Gustaff
Gue mau disclaimer dulu ya, udah lama pisan ga ngurusin nih, jadi sebagian besar yang ditanyain mungkin banyak yang skip, makanya gue kasih tahu mending lo tanya ama Tanto. Tapi untungnya anak-anak Green Papaya sempet bikin wawancara yang agak komprehensif gitu,
Hoppla
Tahun berapa itu?
Gustaff
Tahun lalu, jadi mereka kan mau bubar, terus tiba-tiba dapet proyek dari Goethe atau Japan Foundation, intinya mereka tracing back kawan-kawan segenerasi lah yang dulunya aktif banget terus sekarang ada yang ke aktivisme ada yang kemana, ada yang kemana… mereka kayak menelusuri lagi ini orang pada kemana, temanya tuh apa ya. Pokoknya itu menurut gue satu-satunya wawancara yang paling komprehensif yang pernah dilakukan bareng antara gue, Tanto, Reza sama Reina. Kita kan dulu awalnya berempat waktu bikin Bandung Center for New Media Art. Tapi gue lupa lagi itu artikelnya, nanti gue kirimin deh.
Hoppla
Siapa yang dateng dari Green Papaya
Gustaff
Online, pas lagi pandemi. Jadi mereka tiba-tiba nge-email, eh gue Green Papaya mau bubar nih, tapi kita mau ngumpulin beberapa narasi yang menurut kita penting gitu. Akhirnya ya wes, itu juga gue banyak skip-nya kalo ga ada Tanto dan Reza mah. Oh iya bener judulnya Agents of Global Capitalism. Gue kirim ke elu ya
Hoppla
Ya boleh bang
Gustaff
Oh, Right People Wrong Timing, mereka bikin proyeknya itu, menarik si, jadi kelompok-kelompok yang offside gitu, hehe
Hoppla
Itu Asia Tenggara?
Gustaff
Asia Tenggara, jadi mereka ngumpulin, oh iya ini kerja sama ama Japan Foundation, ini ada ini nya. Mereka wawancarain, BizArt (Shanghai), Voin Pahoin (Yokohama), Future Prospects Quezon, yang di Beijing. Banyak si yang diwawancara, menarik si…. Eh taunya ga jadi bubar.
Hoppla
Lanjut!
Gustaff
Iya ternyata, eh sayang juga ya bubar, mereka sempet kebakaran kan, arsipnya abis, kayaknya itu yang memotivasi mereka untuk, yaudah lanjut, mulai dari restart aja, tapi pindah kota kalau ga salah, eh ga pindah kota si, pindah ke sebelah, cari yang rada murah. Kita juga kan udah pindah berkali-kali ini. Dari pertama Kiai Gede, trus ke Muara Rajen, pindah ke Imam Bonjol, lalu ke Tengku Angkasa, trus sekarang di sini, udah tiga tahunan. Tiga-empat tahun lah
Hoppla
Sejak yang… kalau yang ama Kasepuhan?
Gustaff
Itu 2013
Hoppla
Dari 2013?
Gustaff
Itu juga, jadi sebetulnya, gue ama anak-anak, sama temen-temen ya, hampir semua urusan itu banyak kecemplungnya, engga by design gitu, kaya Bandung Centre for Media Art kan karena bosen gue abis lulus kuliah bikin Trolley (majalah), sama beberapa temen di bandung, trus si Tanto, sekitar 1999–2000 lah Tanto di Amsterdam ikut Rijksakademie, Reina di Leiden lagi persiapan nerusin kuliah Antropologi. Reza kerja di Jakarta, jadi arsitek sama urban planner. Pas tahun 2000 itu ada Bandung Art Event atau apa gitu, pokoknya itu kayak, rencananya mau didorong jadi biennale Bandung tapi sebagai langkah awal, seniman-seniman dan kurator bikin program itu, Bandung Art Event , gue lupa lagi namanya, kalau ga salah lupa lagi deh, gue kebetulan bantu-bantuan, Tanto kebetulan lagi di Bandung, Reza kalau weekend dia di Bandung, kerja di Jakarta, Reina juga lagi di Bandung.
Nah, selama itu dari ‘99, ya setahun belakangan itu, gue, Tanto, Reina sama Reza tuh rajin email-email-an kita bikin mailing list, jadi ceritanya tuh si Tanto balik terus dia cerita “lo tau ga di Belanda tuh..” dia kebetulan waktu itu sama temen-temen seniman yang ikut Rijksakademie itu ikutan program residensi trus bikin proyek di Kamerun atau apa itu ya, di negara Afrika lah, jadi mereka bikin media lab… intinya si setup satu… kalau sekarang istilahnya kayak creative hub atau media lab, mereka bikin jaringan internet, stasiun radio, bikin program broadcasting, waktu itu belum podcast namanya, bikin seri wawancara warga lokal, aduh apa ya namanya.. Ya pokoknya itu lah.
Nah dari situ Tanto dapet inspirasi, “eh ini ada proyek seni, gue ikutan kayaknya menarik deh ini”. Jadi, waktu itu kita lagi bosen-bosennya sama perkembangan seni rupa kan, lo bayangin aja gue berapa tahun dari mulai kuliah sampai lulus yang diomongin itu lagi itu lagi terus kalau ke pameran format dan pameran yang gitu-gitu lagi, ketemu sama orang yang itu-itu juga jadi, anjir ini teh kita ga kemana-mana ya, bahkan sampe sekarang gua ngerasa ya gitu, terus ngobrol ama Tanto menarik nih, pendekatannya site specific, on site terus melibatkan warga, pendekatan yang partisipatif lah ya. Jadi, bikin karyanya tuh bentuknya peristiwa bukan jadi material, terus ga dipamerin di galeri, jadi ya terjadi pada saat itu aja.
Dan gue kebetulan waktu kuliah kan tertarik sama gagasan conceptual art lah ya, tahun 90-an, ide conceptual art relatif menantang terutama anak-anak seni rupa ITB yang pendekatannya sangat formalis, jadi seni itu ya udah, seni itu patung lukis keramik apa itu. Belajarnya abstrak ekspresionis, nah conceptual art ini jadi alternatif karena ga diomongin di kelas, jadi wacana kalo di tongkrongan malem-malem lah. Nah menurut gue.. Kamerun ya kalau ga salah tuh, itu apa namanya, jadi alternatif yang menarik, yaudah kita bikin. Ada di situ, mulai tuh, “kita coba explore yuk, ini wacana media baru. Gimana lo kan di Belanda, gue di sini, email-email an aja”, akhirnya bikin mailing list sendiri. Nah dari situ tuh mulai muncul. Pokoknya periode 1999–2000 sampai akhirnya tahun 2000 ketika mereka pulang kebetulan ada Bandung Art Event akhirnya kita bersepakat tanggal 25 Desember 2000, gue inget banget karena waktu itu sambil ngerayain Natal.
Kita ngumpul, kebetulan Reina punya rumah di Jalan Kyai Gede, kosong, jadi dia tinggal sendiri, akhirnya kita jadiin basecamp. Jadi kalau misalnya lagi pada ngumpul di Bandung kita ngumpul di tempat Reina, kalau pada engga komunikasi di mailing list aja, tapi itu niat banget ya, seminggu sekali pasti kita nongkrong di warnet hanya untuk rapat pake Yahoo Messenger, karena waktu itu belum audio kan masih text based. Jadi chatting aja. Tukeran foto “ada karya ini nih” tukeran link. Kalau video gua simpen link-nya, gua download tinggalin 24 jam di warnet, besoknya gua balik lagi, jadi.
Dulu mah kalau mau download gitu. Tinggal ke operator warnet, “wanjing karyanya gini”, waktu itu kan karya-karya site specific dan participatory proyek itu banyak, artefaknya dalam foto dan video kan, ga ada tuh materialnya. Dari situ kita mulai, mulai coba-coba. Pas Sutanto lagi di Rijk, kita bikin pameran web art. Mungkin yang pertama ya yang kita bikin. Gue ga tau di Indonesia udah ada apa ga, cuman setau gue… itu tahun berapa ya, gue lupa lagi 2000 atau 1999, judul pemerannya Multiplicity.
