Co.Une

Narasumber: Co.Une
Waktu Wawancara:
9 Desember 2022
Lokasi: Mooja Cafe, Bandung
Tautan Karya Terkait:
A. Klub Kidul

Co.Une

Gue Co.Une, gue sekarang lagi bikin dunia-dunia dunia virtual kayak Klub Kidul dan ada beberapa museum virtual. Terus bulan Desember ini itu aja sih.

Hoppla

Sejauh ini pekerjaan lo apa? Boleh ceritain?

Co.Une

Apa ya, digital artist karena di dunia digital dan kadang-kadang cuma dilihat orang-orang di dunia digital.

Hoppla

Co.Une nama alias?

Co.Une

Co.Une dari Cooperative One, dunia digital dan dunia nyata jadi satu, jadi harus berkooperasi.

Hoppla

Dari kapan lo main digital?

Co.Une

Dari SMA. Tahun 2009, awalnya dari pertama gua ngeliat kayak komputer itu bisa dipakai buat bikin seni itu dari musik sebenarnya, dari musik elektronik, jadi dulu ada om gue, ini kan rumah nenek, di sini ada komputer tua di dalamnya ada ada Fruity Loops 4 atau berapa gitu. Wah ini bisa buat bikin sesuatu nih di komputer. Terus gue mulai kayak coba coba dirumah komputer bisa bikin manipulasi suara terus waktu itu visual tuh belum terlalu advance soalnya kayak masih mentok di Corel Draw dan 3D masih hi-tech banget. Waktu SMA disuruh kenalan sama orang namanya Angkuy, terus Angkuy ini yang ngepush gua ke dunia ini apa dunia new media art.

Hoppla

Tahun berapa itu?

Co.Une

SMA kelas 3 SMA tahun 2010. Disitu kayak dia (Angkuy) bilang suruh bikin kayak mixtape atau apa gitu kan di burned CD. Janjian hari Jumat di Common Room Lab, tapi hujan gede parah. Gue gak jadi aja deh, gue diem aja terus gue ditelfon dimana lo, hujan nih. Dia bilang “ya udah karya lo diem aja di kamar”. Anjir lah, gue akhirnya hujan-hujanan, naik motor dan bawa CD demo gue ke sana. Gue ngasih itu, itu awal dimana gue keluar dari kamar.

Hoppla

Berarti awal pengenalannya dari musik ya? Dari musik kenapa bisa ke visual?

Co.Une

Iya. Nah itu, trigger nya waktu kuliah. Gue kuliah di seni pertunjukan, di UPJV (Université de Picardie Jules Verne), satu jam dari Paris. Karena suka musik dan visual, tadinya gue mau ngambil film, tapi ternyata di kampus tuh belajar banyak. Di New Media Arts ada programming, masih primitif lah, terus bikin osilator segala macam tapi bisa di visualin. Baru kayak wah ini bisa bikin sesuatu.

Hoppla

Bagaimana awalnya Klub Kidul?

Co.Une

Sebelum pandemi, jadi ada festival Club Matryoshka di Manila. Terus gue diajak ama temen gue, acaranya tuh di game, karena dia tahu gue suka main game. Dia kenal satu orang lagi yang suka main game juga, terus dia ngajakin tuh orang ke Club Matryoshka. Di situ ketemu Ibo di Klub Matryoshka di Minecraft. Akhirnya ngobrol dari musik dan kita melihat Club Matryoshka sesuatu yang “oh bisa nih dibikin kayak gini”, kalau lo ke tempat musik kadang-kadang kecewa sama sound-nya, tapi kalau di rumah sound itu terbaik yang lo punya, lo bener-bener khusyu lo dengerin itu, dan kadang itu gak bisa di-replicate di real life, set nya segala macem. Di Club Matryoshka sebuah experience yang berbeda.

Terus gue dikenalin ke dunia VR, di situ akhirnya kita ngelihat juga ada satu klub virtual di Australia, yang bikin Loner Online yang kita suka datang situ. Nah, terus pas datang situ di situ benar kayak wah ini naik level lagi nih, soalnya kayak lo di dunia virtual tapi lo dateng ke acara terus ketemu orang virtual, tapi lo ada rasa canggungnya ketemu orang padahal ini nggak beneran gitu. Kayak pas ketemu ngobrol itu kayak “halo”, kayak ada vibe-nya, terus komunitasnya segala macamnya, itu dunia virtualnya kayak di bawah tanah gitu, ada kamar mandinya, kalau lo ke kamar mandi ada orang-orang lagi pada ngobrol di kamar mandi. Di depan orang-orang pada ngumpul segala macem. Wah ini sesuatu banget. Gue di situ sama Ibo terinspirasi bikin Klub Kidul. Kenapa kita gak bikin yang based Indonesia? Kan gak ada. Akhirnya, kita bikin lah Klub Kidul.

