di web itu. Masalahnya gak bisa dijual. Realistis aja yah aku. Dulu aja masih single gak punya duit ngerjain gituan. Apalagi sekarang udah punya anak istri. Jadi yang jelas-jelas aja lah yang menghasilkan duit.

Dan ini bukan cuma sekadar bertahan hidup yah, tapi ingin meningkatkan kesejahteraan. Coba gimana caranya nih meningkat ke level yang lebih tinggi. Kalo ngerjain yang gini, fokus, kecuali kita berada di sebuah lembaga yang bisa support gitu yah. Mungkin kurang realistis buat orang seperti saya. Cocok buat anak muda lah yang gini-gini. Kalo wes tuek kayak aku yang jelas-jelas aja. Coba, kalo pak Asmudjo dateng yah aku kenalin. Itu sumber yang sangat penting yah. Kalo yang lain mah bisa dilupakan. Tapi kalo pak Asmudjo sebaiknya dikontak yah.

Hoppla

Gustaff, Jenong, juga rekomendasi pak Asmudjo. Karena kata-kata tahun 1998–1999 udah mulai web-art.

R.E. Hartanto

Persis. Dulu ada katalognya kecil. Gak tau, Common Room punya gak ya? Gustaff punya gak sih simpenan katalog itu? Atau mungkin pak Asmudjo sendiri punya.

Hoppla

Soemardja ga mungkin?

R.E. Hartanto

Atau Soemardja. Nah, yang direktur Soemardja sekarang siapa yah?

Hoppla

Itu gue gak tau.

R.E. Hartanto

Semenjak Ucok ke Belanda, itu kok aku jadi gak tau ya. Jadi kalo bisa dapet katalog itu, ukurannya kecil, yang ngedesain si Ivan. Pasti bisa berguna infonya. Oh atau coba ke Index ya. Coba tanya Rizki ada katalog web-art tahun 1998 nggak. Dulu tuh aku sidang, terus libur dua bulan, terus langsung kerja di Soemardja. Di bawah asuhan pak Asmudjo. Sip yah?

Hoppla

Oke thank you banget bang.

738 1113 Anggraeni Widhiasih
Ketik di sini ...

Preferensi Privasi

Ketika Anda mengunjungi situs web kami, informasi mungkin disimpan melalui peramban Anda dari layanan tertentu, biasanya dalam bentuk cookie. Di sini Anda dapat mengubah preferensi Privasi Anda. Perlu dicatat bahwa memblokir beberapa jenis cookie dapat mempengaruhi pengalaman Anda di situs web kami dan layanan yang dapat kami tawarkan.

Untuk alasan kinerja dan keamanan, kami menggunakan Cloudflare
required

Situs web kami menggunakan cookie, terutama dari layanan pihak ketiga. Tentukan Preferensi Privasi Anda dan/atau setujui penggunaan cookie oleh kami.