Abi Rama

Narasumber: Abi Rama
Waktu Wawancara:
2 Februari 2023
Lokasi: Pejaten Huis, Jakarta
Tautan Karya Terkait:

Hoppla
Karya lo tahun 2014 Graphic Interchange, waktu itu sama Andang Kelana juga, Sempet kita bahas juga sebenernya sih diluar. Bisa diceritain awalnya?

Abi Rama
Awalnya Itu masa-masa ketika gue lagi emang seneng-senengnya sama GIF. Terus ya bisa dibilang sebenernya senengnya sama GIF dari era-era tahun 2010 Sampai 2014. Nah, disitu gue 2014 mutusin buat lebih fokus ke digital. Digital art. Terus jadi ibaratnya itu transisi gue dari street art itu ke digital. Terus, 2014 sampai kesini kan gue lebih banyak bikin karya digital, performance, terus instalasi. Emang itu buat transisi gue sebenernya.

Hoppla
Kenapa akhirnya lo memilih fokus ke digital pada tahun itu dari sebelumnya lo lebih banyak aktif di street art.

Abi Rama
Gak tau sih, lebih ketertarikan gue lebih ke situ waktu itu. Terus tapi bisa dibilang gue orangnya kan bikin karya lebih ke impulsif gitu ya. Saat itu gue mau bikin itu kayak gue kerjain saat itu juga gitu. Digital art itu, bikinnya cepet, eksekusi cepet dibanding street art yang misalnya gue punya ide kayak gini, mesti garapnya besok lagi, gimana gue bisa kerjain di rumah misalnya hari ini.

Hoppla
Lebih ke waktu ya?

Abi Rama
Waktu sih

Hoppla
Sama situasi kotanya.

Abi Rama
Situasi kotanya, terus ya itu sih. Lebih ke situ.

Hoppla
Terus bagaimana awalnya lo memproses Graphic Interchange hingga menjadi pameran?

Abi Rama
Lebih ke kaya, Ini gue apa. Di situasi yang kayak udah bosen gitu bikin street art. Tapi, masih suka juga tetep tapi yaudah ini transisi nya terus kebetulan ditawarin sama temen gue yang megang galeri di lupa gue tempatnya, pokoknya disitu deh.Terus, pameran gue dimana ndung?

Hoppla
Ampera

Abi Rama
Di Ampera. Ada yang nawarin pameran di situ. Itu eksekusinya cuma semingguan gitu. Dua minggu, terus nyari kurator udah Andang aja yang ada. Karena Andang tahu banget gue kan waktu itu. Ya udah. Jadi, gue ngobrol-ngobrol, eksekusi, jarak dari pameran itu kayaknya gak nyampe 10 hari gitu.

Hoppla
Sebelumnya pernah buat seperti itu?

Abi Rama
Emang sering bikin GIF. Bikin meme sih banyaknya sebenernya.

Hoppla
Kalo tadi lo bilang lo sering bikin GIF atau meme gitu ya, Itu bagaimana awalnya?

Abi Rama
Kayaknya pertama kali gue bikin GIF dari awal-awal kuliah gue udah dibikin deh awal kenal Photoshop tuh terus liat oh ini bisa bikin animasi pendek gitu.

Hoppla
Itu tahun berapa ya?

Abi Rama
Tahunnya 2007—2008an. Kenapa 2014 itu gue milih formatnya GIF karena menurut gue tuh GIF itu format gambar bergerak yang paling gampang diakses terus emang digital native emang native-nya di komputer gitu, kalo GIF dibanding yang lain emang file paling disediain buat website di sini.

Hoppla
Bagaimana awal lo kenal sama internet dan akhirnya memutuskan untuk dielaborasikan dengan street art?

Abi Rama
Itu dielaborasi semua momen itu sebenernya kritik gue juga ketika era graffiti Instagram yang dulu udah ga perlu mikirin lagi spot dimana. Yang penting difoto posting di Instagram kan waktu itu lebih banyak kaya jadi banyak anak-anak yang bikin graffiti di banyak spot yang ngumpet gitu. Terus kenapa namanya Graffiti Interchange. Sebenernya selain nama dari GIFnya itu, jadi interchange gue dari street art ke digital, transisi.