Dengan ide, ya itu, peserta pamerannya, lokasinya beda-beda, idenya macem-macem. Pendekatannya… si Tanto tuh bikin karya pake Flash. Waktu itu masih bisa tuh pake Flash. Gua waktu itu bikin blog directory isinya website porno. Demir, kayaknya Flash juga ya, yang bikin pengantar kuratorialnya waktu itu si Embi, yang pameran gue, Tanto, Demir, sama… ada empat orang deh.. Yang nge-review.. Satu majalah Gatra. Lo coba cari ada jurnalis Gatra namanya Mamang Gantra, dia tuh yang artikel pameran kita, malah saking semangat nya dia sama pameran itu dia ngasih page di majalah Gatra, ⅔ page isinya cuman alamat website itu doang. Ga dibahas. Dia bikin artikel cuman cara dia ngundang orang untuk masuk ke ruang pameran kita ya pasang link aja, di halaman kosong. Trus ada link multiplicity dot org atau apa itu.
Sayangnya ga diurus sama kita, ilang aja. Tapi ya, Tanto tuh yang paling rajin bikin arsip dan dokumentasi, kalo lo tanya-tanya Tanto, mungkin ada ya arsipnya. Trus kita bikin percobaan proyek partisipasi publik, idenya mengapropriasi lukisannya Renoir yang judulnya Luncheon on the Grass tapi diganti, si yang ikutan kalau di lukisannya Renoir kan borjuis ya, abis itu botram. Kalau kita kan nyebutnya botram itu piknik lah, makan siang di taman. Tapi yang kita undang warga kota Bandung. Idenya ya gitu aja, ngundang orang secara random gitu, orang yang kita temuin dalam kehidupan sehari-hari trus kita undang makan siang, piknik di.. waktu itu di Babakan Siliwangi, di situ waktu itu lagi kasus.
Kita melihat kan kalau di media art ada macem-macem dimensi, bukan hanya estetik tapi kita kayak meraba praktek-praktek atau gagasan-gagasan ideologi tertentu, ada aktivismenya ada apa… kita pikir, wah ini Babakan Siliwangi ini sebetulnya, wilayah konflik karena ada banyak kepentingan di situ, salah satu strategi kita untuk menarik perhatian publik ya bikin peristiwa di situ, kita rekam, doumentasiin, terus arsip-arsipnya kita pamerin di Popo Iskandar waktu itu. Kuratornya Bambang Subarnas.
Kalau ga salah judul pamerannya Modus dan Media, atau apalah gitu, tahun 2000 atau 2001 kalau ga salah, gue lupa juga, jadi kita bikin.. Kita rekreasi ulang suasana di taman gitu ya, karena waktu itu kita bikin tenda dari terpal terus.. Tapi yang di tampilkan di galeri hanya tendanya sama arsip dokumentasinya. Kita bikin slide, ada manuskrip rekaman hasil diskusi sama warga. Intinya itu cerita ada pegawai tukang roti Sumber Hidangan terus ada satpam keamanan di Jalan Kyai Gede. Ada pembantu rumah tangga. Warga Sekeloa, pokoknya random aja gitu kita undang, kita ngomongin sehari-hari.
“Wah ternyata edan pisan ini” ceritanya. “Anjing di Sekeloa ternyata edan gini” pokoknya menarik lah gitu. Itu bikin partisipasi publik, terus bikin web art. Terus dari situ tahun kita 2004 diundang tuh untuk ikutan pameran di International Symposium for Electronic Art di Helsinki. Diundang residensi bikin re-partisipasi publik, kita ngulang lagi tuh, piknik lagi, botram lagi, sebetulnya mah seneng nongkrong si, botram di… sebenernya sekitar 1 atau 2 bulan kita tinggal di Helsinki, untuk interaksi sama warga, terus kita dapet temen, ketemu ini, ketemu ini.
Terus kita ulang lagi, secara random aja orang kita ajak piknik, terus ngobrol terus ya ngomongin banyak hal, cuman kalau di Helsinki kan ga semua orang kebuka ya, jadi mereka waktu itu agak keberatan tuh, dateng bakal direkam, bakal dibikinin transkripsinya, bakal dipamerin, sebagian oke, sebagian gue ga mau ya gue ikutan botram aja, hasilnya tuh dipamerin di Universitas Seni dan Desain Helsinki atau apa itu. Katalognya ada di bawah si. Itu 2004. Dari situ ketemu tuh sama banyak seniman-seniman new media. Salah satunya ketemu sama Shuddhabrata Sengupta, Sarai Media Initiative, anak-anak Raqs Media Collective, kita ketemu sama mereka, terus temenan dari situ.
2004, 2005 karena waktu itu kita kan di-support sama Asia-Europe Foundation pas ke Helsinki, “Gustaff nih kayaknya di Asia, di Indonesia baru lo doang yang ngomongin New Media lo mau ga jadi tuan rumah 3rd Asia-Europe Art Camp? Ngapain tuh? Ya ngumpulin seniman sama mahasiswa seni dari Eropa dan Asia ngomongin tentang perkembangan seni khususnya seni media yang lagi berkembang gitu. Boleh, boleh,” akhirnya kita tahun 2005 jadi tuan rumah. Ngundang Sarai, ngundang Virtual Platform dari Belanda, ya ini lah, beberapa kurator, peneliti, mahasiswa yang waktu itu ada yang dari Thailand, ada yang dari Singapura, ada yang dari Malaysia, ngumpul di sini seminggu.
Ngomongin macem-macem. Dokumentasinya ada deh kalo ga salah di bawah. Nah terus ya udah dari situ kita mulai kecemplung beneran. Yang tadinya iseng karena bosen, masa gue lulus dari sekolah seni cuman dari pematung, pelukis doang gitu. Anjir itu hampir sebagian besar proyek kita online si, karena waktu itu kan, satu-satunya cara untuk bisa mendapatkan ruang diseminasi dana apresiasi karya-karya media baru ya lewat internet dan waktu itu kan internetnya baru untuk semua orang. Ya ga baru-baru amat si. Di indonesia kan ada tahun 1995. Tapi sebagai ruang diseminasi karya seni itu ga banyak. Waktu itu karena emang obstacle nya lumayan ya, karena lo harus punya koneksi internet dan yang punya koneksi kan orang kaya ya, gua aja cuman bisa akses internet di warnet. Yang punya modem internet itu ya yang punya duit, langganan.
Udah tuh bikin pameran, workshop, diskusi, sampai akhirnya tahun 2000, ya terus Tanto pulang. Reza berhenti kerja di Jakarta, jadi arsitek full time di Bandung. Reina ga jadi nerusin sekolah. Pulang juga ke Bandung. Nah tahun 2001-2002 eh 2004 si sebetulnya. Makin intens, jadi sepulang kita dari Helsinki itu, ketemu banyak orang, segala macem, jadi makin intensif, dan waktu itu yang kerasa emang detach ya, kita lebih banyak aktif di forum-forum di luar negeri, karena wacana dan prakteknya berkembang di kita ga ada si. Kalaupun ikutan pameran biasanya hanya jadi sempalan aja, selebihnya si masih karya-karya yang, relatif konvensional.
2005 jadi tuan rumah Asia-Europe Foundation, 2006 kita diundang ke Futuresonic, di Manchester. Bikin proyek lagi di sana. Mengulang modus yang sama, tapi waktu itu kita bikin media lab di atas.. Itu apa ya, jadi itu kayak perahu tapi hanya dibuat untuk berlayar di dalam kanal. Jadi kalau di kota-kota tua di inggris, London, Manchester, itu kan ada kanal transportasi air ya, nah itu itu ada barge, itu bikin media lab di situ, bareng seniman Brazil, idenya waktu itu bikin peta bebunyian yang terdistribusi lewat jaringan internet jadi kita kerja sampe itu ada.. Aduh gue lupa lagi seniman dari… Brazil tuh Ronal.. Ronaldo siapa, Ronaldo Ruiz atau siapa gitu. Dia hacker jadi sepanjang jalan itu waktu itu teknologi wireless masih baru banget.
Nah di Brazil tuh ada budaya hacking karena pertama internet mahal terus teknologi wireless membantu mereka untuk mengakses internet secara gratis, karena mereka bisa nge-hack, di Manchester itu: Ricardo Ruiz, gue, trus Drew Hemment. sama ama siapa itu berempat, ada satu seniman Manchester, Brazil, Indonesia kita bikin media lab, pake barge, tongkang atau apalah. Ini namanya barge. Sepanjang jalan itu scanning jaringan, kalau ada yang borong dia masuk terus kita ngerekam terus disiarin, real time terus abis itu, dipamerin atau ga ya… jadi idenya tuh waktu itu mereka nyebutnya sebagai locative media, peta berdasarkan bebunyian yang ada di kota.