Hoppla

Apa itu Klub Kidul?

Co.Une

Virtual Club yang kita mewadahi orang-orang yang pengen dapetin experience yang gue ceritain itu, yang kalau ada musiknya bisa di rumah pakai headphone sendiri, pakai sound yang enak ini, terus juga set-set nya juga yang lebih bebas daripada yang di rave party. Juga kan safe space, orang-orang di Loner banyak yang takut buat ke klub, padahal dia suka musik, tapi klub itu menakutkan buat mereka, terus keluar bukan nature mereka. Dan itu banyak banget.

Hoppla

Kenapa namanya Kidul?

Co.Une

Nah itu sebenarnya lagi nyari-nyari nama gitu, terus kayak kita kan ini menuju sesuatu yang apa ya, istilahnya uncharted area, kita belum pernah ke sana, lalu kita tahu di Pantai Selatan ada samudera, Pantai Kidul. Jadinya, Klub Kidul namanya.

Hoppla

Di Klub Kidul, lo organise program atau bagaimana?

Co.Une

Gue sama Ibo bikin itu terus kita ngobrol sama orang-orang yang ada di dunia offline kaya Randy dll. Kita ngobrol-ngobrol, udah dibikin acara aja terus dibikin programnya. Baru keluar tuh ide-idenya. Dunia virtual banyak potensinya, Klub Kidul bisa screening film, listening music, atau mau launching sesuatu. Klub Kidul juga bikin Klub Kidul Lounge tapi gak pernah rilis karena emang itu private banget dan kita juga sharing talk tapi dalem banget, bukan cuma rave party.

Hoppla

Lo bikin acaranya tahunan?

Co.Une

sebenarnya rencananya pengen itu tahunan, malah pengen kalau udah rilis 1 nih, kan udah jadi tuh base-nya, jadi setiap bulan, setiap 2 bulan bisa ada gitu. Tadinya mau 2 bulan sekali tapi ternyata teknologi pesat banget perkembangannya, terus kita juga platform-nya nempel di VRChat, dia update terus, jadi kita harus coding lagi segala macamnya kayak berubah lagi rilisan terbaru. Lama-lama gak kekejar, karena kita ada dunia nyata yang harus kita menghirup, makan, akhirnya ya udah kita satu tahun sekali deh. Kita bikin dua selama pandemi 2020–2021. Yang ketiga harusnya rilis bulan kemarin Oktober, tapi ternyata teknologi VR lagi mau rilis gear baru jadi lebih advance lagi, lebih canggih lagi. Jadi kita postpone soalnya nanti bakal berubah lagi. Kita tunggu next generation aja yang banyak kemungkinannya.

Hoppla

Berapa orang Klub Kidul?

Co.Une

Mulainya cuma berdua, gue ama Ibo yang bener-bener bikin bikin kayak gini. Klub Kidul 1 dan 2 cuma kita berdua doang, yang lainnya tuh beneran kayak based dibelakangnya gitu yang publish, kurator segala macam. Tapi, kalau buat developer-nya kita berdua. Yang ketiga ini karena kita udah punya orang-orang yang suka datang terus, mereka pengen bantu. Kita bareng-bareng tuh bikin yang ketiga ini, makanya bisa lebih advance. Nggak cuman dari Indonesia doang, ada dari Denmark dll. Greget ya kalau misalnya orang datang dia ngomong “lampunya bisa lebih bagus nih, gua tahu caranya”, orang-orang antusiasnya tinggi. Mereka juga ngerasa wah ini kesempatan mereka buat develop, latihan, dan bikin sesuatu. Soalnya yang shelter di dunia virtual, yang datang orang-orang dari internet yang unexpected banget itu. Waktu itu katanya ada yang pernah datang orang-orang dari Valve yang bikin Counter-Strike terus mereka komen “wah ini bagus nih”, terus orang-orang bisa kerja bareng bikin Counter-Strike. Kemungkinannya jadi luas banget. Yang ketiga (Klub Kidul 3), bakal harus bisa ketemu orang-orang kayak gitu dan lebih terbuka.

Hoppla

Program ketiga berisi apa aja?

Co.Une

Sekarang masih fokus ke acara musik, tapi experience lebih kental gitu kayak lebih develop lagi.

Hoppla

Apa lo pernah melihat proyek ini sebagai seni?

Co.Une

Pasti sih, gue pengen musik-musik yang nggak rave bisa ada acaranya, banyak musisi yang hanya di kamar doang. Spiritnya pengen ngeluarin itu.

Hoppla

Ada spesifikasi tertentu saat lo mengundang para seniman audio? Bagaimana cara lo kurasi?