Hoppla
Anak-anak waktu itu berarti anak-anak graffiti misalkan ngomongin tempat yang hidden gitu ya. Itu ada alasan tersendiri ga sih buat di sebagai mereka sebagai pelaku gitu.

Abi Rama
Itu tuh pas banget momennya sama pas ini yang ramenya Jokowi ngapusin gambar-gambar di jalan. Jadi banyak gambar-gambar yang ngumpet terus momennya timing-nya pas sama populer Instagram. Akhirnya instagram bisa di Android.

Hoppla
Jadi salah satunya ada ngomongin sosialnya disitu karena si Ahok dan Jokowi. Tapi waktu itu kenapa akhirnya lo tetep milih galeri sebagai ruang presentasi karya lo padahal praktik lo sebenernya banyak bersinggungan dengan ruang publik. Maksudnya bisa aja lo mural di jalanan gitu kan?

Abi Rama
Ada juga beberapa yang gitu. Sebelumnya gue bikin mural di jalanan pas gue posting udah jadi GIF. Cuman pas disitu karena ada yang nawarin aja sih sebenernya, oh ini pas nih.

Hoppla
Ada ga sih kayak lo nemuin batasan-batasan karya ya maksudnya ketika ditampilkan offline gitu. Misalkan kan GIF kan kayak ketika ditembak layar proyektor ada kemungkinannya bisa disebut entah video atau digital sculpture. Ya kan dengan media presentasinya. Terus, lalu apa itu GIF ketika di ruang pamer offline?

Abi Rama
Bedanya kalo yang di pameran gue kan untuk ngakses GIF nya orang harus lewat QR code tuh. Jadi emang dari handphone mereka mesti nge-link QR code nya baru bisa liat gambar yang bergeraknya Itu sih gue sebenernya pake internet juga pake GIF-nya juga.

Hoppla
Lebih ada interaktif berarti ya. Tapi menurut lo tuh ketika GIF ditawarkan di ruang pamer offline, biasanya dia kan sifatnya ada di digital, di internet, cuman ketika dia ditampilin di offline itu yang lo dapet tuh apa? Di waktu pameran itu

Abi Rama
Sama aja sih menurut gue. Gue engga kayak ngebedain ini jadi video atau jadi apa.

Hoppla
Berarti lo lebih ketat ngomongin si interaksi, interaktifnya itu aja ya karena itu mungkin teknologi baru pada zaman itu.

Abi Rama
Kebutuhan aja sih sebenernya kalo orang pake audio ya bisa pake video. GIF pun, eh video juga kalo engga pake, bisa juga engga pake audio gitu. Cuma kalo GIF itu kebutuhan ketika lo pake di internet ya. Kalau sekarang mungkin udah cepet ya. Kayak lo bisa upload video gede juga. Kalau dulu kan engga. Makanya ada GIF itu cuma berapa detik.

Hoppla
Iya juga salah satunya keterbatasan konektivitas ya, speed internet waktu itu masih, dua ribu berapa sih?

Abi Rama
2015

Hoppla
Masih 3G ya? Masih 3G apa? Sudah 4G?

Abi Rama
4G awal itu

Hoppla
4G awal. Udah masuk 4G berarti ya?

Abi Rama
Udah

Hoppla
Cuman belum rata berarti dulu ya?

Terus kayak dari pameran tunggal lo dari 2014 yang terakhir kemarin Drawing Drawing 2021. Terus seberapa besar teknologi yang mempengaruhi karya lo. Ada ga kaitannya?

Abi Rama
Ada, Kalo di pameran yang terakhir Di 2021, 2022 ya  ?

Hoppla
2021, Drawing Drawing.

Abi Rama
Drawing Drawing itu gue balikin lagi ke drawing lagi. Gue mau balikin ininya lagi sebenernya. balikin mental gue ke gambar lagi. karena pas kebetulan pandemi juga kan lama. Terus, terlalu banyak pengen gue ulik. gue tuh kenapa pengen balik ke gambar karena gue sadarnya apa? tulisan tangan gue. Jadi jelek. Beneran, anjir, ini gue kebanyakan pake komputer tulis tangan gue jelek banget terus harus dibalikin gambar lagi.Tapi sebenernya karya-karyanya juga banyak ngomongin teknologi juga disitu, di gambar itu.