Jadi sambil menulis di kanal, nge-hack jaringan, ngerekam bebunyian terus di streaming real time sambil ngobrol tentang.. Manchester itu kota industri yang sedang berubah jadi kota post-industri jadi pabrik itu.. Jadi pasca-Perang Dunia II, jadi kota industri, lalu perkembangannya sektor produksi pindah ke India sama Cina, jadi pabrik di Manchester banyak yang bangkrut, terus, perubahan, berubah fungsi, ada isu regenerasi lah apa lah, nah kita ngomongin itu sama warga, sambil direkam, disiarin real time. Waktu itu Google Map itu masih baru banget. Google Maps, last.fm. 2006 itu new big thing.
Kita ngerjain proyek itu tuh sambil iseng-iseng juga si sebetulnya, pokoknya sepanjang yang gue inget, sepanjang kanal, kita sebetulnya mabok ya, ya si Ruiz bawa.. Ada yang bawa wine, ganja, pokoknya mah edan lah. Tapi ya… mereka seneng banget karena ”anjir ini seni new media dari negara dunia ketiga gini euy”. Waktu itu pemerannya sama last.fm, sama Google Earth.. Sama apa, Google Earth masih prototype, jadi idenya itu, peta, kota itu petanya tidak hanya geografi, tapi juga peta bunyian. Kalau di kanal itu kerasa tuh dari pusat kota sampai ke pinggir, density-nya beda.
2006, nah di saat bersamaan, gua ke ke helsinki, Tanto sama Reza sama Reina nerusin pameran di ITB kebetulan waktu itu kita diundang di acaranya ada jurusan, Malang jurusan arsitek yang ngudang pameran, jadi menurut kita proyek kita itu justru relevan untuk diskursus temen-temen arsitek, bukan.. malah kita jarang banget diajakin diskusi sama temen-temen seni, waktu itu diundangnya di acara, urban, urban apa ya, lupa lagi ya, pokoknya judul pamerannya teh Heterotopia, kita nampilin karya-karya video, dan instalasi video yang cerita tentang berbagai situasi kota di macem-macem belahan dunia lah. Karena waktu itu kita tertarik banget sama isu-isu urbanism kan.
2006, disitu tuh, itu peta itu juga salah satu (menunjuk peta di ruangan).. 2006 itu kita bikin proyek namanya urban kartografi, idenya sama tentang pemetaan tapi kalau yang di Manchester itu locative media basisnya bunyi-bunyian, kalau yang di Bandung itu basisnya cerita jadi orang nempelin post-it, nih di sini ada ini di sini ada ini.. Sampai bandar narkoba juga ada tuh. Jadi tagging idenya. Ya sekarang kan udah biasa ya, dulu tuh apa.. Ya seru juga gitu-gituan. Itu Demus tuh yang bikin, almarhum. Yang ujung anak 437 trus di-overlay sama peta Belanda, intinya peta kota tuh dari waktu ke waktu bukan hanya geografis yang berubah tapi narasinya berubah, jadi sebetulnya kita tuh membayangkan kota kue lapis, idenya kan ada lapisan narasi gitu, itu lapisan yang paling barunya yang itu tuh. Yang paling ujung. Ya udah. Gitu aja proyek-proyeknya.
Nah, 25 Desember 2000 itu resminya Bandung Centre for New Media, kita gerasa, eh kita nih ngumpul-ngumpul tapi ga jelas juga ya ngapain, kayaknya Tanto tuh yang usulin, “kayaknya bagus juga bikin lembaga khusus buat eksplorasi seni multidisiplin.” Akhirnya, Tanto ngusulin, udah aja namanya Bandung Centre for New Media. Karena Tanto seneng sama sesuatu yang sifatnya formal, jadi harus ada lembanganya, dia yang bikinin logo, pokoknya identitasnya dia, gue yang bagian tim tempur, gue lebih seneng ngerjain ide-ide itu jadi nyata gitu, jadi mereka ngomong proyek-proyek, kegiatan, gue yang bikin, bareng-bareng lah, waktu itu satu-satunya yang ngerti urusan website dan jaringan internet cuman Tanto, jadi urusan internet dia, urusan..
Karena gue anak patung dan kebetulan gue aktif di organisasi, gue lebih fokus di urusan organizing kegiatan-kegiatan, ngedeketin masyarakat, segala macem. Si Reza lebih banyak urusan ide-ide gitu, karena dia sangat tertarik sama teori-teori arsitektur, karena dia sangat tertarik ide postmodern, Reina, paling rapih, tertib, jadi segala urusan, detil-detil dia yang ngerjain, udah berempat aja itu sampai 2006, kegiatannya makin banyak terus kita mulai dapet partner di luar negeri, ada tuntutan untuk dorong ini jadi lembaga yang punya lembaga hukum, karena kita mulai nerima dana dari Asia-Europe Foundation, dari Japan Foundation dari beberapa lembaga lah, akhirnya jadi lembaga non-profit tahun 2006 tuh.
Pelan-pelan berubah dari Bandung Centre ke Common Room karena waktu itu, inget kan ide web 2.0 yah, jadi sekitar-sekitar tahun segitu kan muncul Friendster, Multiply trus ada konsep blog. Konsep web 2.0 yang tadinya, apa, kalau misalnya mau dari deliver konten ke website itu lo harus punya pengetahuan programming minimal html atau apa gitu, pake web 2.0 itu lo udah ga perlu, udah ada CMS atau segala macem, jadi orang bisa dengan mudah produksi edit sampai menyebarkan konten digital sampai cara masing-masing gitu.
Waktu itu ranah yang offline dan online makin ketemu kalau sebelumnya, online ya online, offline ya offline, nah pas 2.0 mulai ketemu tuh. Nah kita mulai ngelihat. Tahun 2005–2006 tuh, “ini kayaknya Bandung Centre for New Media harus mikirin, ngembangin ruang fisik gitu” jadi kita coba ngembangin strategi integrasi antara yang online dan offline. Dicoba di 2004 itu kita bikin tempat kebetulan rumahnya Reina kosong, dia tinggal sendiri “yaudah di sini aja boleh ga?” bikin galeri apa segala macem gitu. Yaudah dicoba tuh tahun 2004, kita waktu itu dibukanya dengan pameran… waktu itu kan peristiwa perang Iran-Irak eh ada perang… Irak yah Saddam Hussein 2004 kan, yaudah waktu itu Amerika bikin nyerang Irak atau apa ya, trus strategi perangnya shock and wave, nah strategi perang itu kita jadiin judul pameran, pemerannya Shock and Wave.
Sebagai momen untuk membuka tempat baru yang kita kembangin waktu itu, kita kolaborasi sama Tobucil, sama beberapa temen lah, kebetulan Tobucil kontrakannya udah mau abis, dan mau cari tempat, kebetulan. Kalo Tobucil kan aktif di media literasi ya, kita sama-sama punya minat yang sefrekuensi lah waktu itu, yaudah 2004 kita bikin, diresmiiin, belum ada namanya tuh. Tempatnya ga ada namanya, jadi ada Tobucil, ada Ruang Galeri Kecil, ada perpustakaan, sama tempat ngobrol lah. Waktu itu yang pameran Pak Tisna, Agung Leak, Isa Perkasa, ya beberapa orang lah, banyak skip-nya nih bener. Kalau ga ngomongin kesenian ya mabok euy, yaudah dari 2004, 2005, kita jadi, jadi begitu pulang dari Helsinki kita ngebuka tempat itu, bikin pameran, terus jadi tuan rumah Asia-Europe Art, diundang ke Futuresonic.
Kita juga bingung sendiri si waktu itu “ini kita sering banget diundang, tapi ga ada yang ngomongin di Indonesia karena, anjir itu dunia lain gitu” waktu itu mah Futuresonic, terus diundang ke apa namanya, pameran new media di Auckland sebagai bagian dari persiapan ISEA di California. Jadi kita sering diundang, sering terlibat tapi.. Sibuknya lewat internet jadi engga ada engagement, hampir ga ada engagement tuh sama art scene di Bandung, karena waktu itu Bandung ya gitu aja, pameran-pameran. Ya itu, yang diomongin itu lagi, karyanya itu juga, yang dateng juga, ya sampai sekarang, ya kayak gitu juga gitu ya. Yaudah kita kaya yang asik sendiri aja.