Co.Une

Kalau kita awalnya dari pertemanan, kemudian kita pilih. banyak faktornya ada yang kita emang suka ada yang emang dia tuh emang capable buat ngelakuin virtual konser ada yang kita suka dan dia gak capable. Itu yang jadi challenge di sini, jadi kurasinya lo bisa gak ada di sini. Tapi dari estetika, sampai sekarang kita gak mau batesin spesifiknya apa.

Hoppla

Dari pengunjung?

Co.Une

Meningkat setiap tahun, sebagian besar dari Indonesia, karena udah ada kayak level familiar yang di based-nya dari Australia, US, UK, dan Eropa in general. Ketemu challenge lagi ketika wide audience karena kita beda waktu. Kemarin itu sempet “ini harus jam berapa”, jadi kita punya Discord server gitu, terus kita vote jam berapa mulainya. Orang-orang itu kalau misalnya di sini malam yang di west pagi jadi kita harus nyari sweet spot-nya di mana.

Hoppla

Apakah ada hal-hal menarik dari animo publik, temuan atau experience tersendiri ketika Klub Kidul ini rilis?

Co.Une

Nah, itu yang gue kaget sih. Orang-orang yang nggak pernah kelihatan pada dateng dan mereka antusias banget, mereka mulai contact “eh gue mau dong ikutan main” dan segala macam. Yang bikin itu spesial orang-orang sampai ada yang nemu bestfriend-nya di acara Klub Kidul karena mereka cuma dan bisa ketemu di situ. Jadi kenalan, jadi berteman dan Klub Kidul punya server Discord, jadi kayak ngobrol, ketemu di sana, yang intens banget dan dari situ udah kemana-mana.

Hoppla

Untuk ketiga, experience apa yang ingin lo tawarkan?

Co.Une

Kalau misalnya yang satu kedua tuh mungkin konsumen kayak ya udah lo dateng gitu ke dalam dunia virtual kayak datang ke gedung, acara, kalau ini mungkin lebih kayak game, ada ceritanya. Ada LoR di belakangnya, cita-cita tentang ini, jadi kayak game gitu. Universe lah.

Hoppla

Gue lihat banyak persona di internet? Apa yang lo rasakan? Experience lo gimana?

Co.Une

Avatar bisa jadi siapa pun dan lo gak punya batasan-batasan kayak di dunia nyata. Itu bisa berarti baik dan buruk ya. Di Klub Kidul ada drifter, ngacauin acara gitu, tiba-tiba datang pakai avatar yang dia kayak bisa broadcast ke orang-orang. Terus jadi kacau, tiba-tiba ada yang pakai avatar Goku kamehameha di situ semuanya jadi putih. Di situ sih bener-bener bisa dibilang anarkis, beneran jadi kayak apa pun dan di situ gimana lo protect acara biar orang menikmati. Gak ada drifter segala macam, posisi baiknya lo bisa ketemu sama orang yang nggak mungkin mau ketemu di dunia nyata, ngobrol saya face-to-face. Terus ada orang yang datang jadi toilet paper, botol, dan segala macam.

Hoppla

Berapa lama build dunia Klub Kidul 1 dan 2?

Co.Une

Pertama dan kedua jangka waktunya sekitar 6 bulan, beda tahun, kalau yang ini lama sih.

Hoppla

iOS atau Windows?

Co.Une

Windows only. Tapi kita streaming juga.

Hoppla

Ada prototype sebelum Klub Kidul? Gagasan awal jadi tumbuh Klub Kidul?

Co.Une

Balik lagi ke acara Common Room, ada acara From Bedroom to Stage, dari kamar buat tampil di Common Room, itu juga bener-bener jadi core gue buat bikin Klub Kidul.

Hoppla

Kapan lo mulai bersentuhan dengan programming?

Co.Une

Untuk coding VR, baru banget pas awal pandemi, tapi gara-gara 4G, internet cepet banget, orang-orang tanya apa dibantuin. Itu yang bikin gue amaze ama orang-orang komunitas di sini. Bikin game pertengahan 2020. Tapi, kalau coding emang awalnya dari New Media Arts dan masa-masa di Common Room.

Hoppla

Menurut lo internet itu apa?

Co.Une

Menurut gue koneksi, jaringan semua apapun itu. Kalau lo nempel di situ udah nempel ke mana-mana dan kalau misalnya lo mikir gitu, berarti lo bisa ngapain aja di internet. Jadi, internet ya tools.

Hoppla

Kapan pertama kali kenal internet?

Co.Une

Waktu SD tahun 2000-an, itu internetnya masih bunyi-bunyian, dial-up.

B. Festival Relics

Hoppla

Bagaimana awalnya gabung bersama Festival Relics?