Hoppla
Alasan-alasan kuatnya yang ngomongin si yang pameran tadi kan di awalnya kan lo kayak ada statement disitu transisi lo dari graffiti ke digital terus akhirnya ketika pandemi lo balikin lagi ke manual.

Abi Rama
Salah satu itu kayak gue udah terlalu banyak terlena sama teknologi. Jadi makanya gue mau balikin ke Drawing lagi, tapi sebenernya drawing-nya juga isu yang dibahas sama. Sama karya-karya buat digital.

Hoppla
Jadi lo lebih memilih digital atau analog?

Abi Rama
Gue gak milih, sesuai kebutuhan.

Hoppla
Sesuai kebutuhan ya kalau plus minusnya yang lo dapat apa? Dari digital sama

Abi Rama
Sama drawing?

Hoopla
Iya

Abi Rama
Kalau gue drawing itu sebenernya latihan gue ke digital itu sih. Kayak bukan latihan ya, gue lagi pengen aja gitu pengen drawing aja karena output-nya juga sebenernya bakal di-posting juga, digital-digital juga kalau sekarang.

Hoppla
Kalau sekarang terus kalau misalkan lo ngeliat fenomena kemaren kan pandemi itu sempat dia kayak semua akhirnya lari ke ruang virtual. Kalau lo ngeliat fenomena yang kemaren terjadi pandemi dari cara pandang lo gimana?

Abi Rama
Kalau gue ya soal ini apa dari digital gitu gue sih kalau sebuah dari digital gimana ya? Kurang sreg aja sebenernya kayak misalnya lo pengalaman lo ngeliat galeri di ruang fisik itu nggak bisa digantikan sama ruang digital meskipun formatnya kayak seolah-olah lo bisa ngeliat ruangannya gitu tapi kalau menurut gue kan udah ada website ya. Maksudnya lo bikin aja website nampiliin karyanya begitu kalau gue sih lebih kayak lo nggak perlu pakai galeri di ruang.

Abi Rama
Galeri virtual, kecuali belum sih untuk ngeliat galeri virtual itu kan belum sih masih pake layar gitu ya kecuali ntar mungkin teknologinya udah emang pake VR kaya sekarang.

Hoppla
Kalau menurut lo cara pandang Internet tuh apa sih?

Abi Rama
Internet? Kalau gue ngeliat internet sebagai apa ya? Sebagai medium

Hoppla
Sebagai medium, kalau cara pandang lo.

Abi Rama
Sama kayak sama kayak video, sama kayak radio kalo menurut gue. Kita kayak media

Hoppla
Ya media telekomunikasi aja sebenarnya

Hoppla
Dari sekian banyak jam terbang, bagaimana pendapat lo tentang seni kontemporer sekarang ini?

Abi Rama
Kalau gue bisa apanya sih sebenernya? kayak sekarang semua orang bisa bikin seni gitu yang lo batasin kan cuma ini doang sebenernya kayak di scene seninya sendiri ada gatekeeper yang yang nentuin ini seni apa bukan gitu sebenernya kan enggak juga, ya lo semua orang bisa bikin seni cuma ketika itu masuk ke ranah seni rupa ada yang apa ya? Yang nentuin ada yang bukan gatekeeper gue bilang itu kurang ternyata lo setuju nggak

Hoppla
Terus, kalau misalkan di zaman sekarang Itu masih berfungsi nggak? Istilahnya kayak pakem-pakem gatekeeper atau struktural menurut lo masih penting nggak?

Abi Rama
Kalau penting sih enggak

Hoppla
Enggaknya karena apa?

Abi Rama
Apalagi sekarang ya. Di gue kan kayak beberapa tahun kebelakangan fokus di NFT lah, digital art gitu.  Di itu gue ngeliat sendiri gimana kayak gimana orang yang lo nggak tau siapa nih tiba-tiba karyanya mahal. Ya itu udah nggak berfungsi. Jadi lo sendiri pun bisa jadi gatekeeper gitu. Kayak gue nih misalnya, misalnya karya gue udah terus udah laku mahal gitu atau gue ga masuk laku mahal tapi tuh aktif di scene gue bisa ini juga nentuin juga siapa nih kayak ini karyanya siapa nih bagus nih kan orang pada ngeliat karyanya dulu gitu. Udah ga kayak dulu mesti siapa gitu orang penting.