Cuman yang kental karena waktu itu kita berinteraksi dan berkolaborasi sama Tobucil dan sama macem-macem komunitas, ada komunitas musik ujung berung lah, rumah cemara lah, terus, distro-distro, band-band. Aktivis-aktivis, jadi itu tuh bener-bener kayak melting-pot, sampai akhirnya tahun 2006, Reina ngusulin karena kita harus bikin lembaga, berbadan hukum, terus lembaga berbadan hukumnya harus punya nama, terus ga boleh Bahasa Inggris di akta, anjir, terus waktu itu awalnya Common Room, ga boleh, Bandung Centre ga boleh, apa dong masa pake bahasa indonesia, ga keren, akhirnya.. idenya kan mengembangkan ruang kolektif, akhirnya jadi Yayasan Mitra Ruang Kolektif, Bahasa Inggrisnya disebut Common Room Network Foundation. Ya sampai sekarang di akta itu orang kan banyak yang salah tanggap ya, Common Room itu komunitas, sebetulnya sejak awal itu kesadarannya bikin lembaga. Tanto kesadaran bikin Bandung Centre for New Media ada institusi, terus lembaga berbadan hukum, jadi Common Room.
Cuman kita emang jarang banget mengkomunikasikan itu, karena pilihan strateginya itu, waktu itu wacana yang berkembang diantara kita, kita mengenal istilah ruang ketiga, third space, perpaduan antara yang formal dan informal, antara lembaga dan komunitas, menurut kita itu pendekatan yang paling pas untuk menjalankan kegiatan-kegiatan seperti itu, di Indonesia khususnya di kota Bandung, bahkan, bisa dibilang kita jarang banget pake istilah seni, karena menurut kita ketika ada kegiatan dikasih judul seni itu langsung tercipta jarak tuh. Antara seniman, peristiwa dan publiknya, karena seni itu ya kegiatan yang sifatnya akademis, elitis, dan sebagainya, sementara kita kan pengennya… apa, membaur sama khalayak.
Kita bikin proyek dan pameran waktu itu ya seperti 6 frames project, tapi ya proyek aja, mau yang ikut seniman atau bukan seniman, kita ga peduli. Cuman kita ngerasa kok peristiwa pameran itu sebagai sebuah perayaan, sekaligus ruang interaksi gitu, supaya orang ketemu, ngobrol dan sebagainya. Yaudah, sampai tahun berapa ya kita bikin waktu itu fasilitas di Bandung itu, Bandung Creative City Forum, sekitar tahun 2007 atau 2008 itu mulai muncul tuh, wacana tentang ekonomi kreatif, terus, kebetulan banyak orang ngeliat Common Room sebagai satu-satunya lembaga yang menampung macem-macem, potensi kreativitas karena waktu itu kita juga banyak bikin penelitian ya, sepulang dari Helsinki kita ngerilis artikel penelitian soal kebijakan pengembangan media baru di indonesia. Kalau ga salah dirilis di buku apresiasi seni media baru yang dirilis sama kemendikbud tuh.
Itu bisa dilihat tuh sejarah seni internet versi kita lah, dan kita ngelihat pelopor-pelopornya justru muncul dari orang-orang diluar skena seni ya, kayak pak Onno W Purbo, menurut gue seniman new media-nya Indonesia tuh Onno Purbo, karena dia yang eksplor jaringan internet wireless yang pertama. Bahkan belakangan kita baru nyadar di abad ke-19 itu ada Gusti Nurul yang menurut kita itu tuh, exactly represent praktik seni media yang mendahului zamannya. Lo bayangin ya, seorang putri dari Solo, diundang menghadiri pernikahan di Belanda, karena dia orang Keraton, tadinya mau ngasih hadiah tarian, tapi karena gamelannya gamelan sakral ga boleh keluar dari Keraton akhirnya dia berangkat, terus idenya apa permainan gamelannya disiarkan pake radio, dia nari secara live di Belanda sambil ngedengerin radio, dan menurut gue, anjing!
Dia di Indonesia itu, di abad segitu kan, terjadi kebangkrutan global, tapi justru secara ekonomi Indonesia berkembang, waktu itu belom Indonesia lah, karena emang bisnis komoditas, itu kita, eh bukan kita ya VOC (Belanda), merajai gitu. Kopi ,teh, kina dan lain sebagainya, jadi orang-orang kaya itu justru ketika dunia bangkrut malah muncul di Hindia Belanda termasuk keluarga-keluarga sultan dan kerajaan-kerajaannya. Solo punya pabrik gula, terus Bandung kopi, dan teh. Saking kayanya berbagai macam teknologi baru itu dibeli, radio, teleskop, jadi observatorium Bosscha, itu tuh tahun-tahun segitu tuh, bikin radio di Puntang lah, di Maribaya, Solo bisa bikin stasiun radio, jadi radio tuh internet zaman sekarang lah ya waktu itu.
Ya kita waktu itu banyak bikin penelitian-penelitian kayak gini, karena waktu itu kita resah juga. Ngomongin new media sebenarnya akar perkembangannya, narasi sejarahnya itu di Indonesia… karena waktu itu kita sempat resah ada sekelompok seniman yang nganggap kita nih antek-antek kapitalisme global yang gak punya akar, sementara kita melihat anjir engga juga ya sebetulnya perkembangannya, meskipun itu bagian dari perkembangan dari narasi kolonialisme di Indonesia ternyata udah ada praktik-praktiknya. Meskipun waktu itu ga disebut sebagai seni media baru, seni digital ala internet, cuman seni yang memanfaatkan teknologi itu ada gitu. Salah satunya ya itu, di abad ke-19 ada Gusti Nurul, tahun 90an ada Pak Onno, malah tahun 90an itu udah ada seniman Bandung yang bikin karya pake karya print, dipamerin di TIM. Ya gitu cikal bakalnya sampe sekarang, nah yang sebetulnya dari situ kita mulai menjalankan praktek tapi ga mau terlalu punya engagement yang kuat sama dunia seni karena itu lagi.
Pada praktiknya si yang membekas dalam praktik-praktik yang kita dalamin sekarang, ketika lo ngomongin tentang seni, teknologi dan kehidupan sehari-hari itu, akhirnya yang tersisa itu ide di mana praktik-praktik artistik ini juga bisa memberikan dampak-dampak tertentu pada kehidupan sehari-hari. Kalau istilah yang banyak dipake kan, apa, proyek-proyek world making kan, kayak, lo mengkonstruksi kenyataan gitu. Lo menciptakan nilai, makna, gitu, tapi gak harus dipamerin di ruang galeri, gak harus disebut sebagai karya seni. Yang penting itu dampak-dampak yang muncul dari poses dan praktik-paktik yang dikembangin, ya ini sampai sekarang jadinya kayak gini. Sekarang kita lebih banyak ngembangin lebih banyak ngembangin internet komunitas, di kampung-kampung dan daerah terpencil, dengan gagasan, praktik seperti ini diperlukan untuk menjembatani situasi kesenjangan digital di Indonesia. Ya terhubung juga sama komunitas dan lembaga di Amerika Latin, di Afrika, ya gitu akhirnya. Pendeknya si ceritanya gitu, hehehehe. Ini.. nah artefak-artefaknya ini, catatan-catatannya paling majalah Trolley. Kita dari awal tuh emang rajin ngedokumentasiin, ini yang paling baru nih, bikin infrastruktur di kampung adat.
Hoppla
Udah berapa tahun itu bang?
Gustaff
Ini 2019 sampai sekarang. Beberapa kali diminta untuk dipamerin, kita bingung, “ngapain di pameran, pameran di galeri itu buat apa” kita… apa, sampai sekarang si nyari format yang cocok tapi selalu ada kendala etis euy, anjir ga enak juga ya, gimana ya, tapi belakang, orang-orang minta ini arsip dan dokumentasinya coba dipamerin sebagai praktek diseminasi pengetahuan bukan karya artistik, kita lagi mikir, formatnya yang bener gimana sih, karena forum-forum atau ruang diseminasi karya-karya kayak gini tuh udah, menurut kita bisa sesederhana posting di IG juga beres gitu. Kalau memang targetnya pengen channeling sama publik, ya ruang diseminasinya udah banyak banget, ga harus lewat galeri, dan ga harus lewat otoritas seorang kurator gitu.