Co.Une

Sebenernya, kita ketemu gegara kerja bareng, kita jadi nge-crack platform buat kita. Bagus strong di hardware, gue di software, Randi dan Nara di konsep, konten. Kita akhirnya bikin Festival Relics. Gue programming-nya.

Hoppla

Tapi proyek awalnya memang karya PILED 1.0.0.1 di 2021?

Co.Une

Iya, itu karya kami pertama kali.

Hoppla

Bagaimana konsep karya kalian?

Co.Une

Bagus bikin instalasi, gue sering kerjasama programming instalasinya Bagus. Tadinya, kita pengen bikin device kecil yang bisa dibawa-bawa, terus kita bikin konsep piano. Nah, nama Festival Relics ini ada ketika karya sudah jadi. Kita mau pameran pertama di ICAD, saat pandemi kan memang tidak ada festival, mati atau dead akhirnya piano kita kumpulin data-data seluruh festival dan datanya dimasukin ke piano, kemudian jadi data yang dimanipulasi dan di-trigger pake piano, lalu menjadi visual.

Hoppla

Bagaimana karya ini bisa berkembang menjadi NFT?

Co.Une

Jadi yang banyak di dunia NFT itu Bagus dan Randy, konsep awal piano sudah ada terus mikir giman acaranya masukin itu ke NFT. Waktu itu belum ada istilahnya NFT printer ketika main terus di-upload ke NFT, lucu gitu konsepnya terus bisa jadi sesuatu. Kita eksperimen dengan konsep itu buat masuk ke NFT.

Hoppla

Kemarin ada yang sold-out di NFT?

Co.Une

Nggak banyak orang yang akhirnya beli NFTnya atau apa segala macem, tapi kita jadi punya alurnya, misal datanya direkam, di-upload langsung.

Hoppla

Bikin software sendiri atau pakai software tertentu?

Co.Une

Programming kita TouchDesigner, setiap kali orang main 30 detik pertama pasti terekam terus diambil, upload ke platform untuk minting. Sampai hardisknya ceket, soalnya ada yang pencet-pencet doang. Hari pertama aja udah full. Dari situ kita timer aja, beberapa aja yang ikut.

Hoppla

Lo ngambil datanya remote?

Co.Une

Jadi, si piano itu ada modem di dalam. Jadi memang piano ada internetnya, dimasukin ke Drive. Kalau buat minting masih si Randy karena harus bayar biaya minting.

Hoppla

Jadi, menurut lo internet art itu apa? Apakah dia harus hidup di internet?

Co.Une

Iya, menurut gue. Soalnya kalau nggak ada di internet ya jadinya digital art aja, kalau di internet dia connecting segala macam. Lo bisa interaksi sama art-nya di internet.

Hoppla

Ke depan lo mau ngapain?

Co.Une

Gue pengen bikin game. Sekarang masih konsep dan harus dikerucutin.

Hoppla

Bisa di-download atau hanya online?

Co.Une

Yang bisa di-download sih, kalau online beda cerita. Harus bikin hosting, server, dll.

Hoppla

Banyak NFT artists yang stay anonymous irl. Kalau seniman yang konvensional kan reputasi itu penting, menurut lo kenapa?

Co.Une

Karena internet wild west ya, bener-bener anarki. Orang tahu alamat dan nama asli lo aja bahaya banget. Lo nggak bakal tahu monster apa yang ada di balik keyboard, balik layar.

Hoppla

Waktu lo bikin dunia virtual, lo udah punya gambaran ini hanya akan dipakai di dunia virtual atau bagaimana?

Co.Une

Gue sebenernya mikirin 3: di VR, desktop experience, dan streaming. Karena di streaming beda experience, jadi kameranya kayak kalau kita streaming. Itu nempel sih, streaming dari challenge ini cuma di Windows, enggak bisa di iMac, kalau streaming gitu aja kan ngapain. Beberapa kali ada satu player yang habis main di sini terus streaming, akhirnya kita bikin kayak ghost camera yang jalan-jalan tapi dia gak bisa ngasih experience audio yang live karena audionya spatial.

1106 899 Anggraeni Widhiasih
Ketik di sini ...

Preferensi Privasi

Ketika Anda mengunjungi situs web kami, informasi mungkin disimpan melalui peramban Anda dari layanan tertentu, biasanya dalam bentuk cookie. Di sini Anda dapat mengubah preferensi Privasi Anda. Perlu dicatat bahwa memblokir beberapa jenis cookie dapat mempengaruhi pengalaman Anda di situs web kami dan layanan yang dapat kami tawarkan.

Untuk alasan kinerja dan keamanan, kami menggunakan Cloudflare
required

Situs web kami menggunakan cookie, terutama dari layanan pihak ketiga. Tentukan Preferensi Privasi Anda dan/atau setujui penggunaan cookie oleh kami.