Hoppla
Berarti lo nggak begitu memedulikan ngomongin sistem yang udah kuno terjadi diaplikasiin ruang internet sekarang gitu ya. Kan pandemi tiga tahun terakhir ini berarti lo memang total digital lo bermain bermain ranah internet.

Abi Rama
Gue klo ga ada internet ga tau gue gimana, stress kali gue

Hoppla
Jadi kebutuhan utama.

Abi Rama
Udah jadi kebutuhan pokok gue itu internet.

Hoppla
Dan seberapa intens memanfaatkan internet untuk berkaya. Apakah ada hal lain yang lo lakukan di internet?

Abi Rama
Ada banyak. Misalnya bisa dibilang sekarang 80% aset gue di internet termasuk uang yang ada gue nyimpan di internet semua ya, koleksi-koleksi karya temen-temen bikin duit terus buat bikin karya sekaligus buat karya offline juga. Buat promosinya gue tetep pake internet, gue bergantung banget sama internet.

Hoppla
Kalau dulu kan gue liat-liat gambar karya lo di jalan itu yang nakal yang main sosial juga. Dan sekarang karya-karya yang main di internet pun masih senakal kalau lo waktu masih gambar di jalan gitu.

Abi Rama
Kalau gue sih ngerasanya masih cuma nggak tau orang lain ngeliatnya gimana

Hoppla
Maksudnya dalam hal apa. Contoh?

Abi Rama
Masih main-main gitu kayak kemarin karya gue yang terakhir. Gue bikin karya tapi output-nya jadi fotografi tapi pake AI semua. Jadi gue bikin NFT sih juga bikin performance art. Seri performance art tapi pake AI. Jadi, judul karyanya No Happening Art Series. Bikin happening art cuma sebenernya nggak terjadi. Jadi gue bikin performance yang sebenernya nggak ada output-nya tuh, polaroid foto, tapi AI semua gue bikin terus masih main-main kayak gitu

Hoppla
Metode lo berarti ada prosesi offline ya. Masih ada konvensional Masih lo lakukan ya

Abi Rama
Konvensionalnya itu dimana?

Hoppla
Tadi polaroid, lalu digitalisasiin tapi polaroidnya tuh dari digital juga. Jadi lo nge-capture yang udah ada di internet?

Abi Rama
Gue generate pake AI

Hoppla
Si objek fotonya ini langsung dari AI imagenya?

Abi Rama
Dari AI sebenernya cuman di ini aja di-layout ke polaroid. Tapi digital juga pake template lah. Generator.

Hoppla
Pasti kan kita ngerasain semua ada perubahan gitu. Terus yang lo tangkap tuh apa? Ngomongin khususnya di kesenian ya.

Abi Rama
Kalau di scene yang seni rupanya konvensional kayaknya masih begitu juga deh. balik lagi bedanya cuman kemarin pas pandemi mereka bikin virtual aja udah.

Hoppla
Lo nggak ada cara? Maksudnya nggak ada vision bakal kayak apa? Ngomongin masa depan.

Abi Rama
Kalau ngomongin masa depan gue sih. Gue optimis banget sama Blockchain sebenernya.

Hoppla
Sama Blockchain, kenapa  bisa ampe di titik percaya atau yakin?

Abi Rama
Yakin. Soalnya kayak yang paling mungkin buat gue entah sertifikat atau apa semua tuh nanti bakal pakai NFT gitu. Cuman kan itu kayak masih dihindarin sama orang-orang sekarang karena yang konvensional mungkin karena lebih gampang di-track ya. Kalau di blockchain tuh meskipun bisa anonim cuman kan tetep ketahuan, bisa di-track gitu kemana sebenernya itu berfungsi banget buat hindarin karya-karya palsu cuman gak bagusnya apa ya? Ya itu terlalu transparan sih. Gue pikir nanti mungkin orang-orang yang konvensional ya tadinya mungkin nyimpen aset buat ngehindarin pajak atau apa gitu jadi susah kalau di blockchain kan.