Kita tuh ga percaya sama.. Bukan kita ga percaya ya, sebetulnya ada banyak pilihan lah, salah satunya mungkin bisa dengan cara itu tapi sirkulasi dan distribusi gagasan ide-ide dan praktik-praktik seperti ini bisa lewat ajang-ajang kesenian yang ada entah itu bienal atau apa, tapi bisa juga dengan jangan yang lain. Makanya untuk urusan yang kayak gitu teh, temen-temen di Common Room banyak yang ga peduli, kita lebih peduli.. Yaudah bikin aja dulu. Tapi ya dalam setiap langkah kita pasti kita selalu ngajakin orang-orang dari.. Ya karena itu udah terpatri jadi modus yang yang yang.. Apa ya.. Jadi modus yang.. Hmmmm yang melembaga, gitu, kita tuh pasti kalau misalnya bikin proyek atau aktivitas apapun tuh yang ada di kepala itu komposisi latar belakang orangnya harus macem-macem, kayak sekarang nih ada jaringan internet ada sosiolog, antropolog, jurnalis, seniman, macem-macem gitu. Karena kalau misalnya ketemunya sama seniman lagi anjir itu akan mengulang narasi yang kita benci euy. Yang diomongin seni lagi seni lagi, itu lagi itu lagi, bosen juga.
Hoppla
Bagaimana lo nemuin…?
Gustaff
Sekarang tuh gampang banget, sesederhana lo nge-tweet aja, “ada temen gue yang ngerti soal user interface ga”, tiba-tiba ada yang ngebales, lo ngerjain apa, kerjaan gue, anjing! Keren gini euy, ketemu-ketemu, sekarang gampang pisan, kalau dulu kan susah ya, cari yang referensinya nyambung. Sekarang mah, selalu… itu kayak membuktikan teori ini lho, kan gampangnya tuh tubuh manusia 70% kandungan air ya, air itu kan sebetulnya elemen yang sangat sensitif terhadap gelemboang dan frekuensi. Nah kalau misalnya gelombang dan frekuensi kita nyambung, molekul, partikel dan lain sebagainya, itu tuh either ketemu secara ga sengaja atau sengaja atau lo throwing something di internet atau di mana, itu langsung ketemu.
Gue pikir lo dateng juga bukannya tanpa muatan ya, pasti ada daya tarik tertentu gitu, entah karena narasi entah karena apa gua juga ga tahu, cuman ya intinya si di titik itu terutama ketika ada perkembangan teknologi internet, si teori gaya tarik itu ketemu aja. Lo ga cari, lo ga apa gitu, tiba-tiba, anjir ada. Kita ngomongin ini dan itu tuh hampir mirip seperti saat lo lagi seneng sama musik tertentu atau engga alat musik tertentu, terus tiba-tiba informasi yang lo suka muncul di feed IG lo, Anjing! Gua baru mikirin kok udah keluar! Kan kayak gitu ya. ada .. ya alam tuh kayak punya mekanisme survei sendiri gitu. Kan kalau yang versi ngerinya mesin yang mengamati kita, tapi di sisi lain gue ngelihat, mungkin ada dimensi lainnya kita ga ngerti cuman itu terjadi.
Hoppla
Kalo kaitan sama kaitan teknologi sendiri gimana bang?
Gustaff
Ya akhirnya ternyata seni, teknologi kita ngelihatnya sangat instrumental ya. Jadi seni teknologi itu ya di ujungnya buat kita akhirnya hanya jadi alat, yang terpenting itu justru kemungkinan-kemungkinan dari spekulasi untuk menciptakan interaksi yang baru. Apa, membentuk realitas yang baru, membangun narasi-narasi yang baru kayak ini kan waktu kita belum ngerjain proyek ini tuh ada stereotype, masyarakat adat itu terasing, terbelakang, ga terlalu sama pemanfaatan teknologi dan lain sebagainya tapi pada saat kita bikin proyek internet komunitas di Ciptagelar, yang jadi motor utamanya justru pimpinan adatnya. Lo dateng..
Gue pertama dateng aja ketemu sama Abah Ugi, anjir ini, di tengah hutan gitu ya terus dia kan jadi pemimpin adat dalam umur yang sangat muda ya. Pas gua dateng ke sana lagi ngoprek hmmm laser cutting sama router CNC gitu, “bah lagi bikin apa” eh lagi bikin TV waktu itu, eh engga udah 2004 waktu itu Abah Ugi udah bikin TV, udah bikin TV komunitas, dia waktu masih SMK udah ngurusin radio komunitas. Jadi pas gue dateng itu Abah Ugi lagi ngoprek teknologi laser cutting. Idenya ternyata di DVD player itu ada mata laser. Terus nih kalau dimodifikasi dayanya bertambah, dia bisa.. Dan bener kejadian. Berhasil tuh bikin laser cutting.
Pas gua dateng lagi ke sana Abah Uginya lagi bikin router dari komponen printer Epson LX800 tuh yang ngek-ngek-ngek itu ternyata bisa dikontrol, bisa diprogram. Waktu itu kita ga sengaja juga dateng ke Ciptagelar, 2013 itu karena Common Room dilihat sebagai lembaga yang aktif mempromosikan dan aktif dalam wacana di bidang ekonomi kreatif, kita diminta tuh sama beberapa lembaga, sama Kementerian Pariwisata, ama Kementerian Kreatif, ngembangin program di Taman Budaya, di beberapa daerah di Indonesia, sama Pemprov Jabar diminta untuk ikut penelitian untuk ngembangin kebijakan. Ecotourism dan ekonomi kreatif, waktu diajakin sama pemprov sih gak sengaja dateng ke Ciptagelar, ketemu sama Abah Ugi. Terus mindset-nya kan waktu itu “kita orang kota dateng ke desa..” taunya kebalik malah kita yang belajar banyak ke sana.
Terus 2014 gitu Abah Ugi, bilang, nih Abah mau bikin internet sendiri, warga Abah butuh, bisa bantuin ga? Kita kan waktu itu gak tahu apa-apa soal infrastruktur ya, nah itu tadi.. Ada intensi gitu ya ada kesadaran yang terus ketemu aja tuh, tiba-tiba gue yang.. Awal-awal 2006-2007 itu bikin tulisan tentang pak Onno ya, tapi gue ga pernah ketemu langsung orangnya, paling email-emailan, karena proyek langsung Pak Onno, ketemu sama ICT Watch ketemu sama orang jaringan internet, sama aktivis Internet. 2006 kita sama-sama ke Ciptagelar.
Terus akhirnya 2008 eh 2016, jadi 2013 pertama ke Ciptagelar, 2014 Abah minta bantu buat bikinin jaringan internet di sana. 2016 kita mulai coba eksplorasi, waktu itu Pak Onno mulai cobain OpenBTS tapi ternyata anjir kemahalan euy. Teknologinya masih terlalu susah, akhirnya Pak Onno udah pake radio aja, akhirnya 2016 berhasil tuh ngirim internet pake RadioLink. 2019 kita perluas yang tadinya mulai di satu dusun sekarang udah 37 dusun, terkoneksi jaringan internet di sana. Warga yang ngebangun, jadi kita cuman bantuin kegiatan pelatihan di awal-awal gitu ya gimana caranya ngebangun tower, cara ngeset RadioLink, gimana caranya ngatur router dan lain sebagainya, pelan-pelan mereka bisa.
Itu membuktikan bahwa masyarakat adat juga punya kemampuan belajar yang sama ama kita gitu. Akhirnya dari situ kita mulai ngembangi proyek yang sama di 8 kampung di 8 provinsi sekarang. Ada di kampung Adat Air di Kalimantan Barat, ada di kampung Desa Tembok di Bali Utara, itu satu-satunya di Bali yang masih punya blank spot, ada yang Polewali Mandar di Papua, di mana-mana keliling aja kita tuh sekarang, ngelatih-ngelatih orang. Sambil belajar juga, pengen ngeliat, ini orang kalau di Ketemanggungan Tae di Kabupaten Sanggau kalo diajarin buat bikin jaringan internet ama mereka dipake apaan sih. Ya gitu ampe sekarang.