Hoppla
Kalau cara pandang lo ngeliat NFT Dan web3 secara khusus gitu gimana?

Abi Rama
Ini kayak masih bayangan gue sebenarnya. cuman kalau menurut gue itu mungkin kayak misalnya gini: orang masih belum bisa sama digital art, cuma kalau buat pribadi sih kayak yakin banget ketika ntar display udah nggak perlu pake monitor gitu misalnya. Ya, teknologi maju terus ya lo bisa ngeliat karya-karya digital yang sebenernya kayak bisa dibilang reality lah. Karya-karya itu yang tadinya sekarang lo ngeliatnya masih butuh layar, handphone atau apa buat ngeliat AR cuman ketika ntar misalnya teknologinya screen itu udah bisa di softlens atau di kacamata gitu. Orang ngeliat sehari-hari kayak lo bisa ngeliat karya. Kayak di advertising pun bisa jadi kayak targeted kayak misalnya sekarang di instagram kan iklan yang gue liat sama lo kan bisa beda kan. Nah, itu bisa dipraktikin kan ketika teknologinya udah embedded di kita. Maksudnya gue ngebayanginnya gitu sih. Misalnya orang udah udah nggak perlu layar gitu buat ngeliat pake softlens atau kacamata gitu ya lo ngeliat di jalan, iklan yang gue liat sama lo bisa beda gitu. Jadi lebih target gitu gue mikirnya sampe situ sih.

Hoppla
Iya iya itu lebih jauh banget sih. mungkin nggak tahu juga teknologi bakal kejadian apa enggak gitu ya. Karena kan beberapa teknologi kacamata kan udah ada kan di rilis.

Abi Rama
Terus maksudnya kayak teknologi AR yang kacamata yang nggak ketutup gitu yang kita liat pake lensa biasa gini juga udah ada.

Hoppla
Kalau lo ngeliat NFT gimana

Abi Rama
Kalau menurut gue itu Ini banget sih kayak banyak orang-orang yang sebenernya kayak nggak dianggap di seni-seni rupa tapi akhirnya nemuin pasarnya sendiri meskipun pasarnya sebenernya beda sih dibanding pasar seni rupa konvensional. Akhirnya itu banyak orang-orang yang kayak sebenernya udah bikin karya bertahun-tahun cuma nggak tahu cara jualnya. Kayak karya-karya GIF kan kemarin sempet yang populer banget terus akhirnya ketemu cara jualnya kayak zaman dulu kan orang jual GIF di Bandung mesti pake entah USB atau apa terus kalau sekarang kan udah native. GIF-nya langsung dikasih token jadi NFT. Terus kayak karya-karya generatif tapi sekarang yang gue liat kan dulu kan GIF mau jual mesti dicetak atau mesti pake layar lah terus sekarang kan udah.

Hoppla
Tadi kan lo bilangnya awalnya kan orang-orang yang tadinya nggak dianggap di seni-seni rupa. yang lo bisa ngebedain itu tuh diliat dari sisi apa sebagai lo aktif disana gitu?

Abi Rama
Lebih ke di sisi ini sih kayak apresiasinya mungkin. Kayak yang tadinya lo bisa laku, mesti ada proses gitu ya. Approval dari galeri atau dari ya orang-orang itulah. Terus sekarang engga, dipotong direct langsung ke pembeli bisa banyak yang kayak gitu sebenernya.

Hoppla
Lebih ngasih ruang.

Abi Rama
Dan itu jadinya senimannya lebih bebas. jadi bisa bikin apa aja ga usah ngikutin maunya pasar kan.

Hoppla
Lebih demokratis mungkin. Oke lanjut ke pertanyaan berikutnya. Mengapa pada akhirnya representasi fisik masih penting buat lo.