Hoppla
Berapa Titik tadi? 8? 30?
Gustaff
Pulo Aceh di kabupaten Aceh Besar, Tae Kalimantan Barat, Polewali Mandar di Sulawesi Barat, Desa Hitumessing di Maluku Tengah, Sentani di Jayapura. Desa Mata Redi di Sumba Tengah, Sukadana di Lombok Utara, Desa Tembok di Bali Utara, Ciptagelar sama Kecamatan Ciracap, 10 titik, tapi 9 provinsi ya. Dan proyek kita tuh dalam konteks yang lain itu akhirnya itu dijadiin contoh tuh bagaimana infrastruktur internet yang tadinya itu jadi proyekannya ISP dan operator Telkom ternyata eh bisa nih warga bangun sendiri gitu. Cuman kan di kita tuh ga ada regulasi yang secara afirmatif memungkinkan komunitas untuk setting.
Akhirnya karena proyek ini kita terlibat dalam advokasi kebijakan juga, pelatihan juga, coba negosiasi ke pemerintahan juga. Masuk ke forum-forum soal tata kelola Internet kemaren kita diundang ke Ethiopia untuk cerita pengalaman negmbangin jaringan internet komunitas di Indonesia. Itu kan, ruang-ruang diskusinya tuh udah banyak banget, engga harus di.. Bayangin, yang begini diomongin diomongin di ruang kesenian kan, akhirnya hanya jadi wacana estetik ya. Akhirnya pilihan kita engga masuk ke ranah itu. Kita masuknya ke advokasi, ke empowerment, ya bobot aktivismenya lebih kental meskipun sebetulnya kita sambil main-main juga gitu. Senengnya kita mah main, nyoba, bikin percobaan-percobaan yang ga jelas tapi tetep gue ama temen-temen ngeanggap ini tuh ya kesenian.
Hoppla
Emang dari awal ya…
Gustaff
Karena, kenapa kita sebut kesenian tuh karena, ini praktik yang sifatnya spekulatif gitu, dan ga bisnis. Kalau buat bisnis mah ya beda lagi ya, ini mah ya bisa berhasil bisa gagal, bisa seru bisa engga, bisa kadang-kadang membahayakan, malah bisa membahayakan, kita beberapa kali, mobil kejeblos ke jurang lah, di lapangan temen-temen terinfeksi Covid lah, dipikir-pikir, apa lagi kalau bukan disebut kesenian kalo misalnya perilaku-perilaku yang bodor dan beresiko itu itu dilakukan dengan hati senang dan ga ada beban, ada yang ongkosin lagi, kan kita seneng.
Hoppla
Tapi gua baru tau si, emang dari awal, praktik, apa, ya Common Room deket banget sama internet…
Gustaff
Internet si.. Ya bayangin ya ngapain juga ya, kita bikin mailing, itu anggota mailing list cuman berempat! Cuman gue, Tanto, Reina sama Reza. kan mailing list kan harusnya banyak ini cuman berempat aja, anjir kita tuh seneng banget ya, ni ada karya ini nih. Pikir-pikir ngapain juga kalo sekarang ni, ajaib gitu,rapat pake messenger, tapi waktu itu bisa tembus ke Gatra gue heran ya. Terus ga jadi rame juga, gua bikin directory website porno, anjir banyak pisan euy, karena di awal-awal… ketika internet mulai dipake itu kan ga ada censorship ya, jadi gue exposing peluang itu justru. Anjing nih banyak pisan nih, dari yang website porno yang soft porn sampe yang extreme tuh ada, si itu.. Dan lu bebas banget, mau download apa aja. Lo download musik, mau download, film, konten porno, anjing itu era paling.. Tahun 2000 ya 99 sampe 2000 tuh era yang paling bebas dalam dunia internet di Indonesia kayaknya itu. Tapi ga rame! Ga kayak sekarang, sekarang mah, anjir, yang ga jelas aja bisa jadi…bisa jadi persoalan, waktu itu gue santai-santai aja bikin blog porno anjir! Hahahah.
Hoppla
Di karya lo itu ga ada Flash atau GIF?
Gustaff
Engga, gue itu waktu itu ilmunya paling cetek, gue kebetulan waktu itu niat banget. Si Tanto udah jago banget urusan jaringan internet segala macam ngoprek Flash. Gua tuh masih levelnya GIF. terus gue cuman ngerti dikit HTML CSS sama image processing dan bikin animasi GIF keren waktu itu, anjing untuk mengejar ketertinggalan, gue ikut kursus. Kursus internet waktu itu. Web desain. Karena waktu itu satu-satunya cara untuk bisa ikut terlibat dalam proses produksi konten digital lo harus nguasain pengetahuannya.
Sekarang si anjing lo tinggal download aplikasi beres euy, bikin konten Tiktok tuh ga perlu ngerti backend aplikasinya kayak gimana yaudah lo bikin aja, kalau dulu kan lo harus ngerti HTML, harus ngerti ini, ini.. Ya kursus, belajar. Yang punya background urusan internet itu cuman Tanto sama Reina, itupun Tanto emang senang ngoprek internet, kalo Reina kerja di perusahaan ISP. Dia rada-rada ngerti lah. Terus cuman rumahnya Reina tuh yang punya modem. Kita mau akses internet itu musti pake modem yang tiiiiingggg bunyi dulu tuh baru ada internet. Selebihnya ya warnet aja. Warnet tuh revolusi internetnya indonesia tuh. Itu gara-gara pak Onno.
Hoppla
Yang Exotic Erotica itu GIF?
Gustaff
Exotic Erotica iya, itu kan animasi GIF dan web link. Jadi gue kumpulin semua image-image dari website itu, gue jadiin animasi, gua compile terus gue delete-in tuh semua, image yang ini link-nya ini, jadi orang bisa….ANJINGGG masuk ke…website sadomasokis! hahahahha. Dan gue tuh apa gue ga tau kenapa ya gue seneng banget ngerjain orang pake konten pornografi, gue pernah diundang ke pameran di Galeri Cipta itu, galeri punya Pemerintah Provinsi Jawa Barat, itu gue cuman cutting satu gambar vagina gua tempel. Gue kasih frame yang bagus, gue kasih judul Mother gitu, anjing itu pegawai Disbudpar shock gitu, gue..
Karena gue tahu konten pornografi shocking buat orang Indonesia, dan gue menikmati keterkejutan itu gitu. Bukan aspek erotika dan seksualitasnya, yang gue lihat itu sebetulnya bahwa elu ngapain si kok kaget, kok musti kaget ya men, kayak gini kan, seksualitas itu part of.. kehidupan kita gitu. Tapi kenapa tiba-tiba ketika ketemu sama image-image dan konten yang erotik itu harus jadi heboh dan ampe sekarang masih gitu kita ya, anjir masuk KUHP aja urusan seksualitas diatur sama negara, gua ga ngerti. Tapi ya secara personal gue seneng urusan-uruan yang kayak gitu. Jail-jailin orang lah gitu. Biar ga datar-datar amat.
Hoppla
Waktu di Bandung, yang video festival itu, itu dipresentasikan pake apa?
Gustaff
Apanya?
Hoppla
Karya ini. Gua tau karya ini kan dari kataog ini kan, itu presentasinya pake apa? Monitor?
Gustaff
Kayaknya karya Exotic Erotica ga pernah dipamerin ya, itu pure hanya dipamerkan secara online
Hoppla
Berarti ngasih linknya aja?
Gustaff
Hooh..Ya itu, jadi multiplicity dot org dipasang di majalah Gatra, nah ketika orang klik halaman itu ada link-link ke karyanya Tanto, karya gue, ke karya siapa…siapa, gitu. Ada empat orang, Ferli, Demir, Gue, Tanto yang pameran itu, pengantarnya yang bikin Endi. Ferli juga bikin karya. Ferli, Demir sama Tanto pake Flash karena Flash kayak paling canggih lah, lo kalo udah bisa bikin animasi pake Flash itu, ajnir, edan lah. Gue yang paling brutal. Cuman animasi GIF, direct ke tautan website porno.
Hoppla
Jadi bagian jadi proyek itu ya?
Gustaff
Dipamerinnya di Multiplicity…Itu tuh awal-awal banget lah. Setelah itu ya makin kesini makin ga jelas sebetulnya, ngapain juga ya.
Hoppla
Engga ada lagi di Bandung, selain kalian waktu itu? Yang interest sama…
Gustaff
Di periode itu?
Hoppla
Hooh
Gustaff
Ga ada ya kayaknya, kita tuh ga ada temen euy. Terus agak sinis ya. Beberapa seniman ke.. Sebetulnya bukan sinis tapi ga ngerti: “lo tuh ngapain sih” gitu. Karena pameran-pameran dan proyek-proyek yang kita bikin itu gak ada urusannya sama kesenian. Mungkin ya, gue ga ngerti juga sih. Karena pada saat itu kita ga peduli juga, ya asik sendiri aja.
Hoppla
Lifi ada pertanyaan ga
Lifi
Engga ada, udah cukup
Gustaff
Engga seru ya, bukan kesenian soalnya makanya tadi gua disclaimer dulu, ini udah lama banget dan ga ada hubungannya, mungkin ada tapi gua ga ngerti juga
Lifi
Tapi gua tertarik sama Ciptagelar. Pembangunan infrastruktur gitu, gimana strategi ke depan buat pengembangan itu.. lebih berbasis komunitas itu lebih berkelanjutan gitu, kayaknya gue banyak liat data, diagram-diagram ini, cukup strategis sih
Gustaff
Hmmm ya gitu prinsipnya kan kalo misalnya kita mau deploy satu teknologi kan pendekatannya kalo di Indonesia ya pemanfaatan teknologi dalam kehidupan masyarakat keseharian itu pasti ga pasti ya kemungkinan besar kemungkinan besar pendekatannya selalu top down atau ga berdasarkan market interest itu. Terus masyarakat hanya ditempat warga, dalam hal ini hanya ditempatkan posisinya either sebagai user atau konsumen, jadi kita ga pernah tau di belakang teknologi ini ada apa gitu. Nah kalau misalnya dalam praktek kesenian kan kita bangun dari nol jadi kita tahu tuh, cara membangun atau menciptakan karya seni dari nol sampai jadi tuh.
Nah, kalo ngomongin prinsip penciptaan atau konstruksi realitas kan sebetulnya elemen-elemennya kurang lebih sama seperti saat kita menciptakan karya seni kan, pertama kita ngerti konsepnya, kedua paham teknisnya, ketiga kita tahu dimana cara memanfaatkannya kurang lebih gitu lah. Sama di Ciptagelar juga gitu, pertama kita harus yakin dulu bahwa ini yang perlu warga nih gitu, bukan kita nyodorin sesuatu terus mereka pake. Tanpa mereka paham itu barangnya apaan,, jadi pertama yang minta Abah Ugi pimpinan adatnya karena mereka hidup dari kampung yang relatif terpencil, jauh dari mana-mana, sementara akses informasi dan pengetahuan sangat diperlukan, terus yang kedua ya kita ajarin ini kalau mau buka jaringan internet supaya bisa ke kampung itu harus bangun tower harus pasang perangkat ini, ini harus diset. Internet itu prinsipnya harus gimana, termasuk resiko-resikonya.
Nah waktu itu kita secara khusus untuk memvalidasi proses itu bikin pertemuan yang melibatkan, karena pendekatan kita kan multi stakeholder ya, kita melibatkan orang-orang dari latar belakang disiplin yang macem-macem sekitar bulan Mei 2016 kita bikin pertemuan di Gambung, ngundang perwakilan dari Bappenas, dari Kominfo, ICT Watch, Universitas Padjadjaran. Karena kita waktu itu agak sangat hati-hati karena ini kampung adat kita takutnya ketika kita bawa teknologi dia akan membawa perubahan yang malah merusak gitu, makanya kita undang pertama kita denger banyak dari warga ini internet itu buat apa dan lain sebagainya,ketika semua tervalidasi, dari Kominfo ngasih masukan segala macem, pelan-pelan baru kita develop tuh, proyek pengenbangan infrastrukturnya, langkah pertama ngelatih warga supaya tahu caranya ngebangun terus yang kedua bikin pelatihan-pelatihan ya semacam literasi media lah gitu.
Karena waktu itu kita ngeliat oh ini apa ide besarnya tuh bukan ngebangun infrastruktur internetnya, tapi gimana caranya supaya melalui pengembangan infrastruktur internet itu ada akses informasi dan pengetahuan yang reciprocal gitu, saling ngisi, jadi informasi dan pengetahuan dari kampung Ciptagelar bisa diakses oleh publik begitu juga sebaliknya, warga Ciptagelar bisa punya akses terhadap informasi dan pengetahuan yang lebih luas gitu. Kenapa pengetahuan tentang masyarakat Ciptagelar ini penting untuk disebarkan karena menurut kita pertama engga banyak yang tahu tentang eksistensi masyarakat adat secara umum, khususnya Ciptagelar.
Kedua, apa yang terjadi di Ciptagelar itu ternyata masih relevan untuk menjawab tantangan dan kompleksitas global entah itu isu-iu yang terkait perubahan iklim, kemandirian produksi pangan dan lain-lain. Jadi kita liat Ciptagelar jadi contoh ideal, untuk menjawab berbagai macam tantangan dan situasi zaman yang kita alami lah. Jadi kita pengen pengetahuannya.. Makanya bareng sama proses infrastruktur, kita ngedorong literasi media dari produksi konten digital, bikin pelatihan konten video, segala macem, terus mulai membiasakan warga supaya apa mau merekam pengetahuan yang mereka punya, gimana budidaya padi apa segala macam gitu. Karena di internet kan banyak banget ya, karena ya itu tadi, itu apa perspektif konten digital, dalam perspektif warga itu penting karena sementara ini konten yang berada tentang masyarakat itu perspektifnya kebanyakan dari luar ya, dan itu melihat mereka sebagai sosok eksotis, Baduy yang dilihat perempuannya, seksualitasnya.
Ciptagelar yang dilihat apanya, jadi kita lihat wah ini gak berimbang, kalau ada internet mereka terbiasa bikin konten, itu mereka bisa konter tuh konten-konten yang sifatnya banal gitu. Sebetulnya fokus kita ke situ jadi bukan urusan infrastrukturnya, tapi melalui produksi dan distribusi pengetahuan yang dikembangkan oleh masyarakat adat Ciptagelar itu pertama pengetahuan mereka itu bisa lebih tersebar luas, orang bisa belajar, dan melihat relevansi kehidupan masyarakat Ciptagelar dengan berbagai situasi dan tantangan zaman yang ada sekarang, dan di sisi lain, ini kayak mendorong pengakuan secara de facto. Karena kan untuk mendapatkan pengakuan masyarakat adat tuh layering-nya banyak banget ya, paling gampang mendorong pengakuan itu secara de facto gitu, pengetahuannya diproduksi, eksistensi, identitas dan ekspresi kulturalnya disebarluaskan terus orang tahu oh daerah itu tuh ada.. Ini bukan peta kosong nih ternyata, di situ ada masyarakat namanya masyarakat adat Ciptagelar di situ ada budayanya ada tradisinya, ada pengetahuannya.
Sehingga kita ngelihat dalam rentang waktu yang panjang mustinya ini bisa menjadi salah satu alat untuk mendorong pengakuan resmi soal eksistensi dan hak atas wilayah adat gitu. Jadi ya lagi-lagi kalo di Common Room tuh dari awal tuh kita kayak yang selalu dilatih untuk melihat praktik-praktik ini dari sudut pandang yang kalo bisa seluas mungkin, bukan hanya praktiknya, tapi sebetulnya kebermanfaatannya tuh apa dampaknya kayak gimana, karena itu tadi, ini idenya kan ingin mengkonstruksi realitas ya apa pun itu maknanya gitu. Makanya sebisa mungkin ga di-frame hanya di satu wilayah tertentu aja gitu.
Rian
Gue mau nanya, itu kan udah dari 1999 ya, ngulik internet gitu, nah sekarang kan kita masuknya ke web3, katanya gitu, dah masuk.. Kalo dulu kan content based, social media gitu kan, sekarang udah web3 kan walaupun secara definisi ga ada artian yang ajeg, tapi digunakan untuk mendefinisikan apa yang terjadi saat ini, kayak blockchain dan lain-lain. Waktu itu kepikiran ga si internet bakal jadi seperti ini, se liar ini?