Abi Rama
Sebenernya yang pameran kemarin itu karena pamerannya di tempatnya maksudnya kayak gue pengen butuh show yang offline nih. Jadi, udah fisik aja sekalian dibuatnya kayak selama pandemi itu kan banyak gambar di kertas. Gambar-gambar gue selama ini tuh tercecer. Jadi gue tuh ga punya sama sekali gambar komik pinter tuh gue bikin dari 2009 sampe sekarang ada gue nyimpen salinannya tuh yang aslinya baru sekarang gue sama sekali ga punya karena gue gambarnya beneran kayak di kertas bekas di tisu di mana gitu. Kan gue foto doang gitu karena ini menurut gue kebutuhan instagram, kebutuhan media sosial, kebutuhan upload lah, dari zaman Facebook kan. Jadi gue merasa kayak file fisiknya tuh udah ga penting. Nah ini gue coba balikin lagi di drawing kemarin.

Hoppla
Ke performance karya lo, ada 3 karya ngomongin yang Transmission (2016), terus Absence of Body Itself (2016), juga Eye Contacting Myself.  Pertanyaannya kayak untuk performance lo tuh yang kita liat itu kan masih menggunakan mediasi proyektor kebanyakannya terus mobile phone sama konektivitas internet juga, kenapa akhirnya lo memilih medium tersebut dan ketiga medium itu ngomongin proyeksi monitor terus mobile phone sama internet. Alasan spesifiknya.

Abi Rama
Alasan spesifik, sebenernya kalau yang di Eye Contacting Myself itu gue lebih main-main aja sih sebenernya. Kayak dulu kan belum aplikasi ini ada apa kayak video call tuh kan belum populer kayak sekarang. Udah ada tapi belum se-populer semenjak zoom pas pandemi

Hoppla
Dulu ada Skype.

Abi Rama
Ya Skype sudah ada, Itu mungkin gue pake Skype. Terus disitu tuh gue bercandain ini sebenernya Eye Contacting Myself karena lo ketika video call, nih lo gak bakal bisa liat mata lo sendiri lo gak bakal bisa liat mata lo sendiri. Nah disitu tuh gue nyoba nyari delay dari ngomongin koneksi internet kita disini kayak cuma ada sepersekian detik delay yang ketika lo liat webcam lo balik lagi. Ini lo bisa kontak mata sama lo yang di layar.

Hoppla
Kalau Transmission sama Absence of Body Itself?

Abi Rama
Transmission itu main-main juga sih eksplore medium. Kalau yang di Absence of Body Itself itu karyanya personal banget sebenernya. Itu barengan sama 69 Performance Club. Ini ada serinya tapi gue lupa. Pokoknya ngomongin tubuh lah yang waktu itu tuh kuratorialnya ngomongin tubuh terus pas beberapa hari sebelum performance nyokap gue meninggal. Nyokap gue meninggal terus ya udah gue gak bisa datang kan gue pikir, kok masih bisa performance nih yaudah gue akhirnya kepikiran ide itu ngomongin kehadiran gue di medium yang lain. Terus disitu juga teksnya kan gue ngucapin terima kasih untuk orang-orang yang udah dateng. Maksudnya yang udah ada. Transmission Itu lebih ke main-main lagi sih terus ngomongin gak ngomongin sih sebenernya kayak gue main-main sama delay nya terus ada juga ini apa? bukan delay, apa sebenernya kalau mikrofon deket sama speaker?

Hoppla
Feedback.

Abi Rama
Iya feedback, ada feedback yang ketika lo deketin dua handphone misalnya buat video call. Itu feedback nya tuh bakal nge-loop terus. Itu gue ngomongin kayak misalnya gue udah cabut nih, handphone-nya masih nyala, tapi suaranya masih terjebak disitu gitu. Masih ada disitu.

Hoppla
Berarti lo lebih banyak diimprovisasi experimental, bukan yang secara khusus memang mempersiapkan secara rinci pemilihan medium lo itu.

Abi Rama
Gue persiapkan sebenernya ketika di lapangan gue improve aja. Banyak improve sama gue sebenernya gak latihan gitu gue percaya sama apa yang terjadi ya udah begitu kalau di performance.

Hoppla
Kenapa lo lebih suka menggunakan proyektor?