Gustaff
Gak juga si, kita udah mulai ngomongin media sosial itu kan sejak tahun 2000an ya jadi 2006 tuh udah orang udah mulai tuh ngomongin media sosial, terus wacana tentang digital currency udah ada. Tapi kalo gue si secara prbadi mungkin gua ga terlalu ambil peduli ya karena disiplinnya tuh, ini kritiknya Pak Bambang Sugiarto sama.. Jadi dulu kita sempet bikin diskusi di Common Room, sekitar 2007–2008 gitu. Sekitar tahun segitu. Ada kritik yang menarik dari dua orang itu, ini nih praktik seni media, internet dan platform digital nih emang harus dilihat secara kritis karena tiba-tiba perhatian orang lebih banyak pada aspek-aspek, sensasi penggunaan teknologinya ketmbang maknanya gitu. Sehingga kita merasa ga perlu untuk mengejar itu. Ga perlu masuk ke ranah itu gitu.
Ya lu mau ngomongin apaan terserah aja, kita mah di sini gitu, kita melihat teknologi sebagai alat, kita percaya pada ide-ide tentang.. apa, dekolonisasi dan konstruksi kenyataan gitu ya. Apa namanya kita ga terlalu peduli sama efek-efek sensasi dari penggunaan teknologi, makanya ini dilihatnya ga kesitu, sebetulnya kan bebas-bebas aja kan. Mau nambang crypto kek, mau jual karya seni ke pasar NFT kek ya marketplace kita ga di situ, segmen kita ga itu gitu. Jadi pengen memastikan aja, mengafirmasi bahwa di realitas yang sudah serba terkoneksi dan terhubung oleh jaringan internet, kenyataan itu banyak dan kita boleh milih. Ga harus masuk ke dalam satu mainstream atau arus tertentu tapi ini ada wilayah ini, ada wiilayah ini.. Ya boleh aja kalo misalnya mau coba-coba bikin galeri di metaverse, mangga silakan, kalo misalnya pengen bikin karya-karya apa yang memanfaatkan teknologi paling baru, web3 atau apapun itu namanya silakan.
Cuma kita belum mendapatkan drive untuk memilih ranah itu gitu. Ini teh yang kita kembangin sekarang ini masih kalo dipikir-pikir ya masih tetep sama seperti waktu si Tanto bikin proyek media lab di Afrika itu. Ini kan sama aja ya. Tiba-tiba bangun infrastruktur internet trus dipake buat bikin konten dan segala macem. Masih yang standar aja tapi ya itu tadi lo bisa bayangin ya, kita bikin latihan buat anak-anak di komunitas masyarakat adat Ketemenggungan Tae kabupaten Sandau Kalimantan gitu ya, kita ngajarin mereka bangun tower, masang RadioLink, ngeset router dan lain sebagainya.
Out of nowhere kita lagi meeting nih, eh tiba-tiba ada WhatsApp masuk, foto-foto, banyak banget! Trus teksnya dikit banget, “bang ini anak-anak SD lagi belajar pake internet” anjing itu magic! magic itu, kita tuh di sini anjinggg! Sensasinya tuh jauh dari apa yang ya kalo di sini kan apa pentingnya lo ngirim foto, ga ada signifikansinya, tapi ketika ada perbedaan konteks dan latar belakang yang spesifik kayak gitu tuh, lo masih bisa merasakan magic itu gitu, ada sensasi itu. Jadi gue ngerasain nya ya mungkin apapun teknologinya yang jadi penting ya sementara ini buat temen-temen di Common Room ya, ketika kita ketemu sama sensasi kecil yang kayak gitu, itu kan kesenangan kecil yang ga pernah kita bayangkan gitu. Karena ya di Bandung mah udah biasa eh, kemewahan untuk mendapatkan akses 24 jam sehari seminggu.
Terus itu tuh magic-nya hampir sama seperti waktu lo berhasil nge-download buku Anarchist Cookbook tahun 1998 itu. Pas dateng ke warnet ke operator nanya bang yang kemaren download udah belom? Udah nih. anjing video porno, mp3 satu folder 3gp ama buku-buku, itu tuh kan anjing dapet konten sebanyak itu teh, ketika lo bisa buka satu-satu anjing ya isinya itu ada excitement yang… mungkin itu yang disebut dengan creative excitement ya, bikin lo.. Merasa seneng aja gitu. Anjing ada buku ini nih, anjing ada video ini nih, anjing lagu-lagu. Ampe sekarang gua masih kebiasaan. Meskipun udah banyak platform untuk mendengarkan musik secara gratis gitu ya, gue masih pake youtube-dl untuk download mp3.
Otomatis aja gitu ketika gue buka YouTube, anjing ada playlist bagus nih, gua download mp3-nya, langsung dapet gitu, meskipun dipikir-pikir, anjing ngapain juga gue ngumpulin data-data digital, cuman menuh-menuhin hard disk. Itu tuh udah jadi kaya kultur gitu udah kebiasaan. Mungkin generasi setelah kita beda lagi ya tapi generasi kita itu kan masih punya fetish itu gitu, pengen memiliki datanya padahal kalo dipikir buat apa juga, cuman ya ini tuh kaya yang otomatis, padahal mah anjing ngapain lo download, ngapain di full-full in. Komputer gue ama hard disk itu dalemnya buku, pdf apa segala macem. Tapi ya itu ada excitement eh, sama seperti berhasil ketika anak di Tae berhasil ngirim foto anjing! Itu tuh anjing, ada.. apa, creative excitement itu apa bahasa indonesianya, keterpukauan? Ya pokoknya itu lah.
Nah yang di Kemendikbud itu kalo ga salah udah diedit. Yang full artikel. Gua pernah bikin artikel judulnya Anti Estetika Bandung atau apa gitu. Tapi itu di satu hard disk… datanya ilang entah kemana… ck, itu tuh gua coba ngerunut narasi secara chronological gitu. Ini praktek-praktek alternatif, dalam perkembangan seni di indonesia tuh, sebetulnya dah muncul, justru sebelum kemerdekaan. Either orang menyebut itu kesenian atau bukan. Prinsipnya kan ga penting gitu, kalo dulu, anjir kesenian dipake alat perang nih, itu beneran dipake buat perang buat agitasi, tapi saat itu orang ga nyebut sebagai alat seni, dibilangnya karya propaganda. Malah yang yang jadi penggeraknya kan seniman-seniman besar ya almarhum Srihadi. Dia seniman poster pergerakan men, anjing! Kanvasnya estetik berat, tapi waktu, kalo bikin karya di jalan mah, brutal!
Jadi ada.. Dan yang di jalan itu kan ya apa ya ga jadi bangunan pengetahuan yang dipelajari, dirayakan itu engga. Jadi pas terlihat yang itu tuh engga dibahas. Jadi kelihatannya publik seni di Indonesia agak hati-hati, bukan publik seni ya publik mah terbuka, tapi institusi seni di indonesia agak hati-hati melihat seniman sebagai sosok yang politikal gitu, entah karena trauma kolektif, stereotip yang diikatkan ke Lekra atau gimana gue nggak ngerti. Jadi seniman sebagai sosok yang politik kan itu kalau bisa ga muncul malah kadang-kadang seniman yang apolitikal yang muncul.
Itu kalo gua ngelihat ya itu efek dari sensasi, ekspresi dari estetiknya aja sebetulnya. Wah ini nih seniman apa disebutnya karya-karya yang merepresentasikan hmmm atau mencerminkan situasi sosial politik di Indonesia, jadi cuman sebagai representasi, bukan sosok yang aktif dalam kerja politik. Waktu itu Srihadi pernah ya dalam satu diskusi, gua masih kuliah, di Soemardja itu gua inget, jadi pas Srihardi ngasih liat tuh poster-poster, brutal-brutal tuh, anjing ya, tapi kenapa ga dibahas, ga jadi pelajaran gitu. Tapi ga tau cuman ya ada keengganan untuk ya gue ga ngerti si. Dan belum nemu formulasi bahasa yang pas juga si untuk mengembangkan itu ya mungkin sekarang masih hati-hati atau ya kalau misalnya seniman terlalu aktif di politik ya dianggap bahaya atau gimana, kan ga tau ya.
Hoppla
Oke bang terima kasih