Abi Rama
Sebenernya kan, proyektor tuh gue suka pake proyektor karena yang ditampilin di proyektor itu lebih luas ketimbang TV. Lo bisa bisa bawa kemana aja terus proyeksi ini bisa dimana aja. kayak ga terbatas sama bidang TV. Gue lebih suka pake proyektor kayak bisa di proyeksi ke tembok atau kemana gue beberapa kali performance gue kan pake proyektor ada juga yang di Gudang Sarinah juga Itu proyeksinya ke tembok bata. Gak ke layar gitu.

Hoppla
Kalau si mobile phone dan internetnya sendiri?

Abi Rama
Yaitu, ngomongin internetnya sebenernya gue. Ngomongin internet butuh visualisasi kan orang ketika performance makanya pake proyektor sama sound.

Hoppla
Bisa ga kita bilang kalo tubuh lo adalah material?

Abi Rama
Bisa

Hoppla
Kenapa?

Abi Rama
Ketika performance bisa

Hoppla
Bisa jelasin lebih? Gue kan awam nih sama performance misalkan.

Abi Rama
Gue juga ga bisa jelasin cuman gue merasa ketika performance tubuh gue itu material gue meskipun gue ga secara langsung hadir gitu tapi tetep gak tau ya gue juga bingung ketika performance ya lo tubuh jadi material jadi medium.

Hoppla
Terus urgensi lo ngomongin tubuh waktu itu kan banyak nih salah satunya kan lo pasti ngomongin performance kan otomatis ngomongin tubuh lagi ya urgensinya tuh ngomongin tubuh kaitannya dengan teknologi dan liveness di performance lo tuh apa?

Abi Rama
Iya itu gue karena manusia sekarang. Lo gak bisa lepas dari teknologi sejauh apapun lo hindarin lo tetep bakal ketemu sama itu kalo gue pribadi ya gue gabisa lepas dari internet

Hoppla
Udah jadi native aja ya

Abi Rama
Udah native bener primer sih

Hoppla
Lo udah kepikiran bagaimana evolusi karya lo kedepannya?

Abi Rama
Belum tau, gue belum tau karena emang gue apa gue punya ide tergantung eksekusi bisa berubah total mediumnya gitu cuman gue sih pengen ada pengennya yang ngelukis lagi gitu ada pengennya gitu sesuai kebutuhan aja kayak karya karya gini lebih cocok jadi lukisan misalnya

Hoppla
Berarti belum sepenuhnya lo yakin.

Abi Rama
Yakin gue cuman kan ada misalnya gue ga tau nih ke depannya sebentar misalnya kayak gue lagi pengennya bikin lukisan ya gue bikin lukisan gitu masih kayak gitu gue

Hoppla
Ya maksudnya semaunya lo aja kenapa lo ga mau yang full gue pengen ke digital artist aja gitu

Abi Rama
Ada gue yang full cuman gue ga pake nama gue. Emang Anonim, emang Digital Native

Hoppla
Kalo sebagai pelaku salah satunya AI dan NFT ya? Apa sih ngeliat atau lo si AI misalnya yang ngeliat itu seninya dimana sih?

Abi Rama
Seninya itu di prompt sebenernya. Di prompt drafting kalau gue ya. Maksudnya kayak semua orang bisa bikin cuman kan untuk bikin sesuatu yang di luar ekspektasi orang gitu kan disitu kalo menurut gue seninya di prompting-nya lebih ke gagasannya sebenernya.

Hoppla
Ya berarti seninya lebih menemukan gagasannya lewat si prompt.

1024 576 antologi
Ketik di sini ...

Preferensi Privasi

Ketika Anda mengunjungi situs web kami, informasi mungkin disimpan melalui peramban Anda dari layanan tertentu, biasanya dalam bentuk cookie. Di sini Anda dapat mengubah preferensi Privasi Anda. Perlu dicatat bahwa memblokir beberapa jenis cookie dapat mempengaruhi pengalaman Anda di situs web kami dan layanan yang dapat kami tawarkan.

Untuk alasan kinerja dan keamanan, kami menggunakan Cloudflare
required

Situs web kami menggunakan cookie, terutama dari layanan pihak ketiga. Tentukan Preferensi Privasi Anda dan/atau setujui penggunaan cookie oleh kami.